Acha T

21 Juli 2021 04:28

Iklan

Iklan

Acha T

21 Juli 2021 04:28

Pertanyaan

siapa yang membentuk BPUPKI? apa tujuan pembentukannya


1

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Eva W

21 Juli 2021 06:10

Jawaban terverifikasi

BPUPKI dibentuk pertama kali pada tanggal 1 Maret 1945. Kalau itu, lembaga BPUPKI dibentuk oleh pemerintah Jepang. Ketuanya adalah Radjiman Wedyodiningrat dan wakil ketua Hibangase Yosio(jepang) dan soeroso. Tujuan utama dibentuknya BPUPKI ialah untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki bentuk dasar yang cocok guna kepentingan sistem pemerintahan negara Indonesia setelah kemerdekaan. Jadi, BPUPKI dibentuk untuk mempersiapkan proses kemerdekaan Indonesia. Sedangkan bagi Jepang, tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar membantu Jepang dalam perang melawan Sekutu dengan cara memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia.


Iklan

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

21 Juli 2021 08:27

Jawaban terverifikasi

Halo Acha T Pada tanggal 1 Maret 1945, pemerintahan pendudukan Jepang di Jawa melalui Balatentara XIV, Jenderal Kumakici Harada menyampaikan pengumuman adanya pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Cosakai) yang disingkat menjadi BPUPKI. Ketuanya adalah Radjiman Wedyodiningrat dan wakil ketua Hibangase Yosio (Jepang) dan Soeroso. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki bentuk dasar yang cocok guna kepentingan sistem pemerintahan negara Indonesia pasca kemerdekaan. Jadi, BPUPKI tak lain dibentuk untuk mempersiapkan proses kemerdekaan Indonesia Dengan Demikian pembentukan BPUPKI dilakukan Oleh Pemerintahan Pendudukan Jepang dan memiliki tujuan untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki bentuk dasr negara yang cocok untuk Bangsa Indonesia. Mapel: Sejarah Kelas: 9 SMP Topik: Masa Awal Kemerdekaan Sampai Revolusi Indonesia Semoga Membantu Ya : )


Grill L

27 Juli 2021 13:08

untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka


Viki N

16 Agustus 2022 09:39

Pada tanganggal 1 maret 1945


Nadya N

11 Agustus 2023 03:42

tulis ide gagasan rumusan dasar negara Pancasila


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

. Puncak kemarahan diponegoro terjadi dan hingga meletuslah perang setelah...

165

5.0

Jawaban terverifikasi