Hendra K

23 Agustus 2023 14:02

Iklan

Iklan

Hendra K

23 Agustus 2023 14:02

Pertanyaan

setelah anda membaca teori pertumbuhan rostow pada tahap pertumbuhan mana indonesia sekarang

setelah anda membaca teori pertumbuhan rostow pada tahap pertumbuhan mana indonesia sekarang


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Miftah B

Community

23 Agustus 2023 18:37

Jawaban terverifikasi

Halo sobat πŸ‘‹ Jawaban: Teori pertumbuhan Rostow, yang dikemukakan oleh ekonom Walt Whitman Rostow pada tahun 1960, mengklasifikasikan tahapan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tahapan-tahapan yang ada dalam teori tersebut: 1. Tahap Awal Tradisional: Pada tahap ini, produksi didominasi oleh sektor pertanian dan industri sangat terbatas. Masyarakat cenderung mengandalkan pertanian subsisten dan tidak ada pertumbuhan makroekonomi yang signifikan. 2. Tahap Pra-kondisi untuk Pengambilan: Pada tahap ini, terjadi pergeseran pertumbuhan ekonomi menuju sektor industri. Negara mulai mengembangkan sektor manufaktur dan infrastruktur dasar yang mendukung pertumbuhan ekonomi. 3. Tahap Pengambilan: Pada tahap ini, terjadi lonjakan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Sektor industri berkembang pesat, teknologi diterapkan secara luas, dan investasi asing meningkat. Negara mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih kompleks. 4. Tahap Pertumbuhan Jangka Menengah: Pada tahap ini, sektor industri semakin mendiversifikasi. Pertumbuhan ekonomi terus berlanjut dengan meningkatnya pendapatan per kapita, industrialisasi yang lebih lanjut, dan konsumsi yang meningkat. 5. Tahap Tinggi Masyarakat Konsumen: Pada tahap ini, negara mengalami kemakmuran dan tingkat konsumsi tinggi. Masyarakat cenderung mengkonsumsi barang-barang non-esensial dan sektor jasa tumbuh pesat. Terdapat kontroversi dalam penentuan tahapan pertumbuhan suatu negara berdasarkan teori Rostow, dan tidak semua negara bergerak melalui semua tahapan tersebut. Namun, melihat perkembangan ekonomi Indonesia saat ini, dapat dikatakan bahwa negara sedang berada pada tahap pertumbuhan jangka menengah (Tahap 4). Indonesia telah bergerak dari sektor pertanian menuju industrialisasi yang semakin berkembang. Pertumbuhan ekonomi terjadi, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dan perkembangan lebih lanjut.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 16:20

<p>Teori Pertumbuhan Rostow, yang dikembangkan oleh ekonom Amerika Walt Rostow, menggambarkan lima tahap pertumbuhan ekonomi yang dapat dialami oleh negara-negara dalam proses menuju pembangunan ekonomi yang mapan. Tahap-tahap ini adalah:</p><p><strong>Tahap Tradisi:</strong> Pada tahap ini, ekonomi didominasi oleh sektor pertanian dan produksi tergantung pada sumber daya alam. Teknologi dan produksi rendah, serta sedikit inovasi. Indonesia telah melampaui tahap ini, karena telah memiliki sektor ekonomi yang lebih beragam dan berbagai upaya modernisasi telah dilakukan.</p><p><strong>Tahap Pra-Kondisi untuk Pertumbuhan:</strong> Pada tahap ini, muncul sektor-sektor industri yang memenuhi kebutuhan domestik dasar. Investasi mulai meningkat, tetapi belum mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Indonesia telah mencapai tahap ini dan memiliki berbagai sektor industri yang mendorong pertumbuhan ekonomi.</p><p><strong>Tahap Pertumbuhan yang Cepat:</strong> Ini adalah tahap di mana pertumbuhan ekonomi meningkat pesat. Investasi dalam industri dan infrastruktur terus bertambah, sehingga produktivitas dan diversifikasi ekonomi semakin kuat. Tahap ini umumnya dicirikan oleh industrialisasi dan urbanisasi yang signifikan. Indonesia saat ini berada di tahap pertumbuhan yang cepat ini, dengan sektor industri yang semakin berkembang dan pertumbuhan ekonomi yang berlangsung.</p><p><strong>Tahap Kedewasaan:</strong> Pada tahap ini, ekonomi mencapai tingkat pendapatan per kapita yang tinggi. Fokus bergeser dari pertumbuhan cepat menjadi efisiensi dan inovasi. Sektor jasa dan teknologi berkembang dengan pesat. Indonesia masih berada dalam perjalanan menuju tahap ini, karena saat ini sedang berupaya untuk mencapai pendapatan per kapita yang lebih tinggi dan mengembangkan sektor-sektor berbasis pengetahuan.</p><p><strong>Tahap Masa Depan:</strong> Ini adalah tahap di mana ekonomi berkembang menjadi terintegrasi secara global dan memberikan kontribusi dalam hal perdamaian dan kesejahteraan global. Negara-negara pada tahap ini memainkan peran penting dalam masalah dunia dan mampu mengatasi tantangan global. Indonesia belum mencapai tahap ini dan masih berada dalam perjalanan menuju pencapaian ini.</p><p>Pada saat ini, Indonesia dapat dianggap berada pada tahap pertumbuhan yang cepat (tahap ketiga) dalam teori Pertumbuhan Rostow, dengan pertumbuhan ekonomi yang dinamis, berkembangnya sektor industri, dan perubahan sosioekonomi yang signifikan. Namun, tetap perlu upaya lanjutan untuk mencapai tahap kedewasaan dan tahap masa depan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Teori Pertumbuhan Rostow, yang dikembangkan oleh ekonom Amerika Walt Rostow, menggambarkan lima tahap pertumbuhan ekonomi yang dapat dialami oleh negara-negara dalam proses menuju pembangunan ekonomi yang mapan. Tahap-tahap ini adalah:

Tahap Tradisi: Pada tahap ini, ekonomi didominasi oleh sektor pertanian dan produksi tergantung pada sumber daya alam. Teknologi dan produksi rendah, serta sedikit inovasi. Indonesia telah melampaui tahap ini, karena telah memiliki sektor ekonomi yang lebih beragam dan berbagai upaya modernisasi telah dilakukan.

Tahap Pra-Kondisi untuk Pertumbuhan: Pada tahap ini, muncul sektor-sektor industri yang memenuhi kebutuhan domestik dasar. Investasi mulai meningkat, tetapi belum mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Indonesia telah mencapai tahap ini dan memiliki berbagai sektor industri yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tahap Pertumbuhan yang Cepat: Ini adalah tahap di mana pertumbuhan ekonomi meningkat pesat. Investasi dalam industri dan infrastruktur terus bertambah, sehingga produktivitas dan diversifikasi ekonomi semakin kuat. Tahap ini umumnya dicirikan oleh industrialisasi dan urbanisasi yang signifikan. Indonesia saat ini berada di tahap pertumbuhan yang cepat ini, dengan sektor industri yang semakin berkembang dan pertumbuhan ekonomi yang berlangsung.

Tahap Kedewasaan: Pada tahap ini, ekonomi mencapai tingkat pendapatan per kapita yang tinggi. Fokus bergeser dari pertumbuhan cepat menjadi efisiensi dan inovasi. Sektor jasa dan teknologi berkembang dengan pesat. Indonesia masih berada dalam perjalanan menuju tahap ini, karena saat ini sedang berupaya untuk mencapai pendapatan per kapita yang lebih tinggi dan mengembangkan sektor-sektor berbasis pengetahuan.

Tahap Masa Depan: Ini adalah tahap di mana ekonomi berkembang menjadi terintegrasi secara global dan memberikan kontribusi dalam hal perdamaian dan kesejahteraan global. Negara-negara pada tahap ini memainkan peran penting dalam masalah dunia dan mampu mengatasi tantangan global. Indonesia belum mencapai tahap ini dan masih berada dalam perjalanan menuju pencapaian ini.

Pada saat ini, Indonesia dapat dianggap berada pada tahap pertumbuhan yang cepat (tahap ketiga) dalam teori Pertumbuhan Rostow, dengan pertumbuhan ekonomi yang dinamis, berkembangnya sektor industri, dan perubahan sosioekonomi yang signifikan. Namun, tetap perlu upaya lanjutan untuk mencapai tahap kedewasaan dan tahap masa depan.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada neraca saldo per 31 Desember 2017 terdapat akun sewa dibayar di muka Rp20.000.000,00. Sewa tersebut dibayar 1 September 2017, Atas dasar informasi tersebut maka pada waktu tutup buku per 31 Desember 2017 diminta anda untuk mencatat a. jurnal penyesuaian

581

0.0

Jawaban terverifikasi