Tiara F

02 Juni 2024 11:35

Iklan

Iklan

Tiara F

02 Juni 2024 11:35

Pertanyaan

siklus hidrologi memiliki dampak yang penting bagi kehidupan di bumi. Uraikan manfaat siklus hidrologi bagi kehidupan di bumi!

siklus hidrologi memiliki dampak yang penting bagi kehidupan di bumi. Uraikan manfaat siklus hidrologi bagi kehidupan di bumi!


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

02 Juni 2024 13:14

Jawaban terverifikasi

<p>seperti yang kita tahu siklus hidrologis sangat berguna bagi keberadaan dan keseimbangan ekosistem,,</p><p>Adanya siklus hidrologi ini membuat air di Bumi tidak pernah habis atau berkurang, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk kehidupannya. Tumbuhan butuh air untuk bertumbuh, hewan dan manusia butuh kandungan air dalam tubuhnya.Dalam situs NASA, manfaat siklus hidrologi adalah memastikan ketesediaan air untuk semua makhluk hidup di Bumi. Selain itu, siklus hidrologi juga bermanfaat untuk mengatur pola cuaca di planet Bumi. Apabila air tidak bisa mendaur ulang dirinya sendiri secara alami, makhluk hidup pasti akan kehabisan air bersih.</p><p>Jadi siklus hidrologi adalah sebagai proses air yang berasal dari atmosfer ke bumi, lalu air tersebut akan kembali lagi ke atmosfer dan demikian siklus ini terus berjalan seterusnya. Siklus air sendiri merupakan salah satu siklus biogeokimia yang terjadi di bumi dengan tujuan mempertahankan jumlah dan ketersediaan air.</p>

seperti yang kita tahu siklus hidrologis sangat berguna bagi keberadaan dan keseimbangan ekosistem,,

Adanya siklus hidrologi ini membuat air di Bumi tidak pernah habis atau berkurang, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk kehidupannya. Tumbuhan butuh air untuk bertumbuh, hewan dan manusia butuh kandungan air dalam tubuhnya.Dalam situs NASA, manfaat siklus hidrologi adalah memastikan ketesediaan air untuk semua makhluk hidup di Bumi. Selain itu, siklus hidrologi juga bermanfaat untuk mengatur pola cuaca di planet Bumi. Apabila air tidak bisa mendaur ulang dirinya sendiri secara alami, makhluk hidup pasti akan kehabisan air bersih.

Jadi siklus hidrologi adalah sebagai proses air yang berasal dari atmosfer ke bumi, lalu air tersebut akan kembali lagi ke atmosfer dan demikian siklus ini terus berjalan seterusnya. Siklus air sendiri merupakan salah satu siklus biogeokimia yang terjadi di bumi dengan tujuan mempertahankan jumlah dan ketersediaan air.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 00:59

Jawaban terverifikasi

<p>Siklus hidrologi, juga dikenal sebagai siklus air, adalah pergerakan air di Bumi melalui berbagai fase seperti penguapan, kondensasi, presipitasi, infiltrasi, aliran, dan kembali ke samudra. Siklus ini memiliki dampak yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi, dan berbagai manfaatnya termasuk:</p><p><strong>Sumber Air Bersih</strong>: Siklus hidrologi adalah sumber utama air bersih di Bumi. Melalui proses presipitasi, air hujan dan salju turun ke permukaan tanah dan menjadi sumber air yang digunakan untuk minum, pertanian, industri, dan keperluan sehari-hari lainnya.</p><p><strong>Irigasi dan Pertanian</strong>: Air yang mengalir ke sungai dan waduk digunakan untuk irigasi tanaman pertanian. Tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhan dan produksi, sehingga siklus hidrologi sangat penting dalam menjaga produktivitas pertanian.</p><p><strong>Sumber Energi</strong>: Air yang mengalir melalui sungai juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air. Siklus hidrologi memberikan energi hidrokinetik yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan.</p><p><strong>Ekosistem dan Keanekaragaman Hayati</strong>: Siklus hidrologi menciptakan habitat yang penting bagi kehidupan tumbuhan dan hewan. Sungai, danau, rawa-rawa, dan ekosistem air lainnya mendukung keanekaragaman hayati dan menyediakan sumber daya bagi berbagai spesies.</p><ol><li><br>&nbsp;</li></ol>

Siklus hidrologi, juga dikenal sebagai siklus air, adalah pergerakan air di Bumi melalui berbagai fase seperti penguapan, kondensasi, presipitasi, infiltrasi, aliran, dan kembali ke samudra. Siklus ini memiliki dampak yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi, dan berbagai manfaatnya termasuk:

Sumber Air Bersih: Siklus hidrologi adalah sumber utama air bersih di Bumi. Melalui proses presipitasi, air hujan dan salju turun ke permukaan tanah dan menjadi sumber air yang digunakan untuk minum, pertanian, industri, dan keperluan sehari-hari lainnya.

Irigasi dan Pertanian: Air yang mengalir ke sungai dan waduk digunakan untuk irigasi tanaman pertanian. Tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhan dan produksi, sehingga siklus hidrologi sangat penting dalam menjaga produktivitas pertanian.

Sumber Energi: Air yang mengalir melalui sungai juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air. Siklus hidrologi memberikan energi hidrokinetik yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan.

Ekosistem dan Keanekaragaman Hayati: Siklus hidrologi menciptakan habitat yang penting bagi kehidupan tumbuhan dan hewan. Sungai, danau, rawa-rawa, dan ekosistem air lainnya mendukung keanekaragaman hayati dan menyediakan sumber daya bagi berbagai spesies.


  1.  

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Negara Indonesia memiliki komitmen untuk menyelesaikan permasalahan internasional dengan menginisiasi kegiatan berskala internasional, mendirikan lembaga regional, dan berpartisipasi pada lembaga internasional. Pada masa orde lama, pemerintah menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) membentuk ASEAN pada masa orde baru, dan pernah menjadi anggota dewan keamanan PBB pada masa orde reformasi Peran internasional yang dilakukan Indonesia di masa orde lama, dapat dikategorikan sebagai upaya peningkatan... A. intervensi permasalahan ekonomi di antara negara Asia Afrika B. keamanan negara-negara Asia Afrika dari invasi negara adidaya C. sistem kehidupan politik negara Asia Afrika yang lebih maju D. aliansi pertahanan keamanan di antara negara Asia Afrika

27

5.0

Jawaban terverifikasi