Ayudns K

12 Juni 2024 07:34

Iklan

Iklan

Ayudns K

12 Juni 2024 07:34

Pertanyaan

Sebutkan lapisan atmosfer secara berurutan!


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

13 Juni 2024 13:04

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut ini adalah beberapa kandungan gas terbesar di atmosfer.&nbsp;</p><p>🌷Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing memiliki peran penting. Ada lapisan <strong>troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.</strong></p><p>🌷Troposfer</p><p><strong>Lapisan</strong> troposfer adalah <strong>lapisan</strong> dasar yang paling dekat dengan Bumi.&nbsp;</p><p>🌷Stratosfer</p><p>Stratosfer merupakan <strong>lapisan atmosfer</strong> yang bersuhu dingin dan hanya ditempati oleh ozon.&nbsp;</p><p>🌷Mesosfer</p><p>Mesosfer adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi.</p><p>🌷Termosfer</p><p>Termosfer (thermosphere) adalah lapisan atmosfer bumi yang berada persis di atas mesosfer dan di bawah eksosfer. Dalam lapisan ini, radiasi ultraviolet (UV) menyebabkan ionisasi.</p><p>🌷Eksosfer</p><p>Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang berada pada 500 km hingga 1.000 km diatas permukaan bumi. Pada lapisan ini udara sudah sangat langka dan gravitasi bumi mulai mengecil. Diatas eksosfer sudah berada di ruang antarplanet atau ruang angkasa.</p>

Berikut ini adalah beberapa kandungan gas terbesar di atmosfer. 

🌷Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing memiliki peran penting. Ada lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

🌷Troposfer

Lapisan troposfer adalah lapisan dasar yang paling dekat dengan Bumi. 

🌷Stratosfer

Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang bersuhu dingin dan hanya ditempati oleh ozon. 

🌷Mesosfer

Mesosfer adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi.

🌷Termosfer

Termosfer (thermosphere) adalah lapisan atmosfer bumi yang berada persis di atas mesosfer dan di bawah eksosfer. Dalam lapisan ini, radiasi ultraviolet (UV) menyebabkan ionisasi.

🌷Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang berada pada 500 km hingga 1.000 km diatas permukaan bumi. Pada lapisan ini udara sudah sangat langka dan gravitasi bumi mulai mengecil. Diatas eksosfer sudah berada di ruang antarplanet atau ruang angkasa.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:00

Jawaban terverifikasi

<p>Lapisan-lapisan atmosfer secara berurutan dari yang terdekat dengan permukaan bumi adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Troposfer</strong>: Lapisan paling dekat dengan permukaan bumi yang memiliki ketebalan sekitar 8-15 kilometer di khatulistiwa. Di dalam troposfer, suhu umumnya menurun seiring dengan ketinggian.</p><p><strong>Stratosfer</strong>: Lapisan di atas troposfer yang berada antara 15-50 kilometer di atas permukaan bumi. Pada stratosfer, terdapat ozonosfer yang mengandung lapisan ozon yang penting untuk menyerap radiasi ultraviolet dari matahari.</p><p><strong>Mesosfer</strong>: Lapisan atmosfer yang terletak di atas stratosfer, dengan ketinggian sekitar 50-80 kilometer. Mesosfer adalah tempat terjadinya meteor di atmosfer.</p><p><strong>Termosfer</strong>: Juga dikenal sebagai ionosfer, lapisan ini terletak di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80-550 kilometer. Termosfer memiliki suhu yang sangat tinggi namun jarang terasa panas karena ketiadaan molekul gas yang cukup untuk menghantarkan panas.</p><p><strong>Eksofer</strong>: Lapisan atmosfer paling luar yang merupakan batas terluar atmosfer bumi, tetapi tidak ada batas pasti yang jelas. Ini adalah tempat di mana atmosfer bumi bertemu dengan ruang angkasa.</p>

Lapisan-lapisan atmosfer secara berurutan dari yang terdekat dengan permukaan bumi adalah sebagai berikut:

Troposfer: Lapisan paling dekat dengan permukaan bumi yang memiliki ketebalan sekitar 8-15 kilometer di khatulistiwa. Di dalam troposfer, suhu umumnya menurun seiring dengan ketinggian.

Stratosfer: Lapisan di atas troposfer yang berada antara 15-50 kilometer di atas permukaan bumi. Pada stratosfer, terdapat ozonosfer yang mengandung lapisan ozon yang penting untuk menyerap radiasi ultraviolet dari matahari.

Mesosfer: Lapisan atmosfer yang terletak di atas stratosfer, dengan ketinggian sekitar 50-80 kilometer. Mesosfer adalah tempat terjadinya meteor di atmosfer.

Termosfer: Juga dikenal sebagai ionosfer, lapisan ini terletak di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80-550 kilometer. Termosfer memiliki suhu yang sangat tinggi namun jarang terasa panas karena ketiadaan molekul gas yang cukup untuk menghantarkan panas.

Eksofer: Lapisan atmosfer paling luar yang merupakan batas terluar atmosfer bumi, tetapi tidak ada batas pasti yang jelas. Ini adalah tempat di mana atmosfer bumi bertemu dengan ruang angkasa.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana Posisi astronomis Indonesia dapat menjadi keuntungan strategis dalam geopolitik regional dan internasional

8

0.0

Jawaban terverifikasi