Isysya I

20 Februari 2024 00:10

Iklan

Iklan

Isysya I

20 Februari 2024 00:10

Pertanyaan

Seorang siswa yang sedang menghadapi ulangan dimana siswa tersebut masih banyak soal yang belum diselesaikan dan belum separuh yang dikerjakan. Dalam kondisi seperti ini ada temannya yang kemudian memberikan  jawaban, maka ia menerima jawaban tersebut tanpa berpikir  lagi apakah jawaban itu benar atau salah.terlebih kalau yang memberikan jawaban murid yang dipandang kemampuannya diatas kemampuan dia  Kasus tersebut dipengaruhi oleh faktor…… A. imitasi                                                          B. simpati                   C. sugesti D.. identifikasi                                                   E. empati 


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

20 Februari 2024 04:25

Jawaban terverifikasi

<p><br>Jawaban yang tepat untuk kasus tersebut adalah <strong>C. Sugesti</strong>.</p><p><strong>Alasan:</strong></p><ul><li><strong>Imitasi:</strong> Imitasi adalah meniru tindakan orang lain tanpa memikirkan alasannya. Dalam kasus ini, siswa tidak meniru tindakan temannya secara langsung.</li><li><strong>Simpati:</strong> Simpati adalah perasaan iba atau kasihan terhadap orang lain. Dalam kasus ini, siswa tidak merasa iba atau kasihan terhadap temannya.</li><li><strong>Sugesti:</strong> Sugesti adalah pemberian pengaruh kepada orang lain sehingga orang tersebut menerima dan menuruti tanpa berpikir kritis. Dalam kasus ini, siswa menerima jawaban temannya tanpa berpikir kritis karena sugesti dari temannya yang dianggap lebih pintar.</li><li><strong>Identifikasi:</strong> Identifikasi adalah proses menyamakan diri dengan orang lain. Dalam kasus ini, siswa tidak menyamakan diri dengan temannya.</li><li><strong>Empati:</strong> Empati adalah kemampuan memahami perasaan orang lain. Dalam kasus ini, siswa tidak memahami perasaan temannya.</li></ul><p><strong>Penjelasan:</strong></p><p>Siswa menerima jawaban temannya tanpa berpikir kritis karena sugesti dari temannya yang dianggap lebih pintar. Sugesti ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti:</p><ul><li><strong>Kepercayaan siswa terhadap kemampuan temannya</strong></li><li><strong>Ketidakpercayaan diri siswa terhadap kemampuannya sendiri</strong></li><li><strong>Tekanan waktu untuk menyelesaikan ulangan</strong></li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Faktor yang mempengaruhi siswa dalam kasus tersebut adalah sugesti.</p><p><strong>Kiat:</strong></p><ul><li>Siswa harus belajar untuk berpikir kritis dan tidak menerima jawaban orang lain tanpa verifikasi.</li><li>Siswa harus percaya diri terhadap kemampuannya sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.</li><li>Guru harus menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membantu siswa untuk belajar dengan efektif.</li></ul>


Jawaban yang tepat untuk kasus tersebut adalah C. Sugesti.

Alasan:

  • Imitasi: Imitasi adalah meniru tindakan orang lain tanpa memikirkan alasannya. Dalam kasus ini, siswa tidak meniru tindakan temannya secara langsung.
  • Simpati: Simpati adalah perasaan iba atau kasihan terhadap orang lain. Dalam kasus ini, siswa tidak merasa iba atau kasihan terhadap temannya.
  • Sugesti: Sugesti adalah pemberian pengaruh kepada orang lain sehingga orang tersebut menerima dan menuruti tanpa berpikir kritis. Dalam kasus ini, siswa menerima jawaban temannya tanpa berpikir kritis karena sugesti dari temannya yang dianggap lebih pintar.
  • Identifikasi: Identifikasi adalah proses menyamakan diri dengan orang lain. Dalam kasus ini, siswa tidak menyamakan diri dengan temannya.
  • Empati: Empati adalah kemampuan memahami perasaan orang lain. Dalam kasus ini, siswa tidak memahami perasaan temannya.

Penjelasan:

Siswa menerima jawaban temannya tanpa berpikir kritis karena sugesti dari temannya yang dianggap lebih pintar. Sugesti ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • Kepercayaan siswa terhadap kemampuan temannya
  • Ketidakpercayaan diri siswa terhadap kemampuannya sendiri
  • Tekanan waktu untuk menyelesaikan ulangan

Kesimpulan:

Faktor yang mempengaruhi siswa dalam kasus tersebut adalah sugesti.

Kiat:

  • Siswa harus belajar untuk berpikir kritis dan tidak menerima jawaban orang lain tanpa verifikasi.
  • Siswa harus percaya diri terhadap kemampuannya sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.
  • Guru harus menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membantu siswa untuk belajar dengan efektif.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 08:15

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Sugesti adalah proses dimana seseorang menerima atau mengikuti saran atau ide dari orang lain tanpa mempertimbangkan secara kritis atau rasional. Dalam kasus ini, siswa menerima jawaban dari temannya tanpa mempertimbangkan apakah jawaban tersebut benar atau salah, karena dipengaruhi oleh keyakinan bahwa temannya memiliki kemampuan yang lebih baik darinya.</p>

jawabannya adalah C.

 

Sugesti adalah proses dimana seseorang menerima atau mengikuti saran atau ide dari orang lain tanpa mempertimbangkan secara kritis atau rasional. Dalam kasus ini, siswa menerima jawaban dari temannya tanpa mempertimbangkan apakah jawaban tersebut benar atau salah, karena dipengaruhi oleh keyakinan bahwa temannya memiliki kemampuan yang lebih baik darinya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Seorang penderita penyakit asma merasa sembuh setelah berkonsultasi kepada seorang dukun. Dalam kasus tersebut, terjadi interaksi sosial antara penderita asma dengan seorang dukun yang didasari oleh faktor A. imitasi D. simpati B. sugesti E. empati C. identifikasi

97

5.0

Jawaban terverifikasi