Hilya H

30 Maret 2024 03:49

Iklan

Hilya H

30 Maret 2024 03:49

Pertanyaan

Seorang siswa melakukan pengamatan terhadap beberapa tumbuhan yang ia temukan di halaman rumahnya. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, tumbuhan tersebut memiliki ciri-ciri sistem perakaran serabut, tidak mengalami pertumbuhan sekunder, memiliki empulur yang besar, memiliki kutub xilem yang banyak. Berdasarkan hasil pengamatan di atas, tumbuhan yang ditemukan oleh siswa tersebut adalah …. A. Solanum tuberosum B. Manihot utilissima C. Mangifera indica D. Cocos nucifera E. Solanum melongena

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

01

:

01

:

10

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dela A

Community

30 Maret 2024 03:50

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban : D. Cocos nucifera</strong></p><p><br>Pembahasan :<br>Tumbuhan yang memiliki ciri-ciri sistem perakaran serabut, tidak mengalami pertumbuhan sekunder, memiliki empulur yang besar, memiliki kutub xilem yang banyak merupakan tumbuhan monokotil. Contoh tumbuhan monokotil yaitu jagung (Zea mays), kelapa (Cocos nucifera), padi (Oryza sativa).&nbsp;<br>Dengan demikian, tumbuhan yang diamati oleh siswa tersebut adalah kelapa&nbsp;<br>(Cocos nucifera). Sehingga jawaban yang tepat adalah D.</p>

Jawaban : D. Cocos nucifera


Pembahasan :
Tumbuhan yang memiliki ciri-ciri sistem perakaran serabut, tidak mengalami pertumbuhan sekunder, memiliki empulur yang besar, memiliki kutub xilem yang banyak merupakan tumbuhan monokotil. Contoh tumbuhan monokotil yaitu jagung (Zea mays), kelapa (Cocos nucifera), padi (Oryza sativa). 
Dengan demikian, tumbuhan yang diamati oleh siswa tersebut adalah kelapa 
(Cocos nucifera). Sehingga jawaban yang tepat adalah D.


Iklan

Nanda R

Community

30 Maret 2024 04:19

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Manihot utilissima atau singkong memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan deskripsi yang diberikan:</p><p><strong>Sistem perakaran serabut</strong>: Singkong memiliki akar yang bercabang-cabang dan halus, menyerupai serabut. Ini adalah ciri khas sistem perakaran serabut.</p><p><strong>Tidak mengalami pertumbuhan sekunder</strong>: Singkong adalah tumbuhan herbaceous, yang berarti batangnya tidak mengalami pertumbuhan sekunder seperti pada pohon berpucuk kayu.</p><p><strong>Empulur yang besar</strong>: Singkong memiliki umbi yang besar di bagian bawah tanaman, yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Empulur ini besar dan berisi banyak karbohidrat.</p><p><strong>Kutub xilem yang banyak</strong>: Xilem adalah jaringan pengangkut air dan mineral dari akar ke daun dan bagian lain tumbuhan. Singkong memiliki banyak pembuluh xilem yang memungkinkannya mengangkut air dan mineral dengan efisien.</p>

jawabannya adalah B.

 

Manihot utilissima atau singkong memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan deskripsi yang diberikan:

Sistem perakaran serabut: Singkong memiliki akar yang bercabang-cabang dan halus, menyerupai serabut. Ini adalah ciri khas sistem perakaran serabut.

Tidak mengalami pertumbuhan sekunder: Singkong adalah tumbuhan herbaceous, yang berarti batangnya tidak mengalami pertumbuhan sekunder seperti pada pohon berpucuk kayu.

Empulur yang besar: Singkong memiliki umbi yang besar di bagian bawah tanaman, yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Empulur ini besar dan berisi banyak karbohidrat.

Kutub xilem yang banyak: Xilem adalah jaringan pengangkut air dan mineral dari akar ke daun dan bagian lain tumbuhan. Singkong memiliki banyak pembuluh xilem yang memungkinkannya mengangkut air dan mineral dengan efisien.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan