Fauzia R

20 Maret 2020 10:26

Pertanyaan

Sebutkan pengaruh kerja paksa ( Rodi ) yang dilaksanakan oleh Herman Willem Daendels bagi bangsa Indonesia , dan jelaskan alasannya.


55

2

Jawaban terverifikasi

O. Abdurrohman

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

06 Januari 2022 22:47

Jawaban terverifikasi

Hai FauziahR, kakak bantu jawab ya. Pengaruh kerja paksa pada masa pemerintahan Daendels diantaranya ialah terjadi kelaparan, banyak korban jiwa dan muncul kabencian rakyat yang mengakibatkan pemerintahan Daendels diberhentikan dan digantikan oleh Jan Willem Janssen. Hal itu terjadi karena Daendels memerintah dengan keras, tanpa menggaji atau pun memberi makanan para pekerja rodi. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Dalam membangun Jalan Raya Pos Anyer Panarukan, Daendels pada awalnya memberlakukan kerja upah. Namun setelah Daendels kehabisan dana untuk membangun jalan, Daendels mulai menerapkan kerja paksa atau kerja rodi. Daendels, memaksa kepada para penguasa lokal untuk mengirimkan para pekerjanya dan bekerja di bawah paksaan tanpa diupah dan diberi makan. Hal itu mengakibatkan banyak pekerja dan rakyat yang mengalami kelaparan dan kematian karena tidak mendapatkan penghasilan atau pun makanan selama kerja paksa. Dengan kekejaman dan kediktatoran tersebut, mengakibatkan munculnya kebencian rakyat Indonesia baik di kalangan rakyat maupun penguasa lokal. Akibatnya, pemerintahan Daendels dihentikan oleh Louis Napoleon dan digantikan dengan pemerintahan Jan Willem Janssen pada 1811. Semoga membantu yaa....


Iklan

Fadila H

21 Maret 2020 14:47

Menderitanya para pekerja paksa karena menguras energi dan tidak memperoleh penghasilan yg layak, tidak diperhatikan asupan makanannya, dan melakukan pekerjaan diluar batas batas kemanusiaan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Tanggal berapa kemerdekaan Perancis

7

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan