Aira A

17 April 2022 21:45

Iklan

Iklan

Aira A

17 April 2022 21:45

Pertanyaan

Semuanya seluruh siswa-siswi baru harap berkumpul di halaman sekolah. Perbaikan kalimat tersebut dengan tata kalimat yang benar!


18

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Naufalia,

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

18 April 2022 01:03

Jawaban terverifikasi

Halo, Fadelia. Terima kasih atas pertanyaannya. Kakak bantu jawab ya. Perbaikan kalimat tersebut adalah "Seluruh siswa baru harap berkumpul di halaman sekolah." Mari cermati penjelasan berikut ini! Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang susunan kalimatnya sulit untuk dipahami, serta pesan yang dimunculkan tidak dapat tersampaikan dengan baik dan jelas kepada pembaca atau pendengar. Ciri-ciri kalimat tidak efektif adalah sebagai berikut. 1. Unsur kalimat yang rancu. 2. Kesalahan pemilihan diksi. 3. Penggunaan ejaan tidak sesuai kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). 4. Tidak ada ide pokok kalimat. 5. Pemborosan kata. Berdasarkan soal, terdapat pemborosan kata pada bagian "semuanya seluruh siswa-siswa" karena kata tersebut menunjukkan jamak, seharusnya kata "semuanya " dihilangkan dan kata "siswa-siswi" tidak diulang. Jadi, perbaikan kalimat tersebut adalah "Seluruh siswa baru harap berkumpul di halaman sekolah." Semoga membantu ya:)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

72

3.0

Jawaban terverifikasi