Lydia W

09 Mei 2023 13:09

Iklan

Lydia W

09 Mei 2023 13:09

Pertanyaan

Semut mempunyai berapa siklus hidup dan apa saja ?

 Semut mempunyai berapa siklus hidup dan apa saja?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

17

:

33

:

52

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

NASYA N

09 Mei 2023 13:16

Jawaban terverifikasi

<p>Telur, larva, pupa, dewasa&nbsp;</p>

Telur, larva, pupa, dewasa 


Iklan

Suwantono S

09 Mei 2023 15:01

Jawaban terverifikasi

<p>Semut memiliki empat tahapan siklus hidup yaitu telur, larva, pupa, dan imago (dewasa).</p><p>&nbsp;</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Telur: Siklus hidup semut dimulai dari telur yang dihasilkan oleh ratu semut. Telur semut biasanya berwarna putih dan sangat kecil, sekitar 0,5-2 mm tergantung pada spesiesnya.</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Larva: Setelah menetas dari telur, semut berubah menjadi larva yang tanpa kaki dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan. Larva semut biasanya diurus oleh pekerja semut dan diberi makan oleh mereka.</p><p>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pupa: Setelah beberapa minggu, larva akan memasuki tahap pupa, yaitu tahap di mana semut berubah menjadi dewasa. Pada tahap ini, semut berada dalam kokon dan mengalami perubahan fisik yang signifikan.</p><p>4.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Imago (dewasa): Setelah keluar dari kokon, semut masuk ke tahap dewasa atau imago. Semut dewasa terdiri dari tiga jenis yaitu ratu, pekerja, dan jantan. Ratu semut bertanggung jawab untuk memproduksi telur dan memimpin koloni, pekerja semut bertanggung jawab untuk mencari makanan, membersihkan sarang, dan merawat larva dan pupa, sedangkan jantan semut bertanggung jawab untuk mengawini ratu semut dan memperbanyak populasi semut.</p><p>&nbsp;</p><p>Siklus hidup semut berbeda-beda tergantung pada spesiesnya. Pada beberapa spesies, siklus hidup semut hanya memakan waktu beberapa minggu, sedangkan pada spesies lainnya, siklus hidupnya bisa berlangsung selama beberapa tahun.</p><p>&nbsp;</p>

Semut memiliki empat tahapan siklus hidup yaitu telur, larva, pupa, dan imago (dewasa).

 

1.     Telur: Siklus hidup semut dimulai dari telur yang dihasilkan oleh ratu semut. Telur semut biasanya berwarna putih dan sangat kecil, sekitar 0,5-2 mm tergantung pada spesiesnya.

2.     Larva: Setelah menetas dari telur, semut berubah menjadi larva yang tanpa kaki dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan. Larva semut biasanya diurus oleh pekerja semut dan diberi makan oleh mereka.

3.     Pupa: Setelah beberapa minggu, larva akan memasuki tahap pupa, yaitu tahap di mana semut berubah menjadi dewasa. Pada tahap ini, semut berada dalam kokon dan mengalami perubahan fisik yang signifikan.

4.     Imago (dewasa): Setelah keluar dari kokon, semut masuk ke tahap dewasa atau imago. Semut dewasa terdiri dari tiga jenis yaitu ratu, pekerja, dan jantan. Ratu semut bertanggung jawab untuk memproduksi telur dan memimpin koloni, pekerja semut bertanggung jawab untuk mencari makanan, membersihkan sarang, dan merawat larva dan pupa, sedangkan jantan semut bertanggung jawab untuk mengawini ratu semut dan memperbanyak populasi semut.

 

Siklus hidup semut berbeda-beda tergantung pada spesiesnya. Pada beberapa spesies, siklus hidup semut hanya memakan waktu beberapa minggu, sedangkan pada spesies lainnya, siklus hidupnya bisa berlangsung selama beberapa tahun.

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan