Nayla A

29 September 2023 00:28

Iklan

Nayla A

29 September 2023 00:28

Pertanyaan

sebutkan jenis jenis hewan afertebrata

sebutkan jenis jenis hewan afertebrata

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

10

:

24

:

28

Klaim

18

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

29 September 2023 00:40

Jawaban terverifikasi

<p>Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan avertebrata terbagi menjadi delapan filum, yaitu:</p><ul><li><strong>Porifera</strong></li><li><strong>Cnidaria</strong></li><li><strong>Platyhelminthes</strong></li><li><strong>Nematoda</strong></li><li><strong>Annelida</strong></li><li><strong>Mollusca</strong></li><li><strong>Arthropoda</strong></li><li><strong>Echinodermata</strong></li></ul><p>Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing filum hewan avertebrata:</p><p><strong>Porifera</strong></p><p>Porifera adalah hewan yang paling sederhana dan tidak memiliki jaringan tubuh. Hewan ini memiliki tubuh berpori yang berfungsi untuk menyaring makanan dari air. Contoh hewan porifera adalah spons.</p><p><strong>Cnidaria</strong></p><p>Cnidaria adalah hewan yang memiliki tentakel yang mengandung sel penyengat. Hewan ini hidup di air, baik di air tawar maupun air laut. Contoh hewan cnidaria adalah ubur-ubur, anemon laut, dan koral.</p><p><strong>Platyhelminthes</strong></p><p>Platyhelminthes adalah hewan yang bertubuh pipih. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang tidak sempurna. Contoh hewan platyhelminthes adalah cacing pipih, planaria, dan cacing pita.</p><p><strong>Nematoda</strong></p><p>Nematoda adalah hewan yang berbentuk silinder memanjang. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap. Contoh hewan nematoda adalah cacing kremi, cacing tambang, dan cacing gilik.</p><p><strong>Annelida</strong></p><p>Annelida adalah hewan yang memiliki tubuh bersegmen. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan annelida adalah cacing tanah, lintah, dan cacing palolo.</p><p><strong>Mollusca</strong></p><p>Mollusca adalah hewan yang memiliki cangkang. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan mollusca adalah siput, cumi-cumi, dan kerang.</p><p><strong>Arthropoda</strong></p><p>Arthropoda adalah hewan yang memiliki kerangka luar. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan arthropoda adalah serangga, laba-laba, dan kepiting.</p><p><strong>Echinodermata</strong></p><p>Echinodermata adalah hewan yang memiliki duri. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan echinodermata adalah bintang laut, landak laut, dan bulu babi.</p>

Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan avertebrata terbagi menjadi delapan filum, yaitu:

  • Porifera
  • Cnidaria
  • Platyhelminthes
  • Nematoda
  • Annelida
  • Mollusca
  • Arthropoda
  • Echinodermata

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing filum hewan avertebrata:

Porifera

Porifera adalah hewan yang paling sederhana dan tidak memiliki jaringan tubuh. Hewan ini memiliki tubuh berpori yang berfungsi untuk menyaring makanan dari air. Contoh hewan porifera adalah spons.

Cnidaria

Cnidaria adalah hewan yang memiliki tentakel yang mengandung sel penyengat. Hewan ini hidup di air, baik di air tawar maupun air laut. Contoh hewan cnidaria adalah ubur-ubur, anemon laut, dan koral.

Platyhelminthes

Platyhelminthes adalah hewan yang bertubuh pipih. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang tidak sempurna. Contoh hewan platyhelminthes adalah cacing pipih, planaria, dan cacing pita.

Nematoda

Nematoda adalah hewan yang berbentuk silinder memanjang. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap. Contoh hewan nematoda adalah cacing kremi, cacing tambang, dan cacing gilik.

Annelida

Annelida adalah hewan yang memiliki tubuh bersegmen. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan annelida adalah cacing tanah, lintah, dan cacing palolo.

Mollusca

Mollusca adalah hewan yang memiliki cangkang. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan mollusca adalah siput, cumi-cumi, dan kerang.

Arthropoda

Arthropoda adalah hewan yang memiliki kerangka luar. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan arthropoda adalah serangga, laba-laba, dan kepiting.

Echinodermata

Echinodermata adalah hewan yang memiliki duri. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan sistem saraf yang kompleks. Contoh hewan echinodermata adalah bintang laut, landak laut, dan bulu babi.


Iklan

Sumber W

Community

29 September 2023 00:52

Jawaban terverifikasi

<p>Ciri-ciri hewan averterbrata :</p><ol><li>Kerangka tubuh biasanya diluar tubuh (eksoskeleton)</li><li>Alat ekskresi averterbrata tingkat rendah belum ditemukan</li><li>Sistem syaraf hewan averterbrata masih sederhana dan belum punya pusat syaraf</li><li>Hewan &nbsp;averterbrata berkembangbiak secara generatif dan/atau vegetatif</li><li>Peredaran darah hewan &nbsp;averterbrata bersifat terbuka</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Hewan &nbsp;averterbrata dikelompokkan menjadi beberapa jenis :</p><ol><li>Pofifera (hewan Spons)</li><li>Cnidaria (Coelenterata)</li><li>Ctenophora (ubur-ubur)</li><li>Platyhelmintes (cacing pipih)</li><li>Nematoda (cacing gilik)</li><li>Annelida (Cacing gelang)</li><li>Molusca (Hewan bertubuh lunak)</li></ol>

Ciri-ciri hewan averterbrata :

  1. Kerangka tubuh biasanya diluar tubuh (eksoskeleton)
  2. Alat ekskresi averterbrata tingkat rendah belum ditemukan
  3. Sistem syaraf hewan averterbrata masih sederhana dan belum punya pusat syaraf
  4. Hewan  averterbrata berkembangbiak secara generatif dan/atau vegetatif
  5. Peredaran darah hewan  averterbrata bersifat terbuka

 

Hewan  averterbrata dikelompokkan menjadi beberapa jenis :

  1. Pofifera (hewan Spons)
  2. Cnidaria (Coelenterata)
  3. Ctenophora (ubur-ubur)
  4. Platyhelmintes (cacing pipih)
  5. Nematoda (cacing gilik)
  6. Annelida (Cacing gelang)
  7. Molusca (Hewan bertubuh lunak)

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan