Ar D

21 Januari 2020 12:25

Iklan

Iklan

Ar D

21 Januari 2020 12:25

Pertanyaan

seekor kuda menarik kereta ke arah barat dengan gaya 300 N.di belakang kereta,tiga orang menarik kereta tersebut.agar kereta tidak berjalan,berapakah gaya yang harus diberikan ketiga orang tersebut?


78

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Wiliam

Mahasiswa/Alumni Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

23 Desember 2021 11:45

Jawaban terverifikasi

Halo, Ar D. Kakak bantu jawab yaa. Jawabannya adalah 300 N ke arah Timur. Jika kuda tersebut menarik kereta ke arah barat dengan gaya tarik yang diberi kuda diketahui 300 N, maka supaya kereta tersebut tidak berjalan, tiga orang yang menarik belakang kereta tersebut harus menarik ke arah yang berlawanan dengan arah kuda (yaitu ke arah Timur), dengan besar gaya tarik yang diberi oleh ketiga orang tersebut juga harus sama dengan gaya tarik kuda sebesar 300 N. . Ingat Hukum I Newton: "Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda adalah nol, maka benda yang awalnya diam akan tetap diam, atau benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama". Gaya adalah vektor, besaran yang memiliki besar dan arah. Disini, kereta adalah objek, yaitu benda yang diberi gaya. Jika kereta diberi 300 N oleh kuda ke arah Barat, maka untuk membuat kereta tersebut tidak berjalan alias diam, berarti harus ada gaya lain yang dapat melawan 300 N ke arah Barat tersebut, dan itu berarti 300 N ke arah Timur. Karena gaya berkaitan dengan arah, maka kaidah perhitungannya memerlukan kaidah penotasian. Anggaplah arah Barat adalah positif (+), dan arah Timur adalah negatif (-). Oleh karena itu, resultan gaya yang terjadi pada si kereta tersebut dapat kita tulis: ΣF = F_kuda + F_orang Keterangan: ΣF: resultan gaya yang bekerja pada benda/objek yang diberi gaya (N) Sesuai arah perjanjian, maka ini berarti: ΣF = 300 N - 300 N ΣF = 0 N (resultan gaya = 0, berarti memenuhi syarat diam) Semoga menjawab ya.


Iklan

Iklan

Michelin S

07 Desember 2022 13:42

Manakah dibawah ini yang termasuk pesawat sederhana jenis bidang miring


Michelin S

07 Desember 2022 13:42

Manakah dibawah ini yang termasuk pesawat sederhana jenis bidang miring


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebuah kawat cincin berhari-jari 7cm. besarnya induksi magnetik pada 5cm dari pusat cincin adalah 2×10 pangkat negatif 5 Wb. arus listrik pada kawat cincin tersebut adalah..

272

0.0

Jawaban terverifikasi

diketahui resultan gaya bekerja pada benda bermasa 2kg adalah 10N percepatan benda setelah 2 sekon adalah

2

0.0

Lihat jawaban (1)