Josua C

05 September 2023 07:56

Iklan

Josua C

05 September 2023 07:56

Pertanyaan

sebutkan bunyi hukum Pascal

sebutkan bunyi hukum Pascal

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

15

:

43

:

46

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

05 September 2023 08:44

Jawaban terverifikasi

Hukum Pascal, yang dinamakan dari fisikawan Prancis Blaise Pascal, adalah prinsip dasar dalam ilmu fluida yang menyatakan bahwa "perubahan tekanan yang diterapkan pada fluida yang tidak bergerak akan menghasilkan perubahan tekanan yang sama di semua bagian fluida tersebut dan dalam semua arah." Ini dapat dirumuskan sebagai berikut: "Pada fluida dalam keadaan istirahat, perubahan tekanan yang diterapkan di satu titik dalam fluida akan diteruskan dengan sama ke semua arah dan ke semua bagian fluida." Dengan kata lain, jika Anda menambahkan atau mengurangkan tekanan pada fluida yang diam atau dalam keadaan istirahat, perubahan tekanan tersebut akan merambat secara merata melalui seluruh volume fluida. Prinsip ini memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, termasuk mekanika fluida, hidrolik, dan teknik mesin. Contoh penerapan hukum Pascal adalah dalam sistem hidrolik, di mana perubahan tekanan yang diterapkan pada satu ujung tabung dapat digunakan untuk menggerakkan piston di ujung lainnya. Prinsip ini juga penting dalam pemahaman bagaimana tekanan darah bekerja dalam tubuh manusia, di mana perubahan tekanan darah di satu bagian tubuh akan merambat ke seluruh sistem peredaran darah.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 09:36

Jawaban terverifikasi

<p>Bunyi Hukum Pascal menyatakan bahwa <strong>tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah sama besar</strong>. Contoh Penerapan; dongkrak hidrolik, rem hidrolik, mesin hidrolik pengangkat mobil, pompa sepeda hidrolik, dan mesin pengepres kapas (Kempa).</p><p>&nbsp;</p>

Bunyi Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah sama besar. Contoh Penerapan; dongkrak hidrolik, rem hidrolik, mesin hidrolik pengangkat mobil, pompa sepeda hidrolik, dan mesin pengepres kapas (Kempa).

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan