Adinda A

04 Agustus 2021 12:19

Iklan

Iklan

Adinda A

04 Agustus 2021 12:19

Pertanyaan

sebutkan unsur unsur dari teks berita Siswa SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade Matematika di Thailand              REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta- Siswa sekolah menengah pertama (SMP) dari Indonesia sukses menyabet satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016 pada 14-20 Agustus di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari Indonesia juga berhasil memperoleh tiga perak dan empat perunggu, baik individual maupun team contest.            Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, TIMC diikuti 296 peserta tingkat SMP yang terdiri atas 74 tim. Siswa-siswi yang mengikuti kompetensi merupakan putra-putri terbaik di bidang matematika yang berasal dari 29 negara.            “Seperti Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Tiongkok, Siprus, Filipina, Ghana, Laos, Libanon, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Romania, afrika Selatan, Korea Selatan, Srilangka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam,” kata Hamid dalam keterangan resminya, Minggu (21/8).            TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta, yakni individu dan tim. Pada individu peserta harus mengerjakan 12 soal isian singkat dan tiga soal uraian dalam waktu 120 menit. Sementar pada kontes tim, masing-masing tim yang terdiri atas empat siswa diminta mengerjakan 10 soal.            Thailand International Mathematics Competition (TIMC) merupakan kompetisi matematika paling bergengsi dengan tingkat kesulitan soal sangat tinggi untuk siswa-siswi usia SMP di tingkat internasional. Selain itu, banyaknya negara yang mengikuti TIMC semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancak internasional.            Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud, Supriono, telah mengirim dua tim pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri atas dua team leader, dua deputy leader, dan delapan siswa. Kedeapan siswa yang mengharumkan nama Indonesia ini diseleksi dari 15 siswa peraih medali emas dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatra Selatan. Kedelapan siswa tersebut yaitu Stanve Avrilium Widjaya (SMPK IPEKA Plus BSD), Hendrikus Hansen Witarsa (SMP 4 Penabur), Alvin putra budiman (SMP Lab School Kebayoran), Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya), Nicholas Rusell Saerangm (SMPK Ipeka Sunter 2), Farrel Dwireswara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresia 01), dan Muhflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).                                                                           


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

05 Agustus 2021 18:54

Jawaban terverifikasi

Kelas: 8 Topik: Teks Berita Hai Adinda. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks berita adalah teks yang berisi suatu kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Teks berita terdiri atas beberapa unsur, yakni unsur apa (what), di mana (where), kapan (when), siapa (who), mengapa (why), dan bagaimana (how). Unsur apa menjelaskan peristiwa yang menjadi inti berita, unsur di mana menjelaskan lokasi peristiwa terjadi, unsur kapan menjelaskan waktu peristiwa terjadi, unsur siapa menjelaskan pihak yang terlibat dalam peristiwa itu, unsur mengapa menjelaskan alasan peristiwa itu terjadi, dan unsur bagaimana menjelaskan proses terjadinya peristiwa atau berkenaan dengan bagaimana peristiwa itu diatasi. Dengan demikian, berikut adalah unsur-unsur dari teks berita "Siswa SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade Matematika di Thailand". 1. Apa: Siswa sekolah menengah pertama (SMP) dari Indonesia sukses menyabet satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016. 2. Di mana: Chiang Mai, Thailand 3. Kapan: 14-20 Agustus 4. Siapa: Stanve Avrilium Widjaya (SMPK IPEKA Plus BSD), Hendrikus Hansen Witarsa (SMP 4 Penabur), Alvin putra budiman (SMP Lab School Kebayoran), Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya), Nicholas Rusell Saerangm (SMPK Ipeka Sunter 2), Farrel Dwireswara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresia 01), dan Muhflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar). 5. Mengapa: TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta, yakni individu dan tim; Pada individu peserta harus mengerjakan 12 soal isian singkat dan tiga soal uraian dalam waktu 120 menit. 6. Bagaimana: Kedelapan siswa yang mengharumkan nama Indonesia ini diseleksi dari 15 siswa peraih medali emas dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatra Selatan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sejak kecil kau telah akrab dengan lingkungan sekolah ini karena sering diajak ibumu kemari. Tak heran ketika sudah waktunya untuk masuk sekolah, kau begitu **supel** dan teman-temanmu pun sudah banyak. Mereka umumnya murid-murid yang pernah diajar ibumu waktu kelas satu. Sedangkan aku? Aku waktu itu baru saja pindah ke kota kecil ini. Makna kata bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut adalah .... A. ramah C. santun B. sopan D. baik

450

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut untuk soai nomor 4. 1) Ilmuwan di berbagai belahan dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin guna mengatasi virus Corona jenis baru. Vaksin perlu segera diciptakan karena kematian akibat virus Corona yang terus bertambah dan penyebaran virus yang kian meluas. 2) Pada Jum'at (7-2-2020), Komisi Kesehatan Nasional Cina mencatat jumlah kematian akibat virus Corona baru telah mencapai 636 kasus, sedangkan jumlah warga yang terinfeksi menjadi 31.161 kasus. Kasus terbanyak terjadi di Hubei, Cina, tempat vi kesehatan du niairus pertama muncul. Selain di Cina, virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 25 negara. 3) Para ilmuwan bekerja dalam kecepatan penuh untuk menemukan vaksin bagi virus Corona baru atau penyakit pernapasan akut 2019-nCOV. Sebagai pusat epidemic, ilmuwan Cina berupaya menemukan vaksin bagi virus itu. Perkembangan terbaru adalah mereka menciptakan peta genetik virus. 4) Ilmuwan dari Australia, Kanada, hingga Prancis ikut menciptakan berbagai jenis inokulasi bersama sejumlah perusahaan biotek dan vaksin. Beberapa waktu lalu, Kepala Laboratorium Identifikasi Virus dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan kekebalan, Melbourne, Julian Druce, menyatakan mereka mengembangkan virus Corona versi laboratorium dari tubuh pasien yang terinfeksi untuk uji coba. Tanggapan yang sesuai dengan berita tersebut adalah ... A. Pemerintah Australia telah tanggap menghadapi serangan virus Corona dengan menemukan vaksin virus tersebut. B. Para ilmuan perlu segera mempelajari virus corona yang menjadi masalah besar bagi kesehatan dunia karena persebarannya sangat cepat. C. Masyarakat perlu mawas diri dan menjaga kesehatan dalam menghadapi serangan virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, D. Virus corona menjadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

143

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan