Nino N

25 Februari 2024 13:01

Iklan

Iklan

Nino N

25 Februari 2024 13:01

Pertanyaan

sebutkan peristiwa konflik faktor penyebab dan akibat yg di timbulkannya

sebutkan peristiwa konflik faktor penyebab dan akibat yg di timbulkannya


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Anas A

25 Februari 2024 16:17

Jawaban terverifikasi

Pengertian Konflik : secara etimologis, kata konflik berasal dari Bahasa Latin yaitu “con” dan “figere”. Dimana kata “con” mempunyai arti bersama, sedangkan “figere” mempunyai arti memukul. Di dalam KBBI, entri “konflik” diartikan sebagai percekcokan, perselisihan, dan pertentangan. Sehingga bisa kota simpulkan bahwa konflik merupakan suatu kondisi ketika ada dua ataupun lebih pandangan, kepercayaan, keinginan, kepentingan, kebutuhan yang berbeda, nilai, tidak selaras, berseberangan, dan tidak sejalan Faktor Penyebab Konflik Di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab konflik, antara lain: 1. Perbedaan Individu 2. Perbedaan Latar Belakang Kebudayaan Sehingga Menciptakan Pribadi yang Berbeda 3. Perbedaan Kepentingan Antara Individu dan Kelompok Jenis-Jenis Konflik Berikut ini adalah beberapa jenis konflik yang biasa kita temukan di dalam kehidupan bermasyarakat. 1. Konflik Pribadi 2. Konflik Agama 3. Konflik Rasial Konflik rasial adalah jenis konflik yang terjadi antara ras yang berbeda 4. Konflik Antar Kelas Sosial Penyebab Konflik Konflik dapat terjadi karena adanya suatu penyebab. Sehingga akan menimbulkan suatu konflik. Adapun beberapa penyebab konflik secara menyeluruh diantaranya: -Perbedaan individu -Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok -Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat Dampak konflik sosial yang ditemukan dalam penelitian ini ada lima yaitu : 1) bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok, 2) hancurnya kesatuan kelompok, 3) perubahan dalam diri individu, 4) hancurnya nilai-nilai dan norma sosial, dan 5) hilangnya harta benda dan korban manusia. Semoga membantu......


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

16 Maret 2024 01:06

Jawaban terverifikasi

<p>Terdapat banyak peristiwa konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia dengan faktor penyebab dan akibat yang beragam. Berikut beberapa contoh peristiwa konflik beserta faktor penyebab dan akibat yang dihasilkannya:</p><p><strong>Perang Dunia I (1914-1918)</strong>:</p><ul><li>Faktor Penyebab: Penyebab utama termasuk sistem aliansi yang rumit antara negara-negara Eropa, persaingan imperialisme, nasionalisme yang meningkat, dan ketegangan di wilayah Balkan.</li><li>Akibat: Perang Dunia I mengakibatkan jutaan kematian, kerusakan infrastruktur yang besar, runtuhnya kekaisaran-kekaisaran besar, dan pembentukan Perjanjian Versailles yang menyebabkan ketegangan dan ketidakpuasan di antara negara-negara yang kalah.</li></ul><p><strong>Konflik di Timur Tengah (abad ke-20 dan ke-21)</strong>:</p><ul><li>Faktor Penyebab: Faktor-faktor utama termasuk sengketa wilayah, ketegangan antara kelompok etnis dan agama, konflik ideologi, dan intervensi asing.</li><li>Akibat: Konflik di Timur Tengah telah mengakibatkan jutaan korban jiwa, pengungsi, kehancuran infrastruktur, instabilitas politik, dan pergeseran kekuasaan di kawasan tersebut.</li></ul><p><strong>Genosida Rwanda (1994)</strong>:</p><ul><li>Faktor Penyebab: Persaingan sejarah antara kelompok etnis Hutu dan Tutsi, ketidakstabilan politik, propaganda anti-Tutsi yang dipicu oleh pemerintah, dan ketegangan ekonomi.</li><li>Akibat: Genosida Rwanda mengakibatkan pembunuhan massal sekitar 800.000 hingga 1 juta orang Tutsi dan Hutu moderat, penghancuran desa-desa, pengungsi massal, dan trauma psikologis yang berkepanjangan bagi seluruh masyarakat Rwanda.</li></ul><p><strong>Perang di Suriah (2011-sekarang)</strong>:</p><ul><li>Faktor Penyebab: Penyebab utama termasuk pemberontakan terhadap rezim pemerintah, ketidakpuasan terhadap ketidakadilan sosial dan politik, campur tangan asing, dan persaingan antara kelompok etnis dan agama.</li><li>Akibat: Perang di Suriah telah menyebabkan lebih dari 500.000 kematian, jutaan pengungsi dan internally displaced person (IDP), kehancuran infrastruktur, dan polarisasi politik serta masyarakat yang dalam.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Terdapat banyak peristiwa konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia dengan faktor penyebab dan akibat yang beragam. Berikut beberapa contoh peristiwa konflik beserta faktor penyebab dan akibat yang dihasilkannya:

Perang Dunia I (1914-1918):

  • Faktor Penyebab: Penyebab utama termasuk sistem aliansi yang rumit antara negara-negara Eropa, persaingan imperialisme, nasionalisme yang meningkat, dan ketegangan di wilayah Balkan.
  • Akibat: Perang Dunia I mengakibatkan jutaan kematian, kerusakan infrastruktur yang besar, runtuhnya kekaisaran-kekaisaran besar, dan pembentukan Perjanjian Versailles yang menyebabkan ketegangan dan ketidakpuasan di antara negara-negara yang kalah.

Konflik di Timur Tengah (abad ke-20 dan ke-21):

  • Faktor Penyebab: Faktor-faktor utama termasuk sengketa wilayah, ketegangan antara kelompok etnis dan agama, konflik ideologi, dan intervensi asing.
  • Akibat: Konflik di Timur Tengah telah mengakibatkan jutaan korban jiwa, pengungsi, kehancuran infrastruktur, instabilitas politik, dan pergeseran kekuasaan di kawasan tersebut.

Genosida Rwanda (1994):

  • Faktor Penyebab: Persaingan sejarah antara kelompok etnis Hutu dan Tutsi, ketidakstabilan politik, propaganda anti-Tutsi yang dipicu oleh pemerintah, dan ketegangan ekonomi.
  • Akibat: Genosida Rwanda mengakibatkan pembunuhan massal sekitar 800.000 hingga 1 juta orang Tutsi dan Hutu moderat, penghancuran desa-desa, pengungsi massal, dan trauma psikologis yang berkepanjangan bagi seluruh masyarakat Rwanda.

Perang di Suriah (2011-sekarang):

  • Faktor Penyebab: Penyebab utama termasuk pemberontakan terhadap rezim pemerintah, ketidakpuasan terhadap ketidakadilan sosial dan politik, campur tangan asing, dan persaingan antara kelompok etnis dan agama.
  • Akibat: Perang di Suriah telah menyebabkan lebih dari 500.000 kematian, jutaan pengungsi dan internally displaced person (IDP), kehancuran infrastruktur, dan polarisasi politik serta masyarakat yang dalam.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada rangkaian listrik arus bolak balik, keadaan resonansi terjadi jika nilai impedansi rangkaian sama dengan nilai hambatan murninya. SEBAB Pada keadaan resonansi, nilai reaktansi induktif sama besarnya dengan nilai reaktansi kapasitif. Kedua pernyataan di atas A. benar dan berhubungan B. benar tetapi tidak berhubungan C. hanya satu yang benar D. tidak benar

0

5.0

Jawaban terverifikasi