Irema O

24 Mei 2022 05:58

Iklan

Iklan

Irema O

24 Mei 2022 05:58

Pertanyaan

Segelas es teh manis di musim kemarau menjadi tawaran yang sulit ditolak karena dingin dan segarnya es akan membawa kelegaan di tengah dahaga. Di sisi lain para dokter memperingatkan agar menghindari es teh sebagai pelepas dahaga. Hal ini karena es teh akan memperburuk kondisi orang yang beresiko batu ginjal. Mengapa demikian? A. Karena es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi tinggi yang menjadi salah satu pemicu zat batu ginjal. B. Karena es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi rendah yang menjadi salah satu pemicu zat batu ginjal. C. Karena es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi tinggi yang tidak menjadi pemicu zat batu ginjal. D. Karena es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi rendah yang tidak menjadi pemicu zat batu ginjal.


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

24 Mei 2022 12:15

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah A. Karena es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi tinggi yang menjadi salah satu pemicu zat batu ginjal. Pembahasan: Teh mengandung suatu zat yang dapat memicu terjadinya penyakit batu ginjal, yaitu asam oksalat. Konsentrasi asam oksalat yang tinggi dapat ditemui pada es teh. Penyakit batu ginjal disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Batu ginjal merupakan massa keras seperti batu atau kristal yang tidak dapat larut. Kristal tersebut dapat berupa penimbunan kalsium, asam oksalat, dan asam urat yang terdapat di dalam rongga ginjal atau pelvis, saluran ginjal, atau kantung kemih. Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal dapat dilakukan dengan cara membatasi penggunaan suplemen kalsium, minum air putih dalam jumlah banyak, dan tidak menahan buang air kecil. Jadi, es teh akan memperburuk kondisi orang yang berisiko batu ginjal karena es teh mengandung oksalat dalam konsentrasi tinggi yang menjadi salah satu pemicu zat batu ginjal.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jodohkan gambar dengan pola interaksi yang sesuai! 10. Beruang dengan ikan Pola interaksi a. Netralisme b. Predasi c. Simbiosis mutualisme d. Simbiosis komensalisme e. Simbiosis parasitisme f. Antibiosis

343

5.0

Jawaban terverifikasi