Riyan D

13 Mei 2024 11:33

Iklan

Iklan

Riyan D

13 Mei 2024 11:33

Pertanyaan

Sebutkan peran ASEAN dalam konflik Ambalat

Sebutkan peran ASEAN dalam konflik Ambalat


11

1


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 12:57

<p>Konflik Ambalat merupakan sengketa wilayah maritim antara Indonesia dan Malaysia yang berpusat di sekitar perairan Ambalat di Laut Sulawesi. Meskipun ASEAN tidak secara langsung terlibat dalam penyelesaian sengketa ini, peran ASEAN dalam konflik Ambalat dapat diidentifikasi sebagai berikut:</p><p>1. Mendorong Dialog Damai: ASEAN mendorong dialog damai antara Indonesia dan Malaysia untuk menyelesaikan sengketa Ambalat secara diplomatis. Organisasi ini mempromosikan prinsip-prinsip dialog, konsultasi, dan penyelesaian berbasis hukum internasional.</p><p>2. Menggunakan Mekanisme ASEAN: Indonesia dan Malaysia dapat menggunakan mekanisme ASEAN, seperti pertemuan tingkat menteri atau forum-forum regional, untuk membahas sengketa Ambalat secara konstruktif dan mencari solusi yang saling menguntungkan.</p><p>3. Mendukung Pembangunan Kepatuhan Hukum: ASEAN mempromosikan prinsip-prinsip kepatuhan hukum internasional, termasuk Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS), yang dapat menjadi dasar hukum bagi penyelesaian sengketa maritim seperti Ambalat.</p><p>4. Menggalang Dukungan Internasional: ASEAN dapat membantu Indonesia dan Malaysia menggalang dukungan internasional untuk penyelesaian sengketa Ambalat yang adil dan berkelanjutan. Dukungan dari negara-negara anggota ASEAN dan mitra dialog regional dapat memperkuat posisi kedua negara dalam penyelesaian sengketa.</p><p>Meskipun ASEAN memiliki peran penting dalam mendorong dialog dan kerjasama antara Indonesia dan Malaysia dalam penyelesaian konflik Ambalat, penyelesaian akhir sengketa ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab kedua negara yang terlibat.</p>

Konflik Ambalat merupakan sengketa wilayah maritim antara Indonesia dan Malaysia yang berpusat di sekitar perairan Ambalat di Laut Sulawesi. Meskipun ASEAN tidak secara langsung terlibat dalam penyelesaian sengketa ini, peran ASEAN dalam konflik Ambalat dapat diidentifikasi sebagai berikut:

1. Mendorong Dialog Damai: ASEAN mendorong dialog damai antara Indonesia dan Malaysia untuk menyelesaikan sengketa Ambalat secara diplomatis. Organisasi ini mempromosikan prinsip-prinsip dialog, konsultasi, dan penyelesaian berbasis hukum internasional.

2. Menggunakan Mekanisme ASEAN: Indonesia dan Malaysia dapat menggunakan mekanisme ASEAN, seperti pertemuan tingkat menteri atau forum-forum regional, untuk membahas sengketa Ambalat secara konstruktif dan mencari solusi yang saling menguntungkan.

3. Mendukung Pembangunan Kepatuhan Hukum: ASEAN mempromosikan prinsip-prinsip kepatuhan hukum internasional, termasuk Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS), yang dapat menjadi dasar hukum bagi penyelesaian sengketa maritim seperti Ambalat.

4. Menggalang Dukungan Internasional: ASEAN dapat membantu Indonesia dan Malaysia menggalang dukungan internasional untuk penyelesaian sengketa Ambalat yang adil dan berkelanjutan. Dukungan dari negara-negara anggota ASEAN dan mitra dialog regional dapat memperkuat posisi kedua negara dalam penyelesaian sengketa.

Meskipun ASEAN memiliki peran penting dalam mendorong dialog dan kerjasama antara Indonesia dan Malaysia dalam penyelesaian konflik Ambalat, penyelesaian akhir sengketa ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab kedua negara yang terlibat.


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi permintaan merupakan jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen dalam kurun waktu tertentu. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi jumlah permintaan adalah harga, karena harga merupakan satuan hitung. Sehingga bunyi hukum permintaan “Jika Harga Naik Maka Permintaan Turun, Jika Harga Turun Maka Permintaan Naik dalam keadaan Cateris Paribus”. Jelaskan mengapa bunyi hukum permintaan berbanding terbalik? Menurut anda apakah bunyi permintaan saat ini masih berlaku atau tidak? Berikan contohnya!

0

0.0

Jawaban terverifikasi