This I

06 Maret 2024 12:14

Iklan

Iklan

This I

06 Maret 2024 12:14

Pertanyaan

Sebutkan ciri-ciri selaput pelangi atau iris!

Sebutkan ciri-ciri selaput pelangi atau iris!


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 07:01

Jawaban terverifikasi

<p>Selaput pelangi atau iris adalah bagian dari mata yang memiliki beberapa ciri-ciri khas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri selaput pelangi atau iris:</p><p><strong>Warna Variegata:</strong> Selaput pelangi biasanya memiliki warna yang beragam, sering kali mencakup berbagai nuansa seperti biru, coklat, hijau, atau abu-abu.</p><p><strong>Lubang Pupil:</strong> Pada tengah selaput pelangi terdapat lubang yang disebut pupil. Pupil ini dapat berkontraksi atau melebar untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.</p><p><strong>Garis-Garis Radial:</strong> Permukaan selaput pelangi sering memiliki garis-garis radial atau serat-serat halus yang berjalan dari bagian luar menuju pusat.</p><p><strong>Bentuk Bulat atau Oval:</strong> Iris memiliki bentuk yang umumnya bulat atau oval, tetapi ada variasi individual dalam bentuknya.</p><p><strong>Kemampuan Kontraksi:</strong> Iris memiliki kemampuan untuk berkontraksi dan melebar sebagai respons terhadap perubahan cahaya atau rangsangan.</p><p><strong>Proteksi Terhadap Radiasi:</strong> Selaput pelangi juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap radiasi sinar matahari yang berbahaya dengan mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.</p><p><strong>Pigmen Melanin:</strong> Warna pada iris dikontrol oleh pigmen melanin. Jumlah melanin dapat mempengaruhi warna mata, seperti biru, coklat, atau hijau.</p><p><strong>Unik pada Setiap Individu:</strong> Setiap individu memiliki pola unik pada selaput pelangi mereka, sehingga selaput pelangi sering digunakan dalam identifikasi personal, terutama dalam pengenalan wajah.</p>

Selaput pelangi atau iris adalah bagian dari mata yang memiliki beberapa ciri-ciri khas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri selaput pelangi atau iris:

Warna Variegata: Selaput pelangi biasanya memiliki warna yang beragam, sering kali mencakup berbagai nuansa seperti biru, coklat, hijau, atau abu-abu.

Lubang Pupil: Pada tengah selaput pelangi terdapat lubang yang disebut pupil. Pupil ini dapat berkontraksi atau melebar untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Garis-Garis Radial: Permukaan selaput pelangi sering memiliki garis-garis radial atau serat-serat halus yang berjalan dari bagian luar menuju pusat.

Bentuk Bulat atau Oval: Iris memiliki bentuk yang umumnya bulat atau oval, tetapi ada variasi individual dalam bentuknya.

Kemampuan Kontraksi: Iris memiliki kemampuan untuk berkontraksi dan melebar sebagai respons terhadap perubahan cahaya atau rangsangan.

Proteksi Terhadap Radiasi: Selaput pelangi juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap radiasi sinar matahari yang berbahaya dengan mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

Pigmen Melanin: Warna pada iris dikontrol oleh pigmen melanin. Jumlah melanin dapat mempengaruhi warna mata, seperti biru, coklat, atau hijau.

Unik pada Setiap Individu: Setiap individu memiliki pola unik pada selaput pelangi mereka, sehingga selaput pelangi sering digunakan dalam identifikasi personal, terutama dalam pengenalan wajah.


Iklan

Iklan

Albert A

07 Maret 2024 12:57

Jawaban terverifikasi

<p>iris terdiri dari dua lembar otot polos dengan tindakan berlawanan yaitu dilatasi (ekspansi) dan kontraksi.</p>

iris terdiri dari dua lembar otot polos dengan tindakan berlawanan yaitu dilatasi (ekspansi) dan kontraksi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Rencana pemerintah Indonesia untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah, menuai pro dan kontra di masyarakat. Hal ini dikarenakan istilah redenominasi langsung dikaitkan dengan sanering, yaitu pemotongan nilai tukar uang. Redenominasi sangat berbeda dengan sanering. Redenominasi adalah penyederhanaan sebutan atau satuan harga rupiah tersebut, tanpa mengurangi uang RP. 1000,00 setelah diredenominasi akan menjadi RP. 1,00. Sementara sanering adalah pemotongan nilai mata uang yang tidak diikuti oleh penyederhanaan nilai barang. Dengan demikian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat, karena kebijakan meredenominasi rupiah adalah kebijakan yang tepat dan harus dilakukan oleh pemerintah. Jenis paragraf apakah itu? Sebutkan kalimat utama dan ide pokoknya!

4

3.0

Jawaban terverifikasi