Minatun F

16 Juli 2020 11:09

Iklan

Iklan

Minatun F

16 Juli 2020 11:09

Pertanyaan

Sebutkan peristiwa pemberontakan yang dilator belakangi karena ingin mempertahankan negara federasi Indonesia Serikat! Kemukakan bagaimana pendapatmu!


22

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Fauzia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

23 Januari 2022 02:30

Jawaban terverifikasi

Hai Minatun F, kakak bantu jawab ya. Peristiwa pemberontakan yang dilatar belakangi karena ingin mempertahankan negara federasi Indonesia Serikat adalah pemberontakan APRA, Andi Aziz dan RMS. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. 1. Pemberontakan APRA Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) didasari kepercayaan masyarakat tentang datangnya seorang Ratu Adil sesuai Ramalan Jayabaya, Raja Kediri. Ratu Adil merupakan pemimpin yang dianggap dapat menghadirkan suasana aman, tenteram, serta memerintah dengan adil dan bijaksana. Kepercayaan masyarakat ini dimanfaatkan dengan baik oleh Kapten Reymond Pierre Westerling dengan membentuk gerakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA). Latar belakang timbulnya pemberontakan APRA di Bandung pada 23 Januari 1950 adalah mulai dibubarkannya negara bagian bentukan Belanda di Republik Indonesia Serikat (RIS) yang bergabung kembali ke Republik Indonesia. 2. Andi Aziz Pada 5 April 1950, terjadi Pemberontakan Andi Azis di Makassar. Pemberontakan ini dipimpin oleh Kapten Andi Azis, seorang mantan perwira tentara Hindia Belanda, KNIL (Koninklijk Nederlands Indisch Leger). Andi Azis dan anggotanya sudah menggabungkan diri ke dalam Angkatan perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) pada upacara resmi di depan Letkol AJ Mokoginta, Ketua Komisi Militer dan Teritorital Indonesia Timur. Peristiwa Andi Azis adalah upaya pemberontakan yang dilakukan oleh Andi Azis, seorang mantan perwira KNIL, yang berusaha untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesia Timur dan enggan kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3. RMS (Republik maluku Selatan) Pemberontakan RMS ini dipimpin oleh mantan Jaksa Agung Negara Indonesia Timur (NIT), Soumokil. Tujuan dari pemberontakan RMS sendiri adalah untuk melepaskan wilayah Maluku dari NKRI. Semoga membantu yaa :))


Iklan

Iklan

Alif R

16 November 2020 22:11

RMS (REPUBLIK MALUKU SERIKAT) latar belakangnya karena ingin memsisahkan diri dari indonesia dan mempertahankan negara federasi belanda. pendapat saya, seharusnya pencetus RMS tau bahwa terbentuknya RMS dapat merugikan Rakyat maluku itu sendiri. karena mereka masih dalam jajahan belanda.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu ketentuan yang terkandung dalam Agrarische Wet 1870 adalah pemegang salah satu hak diwajibkan membayar sewa maksimum 5 gulden pertahun yang mulai dibayarkan pada tahun ke-6. Hak yang dimaksud adalah (A) Hak sewa (B) Hak erfpacht (C) Hak eigendom (D) Hak konsesi (E) Hak domein

9

0.0

Jawaban terverifikasi