Salsabila S

30 September 2020 01:47

Iklan

Iklan

Salsabila S

30 September 2020 01:47

Pertanyaan

sebutkan dan jelaskan faktor faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan kepunahan pada suatu spesies mahluk hidup.dan solusi apakah yang dapat kita ambil untuk mengatasi hal tersebut


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Sondang

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

20 Maret 2022 07:49

Jawaban terverifikasi

Halo Adik, Kakak bantu jawab ya :) Faktor-faktor yang menyebabkan kepunahaan spesies yaitu pengaruh evolusi, kerusakan oleh manusia dan bencana alam. Solusi mengatasi kepunahan yaitu memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai perlindungan spesies langka, mendukung upaya pelestarian lingkungan, membuat konservasi alam serta menegakan UU terkait pelestarian lingkungan. Mari kita bahas yuk! Faktor-faktor yang menyebabkan kepunahan spesies yaitu : 1. Pengaruh evolusi Evolusi merupakan proses perubahan bentuk mahluk hidup dari bentuk sebelumnya dalam waktu yang lama. Apabila mahluk hidup tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan alam maka bisa dipastikan mahluk tersebut akan punah. 2. Kerusakan yang disebabkan oleh manusia Kerusakan oleh manusia terjadi untuk memenuhi kebutuhan kehidupan. Selain untuk pemenuhan kebutuhan hidup, manusia melakukan perusakan baik kepada flora dan fauna langka untuk keperluan koleksi atau hobi serta keuntungan pribadi. 3. Bencana alam Bencana alam dapat mempercepat kerusakan lingkungan serta mengancam kehidupan hewan dan tumbuhan. Misalnya punahnya dinasurus yang disebabkan mega tsunami oleh serangan meteor. Solusi untuk mengatasi kepunahan spesies yaitu : 1. Memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai perlindungan spesies-spesies langka 2. Mendukung upaya pelestarian lingkungan 3. Membuat koservasi alam 4. Menegakan UU mengenai perlindungan lingkungan hidup, pemburuan spesies-spesies langka Semoga menjawab ya :)


Iklan

Iklan

Tia C

03 Desember 2020 01:48

faktor-faktor nya adalah seleksi alam yang terjadi secara alami dan pemburuan liar dan pembukaan lahan/pembakaran hutan Yang dapat merusak habitat dari hewan2 tersebut, kemudian menyebabkan kelangkaan dan kempunahan bagi hewan2 tersebut....cara untuk mengatasi nya adalah dengan cara melakukan reboisasi, tebang pilih, tidak memburu secara liar (terutama hewan langka yang dilindungi) agar tidak terjadinya kepunahan akibat pemburuan dan perusakan ekosistem oleh manusia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud sistem reproduksi pada wanita?

1

0.0

Jawaban terverifikasi