Kayla S

21 Mei 2024 05:33

Iklan

Iklan

Kayla S

21 Mei 2024 05:33

Pertanyaan

sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi

sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi


7

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

22 Mei 2024 01:46

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah sebagai berikut.&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>Berikut ini penjelasannya.&nbsp;</p><p><br>Setelah proklamasi, Indonesia terlibat dalam <strong>perjuangan bersenjata melawan tentara Belanda yang berusaha merebut kembali wilayah yang diduduki oleh Jepang</strong>. Perang kemerdekaan Indonesia berlangsung dari 1945 hingga 1949, yang mencakup peristiwa-peristiwa seperti Agresi Militer I dan II.<br>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah seperti penjelasan di atas.</p>

Jawaban yang benar adalah sebagai berikut. 
 

Berikut ini penjelasannya. 


Setelah proklamasi, Indonesia terlibat dalam perjuangan bersenjata melawan tentara Belanda yang berusaha merebut kembali wilayah yang diduduki oleh Jepang. Perang kemerdekaan Indonesia berlangsung dari 1945 hingga 1949, yang mencakup peristiwa-peristiwa seperti Agresi Militer I dan II.
 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah seperti penjelasan di atas.


Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

22 Mei 2024 10:00

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Beberapa peristiwa penting yang terjadi sesudah proklamasi kemerdekaan Indonesia antara lain:</strong></p><ul><li>Pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 1945.</li><li>Pembacaan Teks Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.</li><li>Penyerbuan Markas Tentara Sekutu pada tanggal 19 September 1945.</li><li>Perundingan Linggarjati pada tanggal 11-15 November 1946.</li><li>Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli-5 Agustus 1947.</li></ul>

Beberapa peristiwa penting yang terjadi sesudah proklamasi kemerdekaan Indonesia antara lain:

  • Pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 1945.
  • Pembacaan Teks Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.
  • Penyerbuan Markas Tentara Sekutu pada tanggal 19 September 1945.
  • Perundingan Linggarjati pada tanggal 11-15 November 1946.
  • Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli-5 Agustus 1947.

Celine G

23 Mei 2024 06:53

Jawaban terverifikasi

<p>Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia menghadapi masa perjuangan yang panjang untuk mempertahankan kemerdekaan. Beberapa tahapan penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi:</p><p><strong>Perang Kemerdekaan</strong>: Indonesia secara resmi masuk ke dalam perang melawan Belanda yang berusaha untuk merebut kembali kendali kolonial mereka di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Perang tersebut berlangsung dari tahun 1945 hingga 1949.</p><p>Seperti, Medan Area, Pertempuran 10 November di Surabaya, Ambarawa, Bandung Lautan Api, dan Puputan Margarana&nbsp;</p><p><strong>Konferensi Meja Bundar</strong>: Konferensi Meja Bundar diadakan di Den Haag, Belanda, pada tahun 1949, yang menghasilkan suatu kesepakatan di mana mereka mengakui kedaulatan Indonesia. Hal ini pun menandai akhir dari penjajahan kolonial Belanda di Indonesia.</p><p><strong>Konsolidasi Kemerdekaan</strong>: Setelah pengakuan kedaulatan Indonesia, negara ini menghadapi tugas besar untuk membangun institusi-institusi pemerintahan dan infrastruktur yang diperlukan untuk mengelola negara yang baru merdeka.</p><p><strong>Periode Konsolidasi Politik</strong>: Pasca-kemerdekaan, Indonesia menghadapi tantangan dalam menegakkan stabilitas politik. Hal ini ditandai dengan konflik internal antara berbagai kekuatan politik yang berusaha memperjuangkan pengaruh mereka dalam struktur pemerintahan yang baru.</p><p><strong>Konfrontasi dengan Malaysia</strong>: Pada tahun 1963, Indonesia terlibat dalam konflik bersenjata dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk, terutama karena ketidaksetujuan terhadap pembentukan federasi tersebut. Konflik ini berlangsung hingga tahun 1966.</p><p><strong>Periode Orde Baru</strong>: Pada tahun 1966, Soeharto mengambil alih kekuasaan melalui "Gerakan 30 September", yang mengakhiri periode transisi politik yang tidak stabil pasca-kemerdekaan.&nbsp;</p><p><strong>Reformasi</strong>: Pada tahun 1998, gerakan reformasi meletus, yang mengakibatkan jatuhnya rezim Orde Baru dan transisi menuju demokrasi multi-partai. Ini menghasilkan perubahan besar dalam struktur politik dan sosial Indonesia.</p><p><strong>Era Kontemporer</strong>: Indonesia terus mengalami perkembangan politik, ekonomi, dan sosial yang signifikan. Negara ini telah menjalani beberapa pemilihan umum yang demokratis, serta menghadapi tantangan seperti korupsi, ketimpangan sosial, dan ekstremisme.</p><p>Perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi penuh akan perjuangan, pengorbanan, dan keteguhan hati untuk menghadapi berbagai tantangan agar bisa mempertahankan dan membangun negara merdeka yang adil dan makmur.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia menghadapi masa perjuangan yang panjang untuk mempertahankan kemerdekaan. Beberapa tahapan penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi:

Perang Kemerdekaan: Indonesia secara resmi masuk ke dalam perang melawan Belanda yang berusaha untuk merebut kembali kendali kolonial mereka di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Perang tersebut berlangsung dari tahun 1945 hingga 1949.

Seperti, Medan Area, Pertempuran 10 November di Surabaya, Ambarawa, Bandung Lautan Api, dan Puputan Margarana 

Konferensi Meja Bundar: Konferensi Meja Bundar diadakan di Den Haag, Belanda, pada tahun 1949, yang menghasilkan suatu kesepakatan di mana mereka mengakui kedaulatan Indonesia. Hal ini pun menandai akhir dari penjajahan kolonial Belanda di Indonesia.

Konsolidasi Kemerdekaan: Setelah pengakuan kedaulatan Indonesia, negara ini menghadapi tugas besar untuk membangun institusi-institusi pemerintahan dan infrastruktur yang diperlukan untuk mengelola negara yang baru merdeka.

Periode Konsolidasi Politik: Pasca-kemerdekaan, Indonesia menghadapi tantangan dalam menegakkan stabilitas politik. Hal ini ditandai dengan konflik internal antara berbagai kekuatan politik yang berusaha memperjuangkan pengaruh mereka dalam struktur pemerintahan yang baru.

Konfrontasi dengan Malaysia: Pada tahun 1963, Indonesia terlibat dalam konflik bersenjata dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk, terutama karena ketidaksetujuan terhadap pembentukan federasi tersebut. Konflik ini berlangsung hingga tahun 1966.

Periode Orde Baru: Pada tahun 1966, Soeharto mengambil alih kekuasaan melalui "Gerakan 30 September", yang mengakhiri periode transisi politik yang tidak stabil pasca-kemerdekaan. 

Reformasi: Pada tahun 1998, gerakan reformasi meletus, yang mengakibatkan jatuhnya rezim Orde Baru dan transisi menuju demokrasi multi-partai. Ini menghasilkan perubahan besar dalam struktur politik dan sosial Indonesia.

Era Kontemporer: Indonesia terus mengalami perkembangan politik, ekonomi, dan sosial yang signifikan. Negara ini telah menjalani beberapa pemilihan umum yang demokratis, serta menghadapi tantangan seperti korupsi, ketimpangan sosial, dan ekstremisme.

Perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi penuh akan perjuangan, pengorbanan, dan keteguhan hati untuk menghadapi berbagai tantangan agar bisa mempertahankan dan membangun negara merdeka yang adil dan makmur.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang anda ketahui data Center jelaskan?

3

0.0

Jawaban terverifikasi