Josua C

05 September 2023 07:56

Iklan

Josua C

05 September 2023 07:56

Pertanyaan

sebutkan bunyi hukum Boyle

sebutkan bunyi hukum Boyle

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

15

:

43

:

21

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

05 September 2023 08:47

Jawaban terverifikasi

Hukum Boyle, dinamai fisikawan Inggris Robert Boyle, adalah salah satu hukum dasar dalam ilmu fisika yang menggambarkan hubungan antara tekanan dan volume gas pada suhu tetap. Hukum ini menyatakan bahwa "pada suhu konstan untuk sejumlah gas tertentu, tekanan gas inversely proporsional terhadap volume gas." Ini dapat dirumuskan sebagai berikut: PV = k Dalam rumus di atas: - P adalah tekanan gas, - V adalah volume gas, - k adalah konstanta yang tetap jika suhu dan jumlah gas tetap. Jadi, jika tekanan gas meningkat, volume gas akan menurun, dan sebaliknya, jika tekanan gas menurun, volume gas akan meningkat, asalkan suhu dan jumlah gas tetap konstan. Hukum Boyle sangat penting dalam pemahaman perilaku gas dan digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam ilmu kimia, teknik, dan aplikasi teknologi seperti mesin-mesin yang menggunakan gas. Dalam kehidupan sehari-hari, hukum ini juga dapat diilustrasikan dengan contoh seperti pengisian ban sepeda atau ban mobil, di mana peningkatan tekanan udara dalam ban akan menyebabkan volume udara dalam ban berkurang.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 09:39

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Hukum Boyle</strong> berhubungan dengan volume dan tekanan gas alam di ruang tertutup. <strong>Hukum Boyle</strong> digunakan dalam kehidupan sehari-hari <strong>contohnya</strong> penggunaan cat pilox, obat nyamuk kaleng, dan hairspray. <strong>Contoh</strong> batang diatas memanfaatkan tekanan udara di ruang tertutup.</p><p>Hukum Boyle menyatakan bahwa <strong>dalam ruangan tertutup, volume sejumlah massa gas berubah berbanding terbalik dengan tekanan ketika suhunya konstan</strong>.</p><p>Penemu hukum Boyle&nbsp;</p><p><strong>Robert Boyle</strong> (1627 – 1691), ahli filsafat alam Inggris, salah seorang bapak kimia modern. Boyle terutama dikenal karena hukum Boyle, hukum fisika yang menjelaskan bagaimana hubungan tekanan dan volume.</p>

Hukum Boyle berhubungan dengan volume dan tekanan gas alam di ruang tertutup. Hukum Boyle digunakan dalam kehidupan sehari-hari contohnya penggunaan cat pilox, obat nyamuk kaleng, dan hairspray. Contoh batang diatas memanfaatkan tekanan udara di ruang tertutup.

Hukum Boyle menyatakan bahwa dalam ruangan tertutup, volume sejumlah massa gas berubah berbanding terbalik dengan tekanan ketika suhunya konstan.

Penemu hukum Boyle 

Robert Boyle (1627 – 1691), ahli filsafat alam Inggris, salah seorang bapak kimia modern. Boyle terutama dikenal karena hukum Boyle, hukum fisika yang menjelaskan bagaimana hubungan tekanan dan volume.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan