Era E

14 Februari 2024 14:20

Iklan

Iklan

Era E

14 Februari 2024 14:20

Pertanyaan

sebutkan program kerja kabinet Wilopo

sebutkan program kerja kabinet Wilopo


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 00:13

Jawaban terverifikasi

<p>Kabinet Wilopo adalah kabinet yang menjabat pada periode 1952-1953 di Indonesia, dipimpin oleh Perdana Menteri Wilopo. Beberapa program kerja kabinet ini mencakup:</p><p><strong>Pemulihan Ekonomi:</strong> Kabinet Wilopo berfokus pada pemulihan ekonomi pasca-perang dan pasca-konflik di Indonesia. Upaya dilakukan untuk meningkatkan produksi dan memulihkan kestabilan ekonomi.</p><p><strong>Reformasi Agraria:</strong> Kabinet ini memiliki program reformasi agraria untuk memperbaiki struktur kepemilikan tanah dan memastikan pemerataan tanah, meskipun implementasinya terbatas.</p><p><strong>Perbaikan Kesejahteraan Buruh:</strong> Kabinet Wilopo mencoba meningkatkan kondisi dan kesejahteraan buruh dengan mengeluarkan kebijakan yang mendukung hak-hak pekerja, termasuk pengaturan jam kerja dan upah minimum.</p><p><strong>Peningkatan Pendidikan:</strong> Kabinet ini berusaha meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membuka sekolah-sekolah baru dan meningkatkan anggaran pendidikan.</p><p><strong>Hubungan Luar Negeri:</strong> Diplomasi kabinet ini terfokus pada memperkuat hubungan luar negeri, terutama dalam konteks Perang Dingin yang sedang berlangsung, serta mempertahankan kedaulatan Indonesia.</p><p><strong>Penanggulangan Krisis Politik:</strong> Kabinet Wilopo berhadapan dengan beberapa krisis politik, termasuk pemberontakan Darul Islam, dan berusaha menanggulanginya untuk mempertahankan stabilitas nasional.</p>

Kabinet Wilopo adalah kabinet yang menjabat pada periode 1952-1953 di Indonesia, dipimpin oleh Perdana Menteri Wilopo. Beberapa program kerja kabinet ini mencakup:

Pemulihan Ekonomi: Kabinet Wilopo berfokus pada pemulihan ekonomi pasca-perang dan pasca-konflik di Indonesia. Upaya dilakukan untuk meningkatkan produksi dan memulihkan kestabilan ekonomi.

Reformasi Agraria: Kabinet ini memiliki program reformasi agraria untuk memperbaiki struktur kepemilikan tanah dan memastikan pemerataan tanah, meskipun implementasinya terbatas.

Perbaikan Kesejahteraan Buruh: Kabinet Wilopo mencoba meningkatkan kondisi dan kesejahteraan buruh dengan mengeluarkan kebijakan yang mendukung hak-hak pekerja, termasuk pengaturan jam kerja dan upah minimum.

Peningkatan Pendidikan: Kabinet ini berusaha meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membuka sekolah-sekolah baru dan meningkatkan anggaran pendidikan.

Hubungan Luar Negeri: Diplomasi kabinet ini terfokus pada memperkuat hubungan luar negeri, terutama dalam konteks Perang Dingin yang sedang berlangsung, serta mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Penanggulangan Krisis Politik: Kabinet Wilopo berhadapan dengan beberapa krisis politik, termasuk pemberontakan Darul Islam, dan berusaha menanggulanginya untuk mempertahankan stabilitas nasional.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

15 Februari 2024 08:15

Jawaban terverifikasi

<p>Program Kerja Kabinet Wilopo</p><p>Kabinet Wilopo merumuskan enam program kerja. Program kerja yang diusung tidak jauh berbeda dengan program kerja pada kabinet sebelumnya. Berikut adalah program kerja dalam negeri Kabinet Wilopo :</p><ul><li>&nbsp;Menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih Dewan Konstituante, DPR dan DPRD</li><li>Meningkatkan kemakmuran rakyat</li><li>Meningkatkan pendidikan rakyat</li><li>Pemulihan stabilitas keamanan rakyat</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Program kerja luar negeri Kabinet Wilopo meliputi :</p><ul><li>&nbsp;Penyelesaian masalah hubungan Indonesia-Belanda</li><li>Pengembalian Irian Barat ke pangkuan Indonesia</li><li>Menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif</li></ul>

Program Kerja Kabinet Wilopo

Kabinet Wilopo merumuskan enam program kerja. Program kerja yang diusung tidak jauh berbeda dengan program kerja pada kabinet sebelumnya. Berikut adalah program kerja dalam negeri Kabinet Wilopo :

  •  Menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih Dewan Konstituante, DPR dan DPRD
  • Meningkatkan kemakmuran rakyat
  • Meningkatkan pendidikan rakyat
  • Pemulihan stabilitas keamanan rakyat

 

Program kerja luar negeri Kabinet Wilopo meliputi :

  •  Penyelesaian masalah hubungan Indonesia-Belanda
  • Pengembalian Irian Barat ke pangkuan Indonesia
  • Menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong dong 1,19 ÷ 100 = berapa ya?

8

5.0

Jawaban terverifikasi