Rahayu M

29 September 2023 09:32

Iklan

Rahayu M

29 September 2023 09:32

Pertanyaan

Sifat-sifat benda berdasarkan wujudnya terbagi menjadi tiga, yaitu ....

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

12

:

42

:

26

Klaim

8

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

29 September 2023 10:29

Jawaban terverifikasi

Sifat-sifat benda berdasarkan wujudnya terbagi menjadi tiga yaitu: 1. Benda Padat: Benda padat memiliki volume tetap dan bentuk yang tetap. Molekul-molekul dalam benda padat saling terkunci erat dan bergetar di sekitar posisi tetap. Benda padat memiliki kekakuan dan tahan terhadap perubahan bentuknya. 2. Benda Cair: Benda cair memiliki volume tetap, tetapi bentuknya dapat berubah sesuai dengan wadahnya. Molekul-molekul dalam benda cair lebih terpisah dibandingkan dengan benda padat, sehingga benda cair dapat mengalir. 3. Benda Gas: Benda gas tidak memiliki bentuk atau volume tetap. Molekul-molekul dalam benda gas bergerak bebas dan mengisi seluruh ruang yang tersedia. Benda gas dapat mengembang dan menyusut dengan perubahan suhu dan tekanan.


Iklan

Vincent M

Community

29 September 2023 11:25

Jawaban terverifikasi

Sifat-sifat benda berdasarkan wujudnya terbagi menjadi tiga, yaitu: Wujud Padat: Bentuk tetap: Benda padat memiliki bentuk yang tetap dan tidak mudah berubah. Volume tetap: Volume benda padat juga tetap, artinya tidak mengalami perubahan volume secara signifikan. Molekul teratur: Partikel-partikel dalam benda padat disusun dengan teratur dan rapat. Wujud Cair: Bentuk tidak tetap: Benda cair memiliki kemampuan untuk mengalir dan mengambil bentuk wadah yang menampungnya. Volume tetap: Seperti benda padat, benda cair juga memiliki volume yang tetap. Molekul tidak teratur: Partikel-partikel dalam benda cair tidak tersusun dengan teratur seperti dalam benda padat, tetapi mereka masih saling berdekatan. Wujud Gas: Bentuk dan volume tidak tetap: Benda gas tidak memiliki bentuk atau volume yang tetap. Mereka mengisi seluruh ruang yang tersedia dan dapat berubah bentuk dengan mudah. Molekul sangat terpisah: Partikel-partikel dalam benda gas sangat terpisah dan bergerak dengan kecepatan tinggi. Mereka memiliki energi kinetik yang tinggi. Perubahan wujud benda dapat terjadi melalui pemberian atau pengambilan energi termal (panas) untuk mengubah susunan partikel-partikel dalam benda tersebut. Melalui perubahan wujud, benda dapat berubah dari padat menjadi cair, cair menjadi gas, atau sebaliknya.


Annisa Q

01 Oktober 2023 09:33

Jawaban terverifikasi

Sifat-sifat benda berdasarkan wujudnya dibagi menjadi tiga, yaitu: 1. Benda padat. Benda padat mempunyai volume dan bentuk yang tetap. 2. Benda cair. Benda cair dapat berubah ubah bentuknya sesuai wadah yang ditempatinya. Volume benda cair tetap dan molekul molekul benda cair lebih renggang dibandingkan dengan molekul molekul benda padat. 3. Benda Gas. Benda gas memiliki kerapatan molekul yang sangat renggang. Volume dan bentuk benda gas dapat berubah ubah. Benda gas ternyata memiliki massa juga lho, contohnya jika kita menimbang balon yang belum diisi udara dan balon yang telah diisi udara, maka, balon yang telah diisi udara massa nya akan lebih berat dibandingkan dengan balo yang belum diisi udara.


Nanda R

Community

29 September 2023 09:33

Berdasarkan wujudnya benda dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni benda padat, cair, dan gas.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan