Fadia R

23 Desember 2021 11:55

Iklan

Iklan

Fadia R

23 Desember 2021 11:55

Pertanyaan

Seutas kawat penghantar dibentuk menjadi bangun seperti pada gambar. Sisi-sisi bangun itu panjangnya I. Kawat itu dialiri arus listrik dengan kuat arus i dan diletakkan dalam medan magnet yang berarah masuk bidang gambar secara tegak lurus. Jika besar medan induksi magnetiknya B, maka tentukan besar gaya magnet total yang dialami oleh kawat itu .... (A) ilB (B) 2ilB (C) 3ilB (D) 4ilB (E) 5ilB

alt

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Tri

07 November 2022 08:21

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah A. ilB</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan :</p><p>Gaya lorentz adalah gaya yang timbul saat kawat berarus listrik diletakkan di daerah yang memiliki medan magnetik. Besar gaya lorentz dirumuskan sebagai :</p><p>F = B.i.l sin 𝞪</p><p>&nbsp;</p><p>Arah gaya lorentz yang dihasilkan pada setiap kawat berarus listrik memenuhi kaidah tangan kanan,</p><p>Kawat yang dibentuk pada soal di atas berbentuk belah ketupat dimana kawat yang saling berhadapan akan memiliki gaya lorentz yang sama besar karena besar arus (i), besar medan magnetik (B) dan panjang kawat (l) sama besar dan saling berlawanan karena arah arus yang juga saling berlawanan. Akibatnya resultan gaya lorentz untuk kawat yang berhadapan adalah nol.</p><p>Tersisa satu kawat yag ditengah yang memilki gaya lorentz sebesar</p><p>F = B.i.l.sin 90<sup>o</sup></p><p>maka</p><p>F = B.i.l</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi jawaban yang tepat adalah (A)</p>

Jawaban yang benar adalah A. ilB

 

Pembahasan :

Gaya lorentz adalah gaya yang timbul saat kawat berarus listrik diletakkan di daerah yang memiliki medan magnetik. Besar gaya lorentz dirumuskan sebagai :

F = B.i.l sin 𝞪

 

Arah gaya lorentz yang dihasilkan pada setiap kawat berarus listrik memenuhi kaidah tangan kanan,

Kawat yang dibentuk pada soal di atas berbentuk belah ketupat dimana kawat yang saling berhadapan akan memiliki gaya lorentz yang sama besar karena besar arus (i), besar medan magnetik (B) dan panjang kawat (l) sama besar dan saling berlawanan karena arah arus yang juga saling berlawanan. Akibatnya resultan gaya lorentz untuk kawat yang berhadapan adalah nol.

Tersisa satu kawat yag ditengah yang memilki gaya lorentz sebesar

F = B.i.l.sin 90o

maka

F = B.i.l

 

Jadi jawaban yang tepat adalah (A)


Haris H

20 Desember 2022 06:23

Bukankah menurut hukum 1 Kirchoff kawat yang tengah kuat arusnya menjadi 2i?

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 15°C kecepatan merambat bunyi di udara 328 m/det. Jika setiap kenaikan 1°C kecepatan merambat bunyi bertambah 0,6 m/det. Tentukan kecepatan merambat bunyi pada suhu 8°C!

186

1.0

Jawaban terverifikasi