Uswatun K

30 Oktober 2020 05:54

Iklan

Iklan

Uswatun K

30 Oktober 2020 05:54

Pertanyaan

seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut. batang kaca. (1) kain sutera (2) kain wol jika batang kaca digosok secara berulang kali dengan proses perpindahan elektron| Jenis | muatan | listrik (1). | (2). |


80

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Nurul

03 Februari 2022 03:01

Jawaban terverifikasi

Halo Uswatu, kakak bantu jawab ya. Perhatikan penjelasan berikut. 1. Batang kaca yang digosokkan pada kain sutera. Perpindahan elektron : elektron dari kaca berpindah ke kain sutera. Kaca : kaca bermuatan positif (karena kekurangan elektron). Kain sutera : kain sutera bermuatan negatif (karena kelebihan elektron). 2. Batang kaca yang digosokkan pada kain wol. Perpindahan elektron : elektron dari kain wol berpindah ke kaca . Kaca : kaca bermuatan negatif (karena kelebihan elektron). Kain wol : kain wol bermuatan positif (karena kekurangan elektron).


Iklan

Iklan

A. Novi

30 Oktober 2020 17:51

Jawaban: 1. Dari kaca ke ke kain sutera, muatan listrik kaca positif 2. Dari kain wol ke kaca, muatan listrik kaca negatif. Penjelasan: pada saat kaca digosokkan ke kain sutera, terjadi oerpindahan elektron dari kaca ke kain sutera, sehingga menyebabkan kaca bermustan positif dan kain sutera bermuatan negatif. Saat kaca digosokkan ke kain wol, terjadi oerpondahan elektron daribkaon wol ke kaca, sehingga menyebabkan batang kaca bermuatan negatif dan wol bermuatan positif.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah kawat yang panjangnya 80 cm dan dialiri arus listrik sebesar 0,45 ampere ke arah barat. Kemudian kawat tersebut diletakkan di dalam ruangan yang mempunyai kuat medan magnet 1,2 tesla yang arahnya ke selatan. Tentukan besar dan arah gaya Lorentznya!

13

0.0

Jawaban terverifikasi