Salma N

17 Juli 2020 05:31

Iklan

Iklan

Salma N

17 Juli 2020 05:31

Pertanyaan

sikap atau karakter apakah yang dimiliki oleh ilmuwan tersebut yang membuat mereka terkenal sbg ilmuwan sukses dan baik?


64

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Lianto

17 Januari 2022 05:14

Jawaban terverifikasi

Halo Salma, Kakak bantu jawab ya. Berikut ini adalah 10 sikap ilmiah yang harus dimiliki seorang ilmuwan yang baik dan sukses. 1. Rasa ingin tahu yang tinggi 2. Skeptis akan sesuatu: ilmuwan tidak boleh langsung percaya pada sesuatu sebelum membuktikan kebenarannya berdasar fakta dan data 3. Jujur pada fakta: seorang ilmuwan harus mengungkapkan data secara benar apa adanya 4. Objektif 5. Dapat membedakan fakta dan opini 6. Berpikir kritis dan teliti 7. Terbuka dan rendah hati 8. Disiplin dan tekun 9. Bertanggung jawab 10. Peduli terhadap lingkungan sekitar, budaya, maupun sosial Demikian, terimakasih.


Iklan

Iklan

Pastelgirl P

17 Juli 2020 20:21

Sikap ingin tahu diwujudkan dengan selalu bertanya-tanya tentang berbagai hal. Mengapa demikian? Apa saja unsur-unsurnya? Bagaimana kalau diganti dengan komponen yang lain? Dan seterusnya. Sikap kritis direalisasikan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan jalan bertanya kepada siapa saja yang diperkirakan mengetahui masalah maupun dengan membaca sebelum menentukan pendapat untuk ditulis. Sikap terbuka dinyatakan dengan selalu bersedia mendengarkan keterangan dan argumentasi orang lain. Sikap objektif diperlihatkan dengan cara menyatakan apa adanya, tanpa dibarengi perasaan pribadi. Sikap rela menghargai karya orang lain diwujudkan dengan mengutip dan menyatakan terima kasih atas karangan orang lain, dan menganggapnya sebagai karya yang orisinal milik pengarangnya. Sikap berani mempertahankan kebenaran diwujudkan dengan membela fakta atas hasil penelitiannya. Sikap menjangkau ke depandibuktikan dengan sikap futuristic, yaitu berpandangan jauh, mampu membuat hipotesis dan membuktikannya dan bahkan mampu menyusun suatu teori baru.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Anggap sebuah benda yang bergerak sepanjang sumbu horisontal. Namun, sumbu tersebut memiliki gesekan. Ini berarti bahwa setelah beberapa waktu benda akan berhenti bergerak kecuali gaya lain diberlakukan padanya. Gesekan adalah gaya yang menghasilkan energi jenis apa?

1

0.0

Jawaban terverifikasi