Evamardiana E

04 Oktober 2021 12:12

Iklan

Evamardiana E

04 Oktober 2021 12:12

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan tingkatan produk !

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

17

:

08

:

20

Klaim

5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Widya

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

08 Oktober 2021 04:01

Jawaban terverifikasi

Hallo Eva! Dalam dunia pemasaran, sebuah produk yang dapat berupa fisik atau jasa mempunyai 5 tingkatan produk berdasarkan klasifikasi nilai (kegunaan) terhadap pelanggan. Lima tingkatan produk terdiri dari: 1. Nilai Manfaat Inti (Core Benefit) Hal ini berkaitan dengan manfaat paling dasar dari produk/ jasa tersebut. Contohnya adalah restoran cepat saji, maka nilai manfaat intinya adalah memberikan makanan yang cepat tanpa lama menunggu. Contoh lainnya adalah mobil, Apa inti produknya adalah sebuah mobil ? Tentu BUKAN. Inti produk dari mobil adalah manfaatnya seperti kenyamanan dan kemudahan pergi ke tempat yang kamu suka kapan pun kamu mau. Manfaat inti lainnya adalah kecepatan karena kamu dapat berkeliling dengan relatif cepat. 2. Produk Dasar/ Umum (Basic Product) Produk dasar adalah komponen-komponen yang mendasari produk itu ada sehingga berfungsi seperti nilai inti manfaat. Contohnya adalah restoran cepat saji. Maka produk dasarnya adalah burger, ayam goreng, dll. 3. Produk Ekspetasi/ Harapan (Expected Product) Produk ekspetasi adalah komponen produk yang diharapkan ada ketika membeli suatu produk. Contohnya adalah ketika kita membeli produk di restoran cepat saji, mereka mengharapkan adanya WiFi, ruangan yang rapi, dan toilet yang bersih. 4. Nilai Tambahan Produk (Augmented Product) Nilai tambahan produk adalah nilai yang menjadikannya berbeda daripada kompetitor seperti pelayan dan garansi. Contohnya adalah garansi uang kembali jika produk yang disajikan oleh restoran cepat saji memakan waktu lebih dari 5 menit. 5. Produk Berpotensi (Potential Product) Produk berpotensi adalah semua komponen yang nantinya akan terus membuat konsumen merasa puas. Sehigga hal ini dapat diartikan sebagai improvisasi penjualan pada masa mendatang. Baik dari segi produk atau pun layanan. Contohnya adalah pada restoran cepat saji akan ada fasilitas kolam renang untuk para pengunjung atau ada fasilitas permainan anak. Sehingga dengan adanya perkembangan ini, restoran cepat saji akan terus membuat pelanggan menjadi nyaman dan merasa selalu terpuaskan. Semoga membantu ya


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor penghambat perdagangan internasional adalah ....

118

5.0

Jawaban terverifikasi