Putri A

16 Januari 2020 06:04

Iklan

Iklan

Putri A

16 Januari 2020 06:04

Pertanyaan

sebutkan penemu sel beserta teori dan isinya


3

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Milada

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

24 Desember 2021 04:18

Jawaban terverifikasi

Halo Putri, kakak bantu jawab ya :) Penemu sel yaitu Robert Hooke tahun 1665 yang mencoba melihat struktur sel pada sayatan gabus pada batang suatu tanaman di bawah mikroskop. Berdasarkan hasil pengamatannya itu, dia kemudian menemukan adanya banyak ruang kosong, ruang kosong ini diberi nama sel oleh Robert Hooke. Mari kita bahas! Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. Disebut unit terkecil karena tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang dapat berdiri sendiri. Sel dapat melakukan proses kehidupan seperti melakukan respirasi, perombakan, penyusunan, reproduksi melalui pembelahan sel, dan peka terhadap rangsangan. Pada perkembangannya sel awal mula ditemukan oleh ilmuwan berikut ini: 1. Robert Hooke (1665 - 1703), ilmuwan ini adalah orang yang pertama kali mengamati sel pada tahun 1665. Robert Hooke mengamati sebuah sayatan gabus dari batang tanaman 𝘘𝘢𝘦𝘳𝘀𝘢𝘴 𝘴𝘢𝘣𝘦𝘳 menggunakan mikroskop rancangannya. Berdasarkan hasil pengamatannya itu, dia kemudian menemukan adanya banyak ruang kosong, dengan dinding tebal sebagai pembatasnya. Ruang-ruang kosong yang ditemukan oleh Hooke ini, kemudian ia beri nama dengan istilah 𝘀𝘦𝘭𝘭𝘢𝘭𝘒𝘦 atau sel. Hasil kerja Hooke inilah yang kemudian membuka sejarah penemuan sel. 2. Mathias Schleiden (1804 – 1881) dan Theodor Schwann (1810 – 1882). Teori yang dikemukakan oleh Hooke kemudian dilanjutkan oleh Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Kedua ilmuwan ini mengamati sel-sel jaringan hewan dan tumbuhan. Schleiden mengadakan penelitian terhadap tumbuhan. Setelah mengamati tubuh tumbuhan, ia menemukan bahwa banyak sel yang ada pada tubuh tumbuhan. Akhirnya ia menyimpulkan bahwa satuan terkecil dari tumbuhan adalah sel. Schwann melakukan penelitian terhadap hewan. Ternyata dalam pengamatannya tersebut ia melihat bahwa tubuh hewan juga tersusun dari banyak sel. Selanjutnya ia menyimpulkan bahwa satuan terkecil dari tubuh hewan adalah sel. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Ayu L

16 Januari 2020 11:58

- Robert Hooke (1665) pertama kali mengamati sel gabus pada tumbuhan - Mathias Schleiden & Thomas Schwann (1839) menyimpulkan sel adalah unit terkecil


Atika T

25 April 2020 06:02

istilah sel pertama kali dikemukakan oleh Robert Hooke sekitar tahun 1700-an saat ia mengamati bagian bagian gabus dan bagian tumbuhan lain dengqn menggunakan mikroskop. itu yang dibuku aku.. maaf kalau salah ya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yg di maksud dengan proses fotosintesis pada tumbuhan

10

5.0

Jawaban terverifikasi