Fania T

01 Februari 2022 22:00

Iklan

Fania T

01 Februari 2022 22:00

Pertanyaan

Seorang siswa membuat grafik hubungan antara V^2 dengan F dari data yang diperoleh dari percobaan Melde. Berikut grafik yang diperolehnya(dibawah). Dari grafik tersebut maka kesimpulan apakah yang bisa kita ambil?

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

12

:

27

:

59

Klaim

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

P. Gede

27 Juli 2022 01:24

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah gaya berbanding lurus dengan kuadrat panjang gelombang. Hal ini juga sesuai dengan yang diperlihatkan pada grafik bahwa semakin besar gayanya maka semakin besar pula kuadrat panjang gelombangnya. Konsep yang digunakan dalam menjawab soal ini adalah persamaan Hukum Melde yaitu: v = √(Fl/m) v^2 = Fl/m (λf)^2 = Fl/m λ^2 = Fl/mf^2 Dengan: v = cepat rambat gelombang (m/s) λ = panjang gelombang (m) f = frekuensi (Hz) F = gaya atau tegangan (N) l = panjang kawat (m) m = massa kawat (kg) Dari persamaan terlihat bahwa gaya berbanding lurus dengan kuadrat panjang gelombang. Hal ini juga sesuai dengan yang diperlihatkan pada grafik bahwa semakin besar gayanya maka semakin besar pula kuadrat panjang gelombangnya. Jadi, kesimpulan yang dapat diambil adalah gaya berbanding lurus dengan kuadrat panjang gelombang. Hal ini juga sesuai dengan yang diperlihatkan pada grafik bahwa semakin besar gayanya maka semakin besar pula kuadrat panjang gelombangnya.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 15°C kecepatan merambat bunyi di udara 328 m/det. Jika setiap kenaikan 1°C kecepatan merambat bunyi bertambah 0,6 m/det. Tentukan kecepatan merambat bunyi pada suhu 8°C!

115

3.0

Jawaban terverifikasi