Safira H

21 Agustus 2023 02:26

Iklan

Iklan

Safira H

21 Agustus 2023 02:26

Pertanyaan

sebutkan gerak dasar tari badaya rancaekek


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Budimaaann B

22 Agustus 2023 01:44

Jawaban terverifikasi

Tari Badaya Rancaekek adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Rancaekek, Jawa Barat, Indonesia. Gerakan dasar tari ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat petani di daerah tersebut. Beberapa gerakan dasar dalam tarian ini mencakup: 1. **Langkah Kuda**: Gerakan ini menggambarkan langkah kuda seperti gerakan kaki seekor kuda saat berjalan. Langkah ini sering digunakan dalam tarian sebagai cara untuk berpindah tempat. 2. **Langkah Melangkah**: Langkah ini menggambarkan gerakan kaki yang melangkah maju atau mundur. Biasanya digunakan untuk menunjukkan pergerakan para penari di atas panggung. 3. **Putaran**: Putaran atau gerakan berputar menggambarkan kegembiraan dan energi dalam tarian. Penari bisa melakukan putaran dengan berbagai cara, seperti berputar pada tempat atau bergerak sambil berputar. 4. **Gerakan Tangan dan Lengan Khas**: Gerakan tangan dan lengan dalam tari Badaya Rancaekek biasanya mencirikan aktivitas sehari-hari seperti menyiangi padi, menanam, atau memanen. Gerakan ini memberikan dimensi ekstra pada cerita yang diceritakan melalui tarian. Gerakan-gerakan ini diatur dan disusun sedemikian rupa dalam pola yang khas untuk menciptakan sebuah cerita atau narasi melalui gerakan tari. Tari Badaya Rancaekek merupakan salah satu cara bagi masyarakat Rancaekek untuk mempertahankan dan menghormati tradisi serta mengabadikan aspek budaya mereka.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 04:29

Jawaban terverifikasi

<p>Tari Badaya merupakan <strong>tari wayang putri yang berkarakter ladak dan bisa ditarikan secara tunggal maupun secara kelompok.</strong></p><p>Bedaya tersebut di istana <strong>sebagai tari upacara baik untuk penobatan raja maupun untuk ulang tahun penobatan raja</strong>.</p><p>Jumlah sembilan penari memang keharusan dari Tari Bedhaya Mintaraga. Jumlah penari tersebut memiliki alasan <strong>berkaitan dengan citra babahan hawa sanga yang merujuk pada sembilan lubang dalam diri manusia atau anatomi tubuh.</strong></p><p>Gerakan Tari Bedhaya<br><br>Pada tari tradisional ini, <strong>terdapat gerakan yang bernama kapang-kapang, yakni tangan penari berada di samping dan jari-jarinya ngiting</strong>. Para penari melakukan gerakan secara lembut dan gemulai.</p>

Tari Badaya merupakan tari wayang putri yang berkarakter ladak dan bisa ditarikan secara tunggal maupun secara kelompok.

Bedaya tersebut di istana sebagai tari upacara baik untuk penobatan raja maupun untuk ulang tahun penobatan raja.

Jumlah sembilan penari memang keharusan dari Tari Bedhaya Mintaraga. Jumlah penari tersebut memiliki alasan berkaitan dengan citra babahan hawa sanga yang merujuk pada sembilan lubang dalam diri manusia atau anatomi tubuh.

Gerakan Tari Bedhaya

Pada tari tradisional ini, terdapat gerakan yang bernama kapang-kapang, yakni tangan penari berada di samping dan jari-jarinya ngiting. Para penari melakukan gerakan secara lembut dan gemulai.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tari Saronde berasal dari ...

106

0.0

Jawaban terverifikasi