Paul P

12 Agustus 2022 08:20

Paul P

12 Agustus 2022 08:20

Pertanyaan

Si Bicik Dalam sebuah gubuk tua di tepi hutan tinggallah seorang ibu dan anak laki-lakinya. Anaknya bernama si Bicik dan ibunya biasa disapa Mak Bicik. Gubuk yang mereka tinggali amatlah sederhana karena terbuat dari tonggak-tonggak kayu dan jerami. Bicik dan ibunya hidup di sebidang tanah ladang yang digarap dan ditanami bermacam-macam hasil bumi, misalnya terung, mentimun, kacang panjang, ubi, pisang dan lain-lain. Mak Bicik sudah sangat tua, giginya sudah banyak yang tanggal, matanya rabun, dan badannya pun Iemah sehingga tidak mampu lagi membantu Bicik menggarap ladang. Terkadang, si Bicik pergi ke desa untuk menjual hasil Iadangnya atau untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Bicik sangat bangga dengan hasil kebunnya. Sementara itu, di dalam hutan, hidup pula seeokor Raja Kera bernama sekawanan kera lainnya. Raja Kera tergiur dengan beragam makanan di ladang Bicik. Saat Bicik pergi ke desa, kera dan kawanannya datang dan mengganggu Mak Bicik. "Hei Mak, rebuskan ubi, kupas kelapa, dan carikan kutuku, cepat!" kata Raja Kera. Mak Bicik yang ketakutan langsung mengerjakan apa yang diperintahkan Raja Kera. Sepulangnya dari desa, Bicik menemukan ibunya sedang menangis. lbunya bercerita bagaimana Raja Kera datang dan mengganggunya. Bicik sangat marah mendengar cerita ibunya dan segera mencari akal untuk menangkap Raja Kera. Malamnya, Bicik melubangi lantai gubuknya yang berbentuk rumah panggung dan menutupnya dengan jerami. Bicik meminta ibunya untuk tetap melayani Raja Kera seperti biasa selagi Bicik bersembunyi. Keesokan harinya, Raja Kera datang dan kembali memerintah Mak Bicik. Raja Kera kemudian mengelilingi rumah Bicik. Tiba-tiba, Raja Kera terjatuh dan terperangkap di dalam lubang buatan Bicik. Melihat hal itu Bicik keluar dari persembunyiannya. la langsung menangkap Raja Kera dan mengurungnya selama beberapa hari. Akhirnya, Raja Kera merasa kelaparan dan memohon agar segera dilepaskan. la meminta maaf dan berjanji tidak akan mengganggu Bicik dan Ibunya lagi. Sumber: Cerita Rakyat Nusantara jilid 6, Tim EFK, Penerbit Erlangga, dengan penyesuaian. 4. Kalimat manakah dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja Kera merupakan tokoh antagonis?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

23

:

17

:

24

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

R. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

26 September 2022 23:47

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah kalimat dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja kera merupakan tokoh antagonis, terletak pada paragraf kedua, kalimat ketiga dan keempat.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Kalimat dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja kera merupakan tokoh antagonis terletak pada paragraf kedua, kalimat ketiga dan keempat, yang berbunyi "Saat Bicik pergi ke desa, kera dan kawanannya datang dan mengganggu Mak Bicik. "Hei Mak, rebusan ubi, kupas kelapa, carikan kutuku, cepat!" kata Raja Kera".&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Sehingga kesimpulannya, kalimat dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja kera merupakan tokoh antagonis, terletak pada paragraf kedua, kalimat ketiga dan keempat.</p>

Jawaban yang benar adalah kalimat dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja kera merupakan tokoh antagonis, terletak pada paragraf kedua, kalimat ketiga dan keempat. 

 

Kalimat dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja kera merupakan tokoh antagonis terletak pada paragraf kedua, kalimat ketiga dan keempat, yang berbunyi "Saat Bicik pergi ke desa, kera dan kawanannya datang dan mengganggu Mak Bicik. "Hei Mak, rebusan ubi, kupas kelapa, carikan kutuku, cepat!" kata Raja Kera". 

 

Sehingga kesimpulannya, kalimat dalam cerita yang menyatakan bahwa Raja kera merupakan tokoh antagonis, terletak pada paragraf kedua, kalimat ketiga dan keempat.


Cimoy C

04 November 2023 06:07

Sebutkan sifat mak becik yang ada di dalam cerita mak bicik


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

68

3.0

Jawaban terverifikasi