Anonim N

03 Desember 2023 04:55

Iklan

Iklan

Anonim N

03 Desember 2023 04:55

Pertanyaan

sebutkan siapa saja tokoh-tokoh yang turut berkontribusi untuk mempertahankan keutuhan NKRI!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rahmat E

03 Desember 2023 05:11

Jawaban terverifikasi

Beberapa tokoh yang turut berkontribusi dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) antara lain: 1. Soekarno: Sebagai Proklamator kemerdekaan Indonesia dan Presiden pertama RI, Soekarno berperan besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan NKRI. 2. Soeharto: Meskipun kontroversial, Soeharto memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan keutuhan NKRI selama masa kepemimpinannya. 3. Jenderal Soedirman: Sebagai pemimpin militer pada masa perjuangan kemerdekaan, Soedirman memainkan peran besar dalam mempertahankan keutuhan NKRI dengan memimpin pasukan dalam merebut kembali wilayah yang diduduki oleh Belanda. 4. Megawati Soekarnoputri: Sebagai Presiden Indonesia ke-5 dan putri Soekarno, Megawati berperan dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. 5. Jenderal Sudirman: Sebagai salah satu panglima perang utama pada masa perjuangan kemerdekaan, Sudirman berjuang keras untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari berbagai ancaman. Tentunya masih ada banyak tokoh lainnya yang juga turut serta dalam memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan NKRI melalui peran dan kontribusi mereka masing-masing.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 April 2024 07:06

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa tokoh yang turut berkontribusi dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) antara lain:</p><p>Soekarno: sebagai Proklamator Kemerdekaan Indonesia yang gigih memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan.</p><p>Mohammad Hatta: sebagai Wakil Presiden pertama Indonesia yang ikut aktif dalam perjuangan kemerdekaan dan pembentukan negara.</p><p>Jenderal Soedirman: sebagai Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memimpin perang gerilya melawan penjajah.</p><p>Jenderal Sudirman: sebagai tokoh militer yang memimpin perlawanan terhadap agresi militer Belanda dan mendukung keberadaan NKRI.</p><p>Tan Malaka: sebagai tokoh revolusioner yang memperjuangkan kemerdekaan dan membangun kesadaran nasionalisme di kalangan rakyat.</p><p>Sutan Sjahrir: sebagai tokoh politik yang berperan dalam menyusun dasar negara Indonesia dan memperjuangkan diplomasi untuk pengakuan internasional atas kemerdekaan Indonesia.</p><p>KH. Hasyim Asy'ari: sebagai tokoh agama dan pemimpin Nahdlatul Ulama (NU) yang mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia dan memperkuat kesatuan nasional.</p><p>Moh. Natsir: sebagai tokoh politik dan intelektual yang aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kesatuan NKRI.</p><p>Fatmawati: sebagai istri Soekarno yang ikut mendukung perjuangan kemerdekaan dan menjaga semangat nasionalisme.</p><p>Tanah Air Beta: sebagai lagu kebangsaan yang memperkuat semangat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan NKRI.</p>

Beberapa tokoh yang turut berkontribusi dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) antara lain:

Soekarno: sebagai Proklamator Kemerdekaan Indonesia yang gigih memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan.

Mohammad Hatta: sebagai Wakil Presiden pertama Indonesia yang ikut aktif dalam perjuangan kemerdekaan dan pembentukan negara.

Jenderal Soedirman: sebagai Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memimpin perang gerilya melawan penjajah.

Jenderal Sudirman: sebagai tokoh militer yang memimpin perlawanan terhadap agresi militer Belanda dan mendukung keberadaan NKRI.

Tan Malaka: sebagai tokoh revolusioner yang memperjuangkan kemerdekaan dan membangun kesadaran nasionalisme di kalangan rakyat.

Sutan Sjahrir: sebagai tokoh politik yang berperan dalam menyusun dasar negara Indonesia dan memperjuangkan diplomasi untuk pengakuan internasional atas kemerdekaan Indonesia.

KH. Hasyim Asy'ari: sebagai tokoh agama dan pemimpin Nahdlatul Ulama (NU) yang mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia dan memperkuat kesatuan nasional.

Moh. Natsir: sebagai tokoh politik dan intelektual yang aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kesatuan NKRI.

Fatmawati: sebagai istri Soekarno yang ikut mendukung perjuangan kemerdekaan dan menjaga semangat nasionalisme.

Tanah Air Beta: sebagai lagu kebangsaan yang memperkuat semangat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan NKRI.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi