Josua C

05 September 2023 07:55

Iklan

Josua C

05 September 2023 07:55

Pertanyaan

sebutkan bunyi hukum hooke

sebutkan bunyi hukum hooke

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

15

:

45

:

25

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

05 September 2023 08:49

Jawaban terverifikasi

Hukum Hooke adalah hukum dasar dalam ilmu fisika yang menggambarkan hubungan antara gaya yang diberikan pada benda elastis dan perubahan panjang atau deformasi benda tersebut. Hukum Hooke ditemukan oleh fisikawan Inggris Robert Hooke pada abad ke-17. Hukum ini menyatakan bahwa "gaya yang diberikan pada suatu benda elastis (biasanya disebut sebagai pegas) berbanding lurus dengan perubahan panjang atau deformasi yang dihasilkan oleh gaya tersebut." Dalam rumus, Hukum Hooke dapat dirumuskan sebagai berikut: F = -kx Dalam rumus di atas: - F adalah gaya yang diberikan pada benda elastis (dalam satuan Newton, N). - k adalah konstanta pegas (konstanta elastisitas) yang merupakan karakteristik benda elastis tersebut. - x adalah perubahan panjang atau deformasi dari benda elastis (dalam satuan meter, m). Hukum Hooke berlaku selama deformasi benda elastis berada dalam batas elastisitasnya. Artinya, ketika gaya diberikan, benda elastis akan berubah bentuk, tetapi kembali ke bentuk semula ketika gaya tersebut dihapus. Namun, jika deformasi melebihi batas elastisitas, benda elastis dapat mengalami deformasi permanen. Hukum Hooke penting dalam berbagai aplikasi, seperti dalam perancangan peralatan mekanik, pengukuran elastisitas material, dan analisis struktur.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 09:41

Jawaban terverifikasi

<p>Bunyi dari hukum hooke adalah: โ€œ<strong>Jika gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas tidak melampaui batas elastis bahan maka pertambahan panjang pegas berbanding lurus atau sebanding dengan gaya tariknya</strong>โ€</p><p>Hukum Hooke :"Semakin besar gaya pegas yang diberikan, maka semakin panjang juga benda pegas tersebut." Dengan persamaan : <strong>๐น=๐‘˜</strong> .</p><p>Rumusan hukum hooke&nbsp;</p><p>Pertama kali diselidiki di abad 17 oleh seorang arsitek yang berasal dari Inggris bernama <strong>Robert Hooke</strong>. Pada saat itu, Hooke mengamati hubungan antara gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas dan pertambahan panjang dari pegas tersebut.</p>

Bunyi dari hukum hooke adalah: โ€œJika gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas tidak melampaui batas elastis bahan maka pertambahan panjang pegas berbanding lurus atau sebanding dengan gaya tariknyaโ€

Hukum Hooke :"Semakin besar gaya pegas yang diberikan, maka semakin panjang juga benda pegas tersebut." Dengan persamaan : ๐น=๐‘˜ .

Rumusan hukum hooke 

Pertama kali diselidiki di abad 17 oleh seorang arsitek yang berasal dari Inggris bernama Robert Hooke. Pada saat itu, Hooke mengamati hubungan antara gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas dan pertambahan panjang dari pegas tersebut.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan