Siti R

18 Maret 2020 02:46

Pertanyaan

seseorang yang mendapatkan serangan berupa pukulan dari orang lain akan memberikan gerakan tangkisan.bagaimana mekanisme terjadinya gerakan tangkisan tersebut jika dilakukan secara refleks atau disadari?


1rb+

1

Jawaban terverifikasi

A. Chanisya

08 Januari 2022 05:26

Jawaban terverifikasi

Halo Siti, kakak bantu jawab ya :) Ketika kita menangkas pukulan dengan dengan gerak sadar, impuls akan melewati otak, sedangkan pada gerak refleks (gerak tidak sadar) impuls akan berjalanan lebih cepat karena melewati susum tulang belakang. Sekarang mari kita bahas! Gerak yang dilakukan manusia dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gerak sadar dan gerak refleks. Gerak sadar adalah gerak yang terjadi secara disengaja atau disadari, sedangkan gerak refleks terjadi secara tidak disengaja atau tidak disadari. Penjalaran impuls pada gerak sadar berlangsung lebih lambat karena melewati otak, sedangkan dari pada gerak refleks jalannya impuls berjalan lebih cepat karena tidak melewati otak namun melewati sumsum tulang belakang. Mekanisme terjadinya atau jalannya impuls gerak impuls ketika menangkas pukulan dapat dituliskan sebagi berikut: Urutan jalannya impuls ketika menangkis pukulan dengan gerak sadar adalah rangsangan (pukulan)- reseptor - neuron sensorik - otak - neuron motorik - efektor (gerakan menangkis pukulan). Urutan jalannya impuls ketika menangkis pukulan dengan gerak refleks adalah rangsang (pukulan) - reseptor - neuron sensorik - sumsum tulang belakang - neuron motorik - efektor (gerakan menangkis pukulan). Semoga membantu!


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

berikut merupakan reaksi alergi yang dapat timbul karena adanya antigen asing masuk kedalam tubuh, kecuali... a. rasa takut b. pembengkakan c. inflamasi d. sesak napas e. ruam merah

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan