Keisya L

04 Juni 2024 07:00

Iklan

Iklan

Keisya L

04 Juni 2024 07:00

Pertanyaan

sebutkan bukti indonesia masuk kezaman aksara

sebutkan bukti indonesia masuk kezaman aksara


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Alfidhah A

04 Juni 2024 10:30

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia memiliki bukti sejarah yang menunjukkan bahwa wilayah ini telah masuk ke zaman aksara, yaitu zaman di mana masyarakat telah menggunakan sistem tulisan atau aksara untuk berkomunikasi dan mencatat informasi. Beberapa bukti Indonesia masuk ke zaman aksara antara lain:</p><p>1. Prasasti: Prasasti adalah prasasti batu atau tembaga yang berisi tulisan aksara kuno. Di Indonesia, terdapat banyak prasasti yang ditemukan dari berbagai zaman seperti Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Tugu, Prasasti Ciaruteun, dan Prasasti Sukabumi. Prasasti ini membuktikan penggunaan aksara pada masa lampau di wilayah Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Artefak Arkeologi: Artefak arkeologi seperti pecahan tembikar, perunggu, dan benda-benda kuno lainnya sering kali memiliki tanda-tanda aksara atau inskripsi yang menunjukkan adanya sistem tulisan pada masa lalu.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Naskah Kuno: Beberapa naskah kuno seperti naskah-naskah dalam bahasa Kawi, bahasa Jawa Kuno, atau bahasa Sanskerta yang ditemukan di Indonesia juga menjadi bukti penggunaan aksara pada zaman dahulu.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Struktur Sosial dan Keagamaan: Struktur sosial dan keagamaan pada masa lampau di Indonesia juga mencerminkan penggunaan aksara. Misalnya, relief-relief candi yang menggambarkan adegan kehidupan masyarakat pada masa itu sering kali disertai dengan tulisan aksara.</p><p>&nbsp;</p><p>Melalui berbagai bukti sejarah seperti prasasti, artefak arkeologi, naskah kuno, dan struktur sosial, kita dapat melihat bahwa Indonesia telah masuk ke zaman aksara di masa lampau, menunjukkan perkembangan budaya dan peradaban yang menggunakan sistem tulisan sebagai sarana komunikasi dan pencatatan informasi.</p>

Indonesia memiliki bukti sejarah yang menunjukkan bahwa wilayah ini telah masuk ke zaman aksara, yaitu zaman di mana masyarakat telah menggunakan sistem tulisan atau aksara untuk berkomunikasi dan mencatat informasi. Beberapa bukti Indonesia masuk ke zaman aksara antara lain:

1. Prasasti: Prasasti adalah prasasti batu atau tembaga yang berisi tulisan aksara kuno. Di Indonesia, terdapat banyak prasasti yang ditemukan dari berbagai zaman seperti Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Tugu, Prasasti Ciaruteun, dan Prasasti Sukabumi. Prasasti ini membuktikan penggunaan aksara pada masa lampau di wilayah Indonesia.

 

2. Artefak Arkeologi: Artefak arkeologi seperti pecahan tembikar, perunggu, dan benda-benda kuno lainnya sering kali memiliki tanda-tanda aksara atau inskripsi yang menunjukkan adanya sistem tulisan pada masa lalu.

 

3. Naskah Kuno: Beberapa naskah kuno seperti naskah-naskah dalam bahasa Kawi, bahasa Jawa Kuno, atau bahasa Sanskerta yang ditemukan di Indonesia juga menjadi bukti penggunaan aksara pada zaman dahulu.

 

4. Struktur Sosial dan Keagamaan: Struktur sosial dan keagamaan pada masa lampau di Indonesia juga mencerminkan penggunaan aksara. Misalnya, relief-relief candi yang menggambarkan adegan kehidupan masyarakat pada masa itu sering kali disertai dengan tulisan aksara.

 

Melalui berbagai bukti sejarah seperti prasasti, artefak arkeologi, naskah kuno, dan struktur sosial, kita dapat melihat bahwa Indonesia telah masuk ke zaman aksara di masa lampau, menunjukkan perkembangan budaya dan peradaban yang menggunakan sistem tulisan sebagai sarana komunikasi dan pencatatan informasi.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

05 Juni 2024 03:12

Jawaban terverifikasi

<p>Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pakar, bangsa Indonesia memasuki masa aksara atau sering disebut zaman sejarah sekitar abad ke-5 M (tahun 400 M), yaitu dengan ditemukannya tujuh buah prasasti yupa di tepi Sungai Mahakam, Kutai, Kalimantan Timur.</p><p>Sementara zaman sejarah di Indonesia dimulai pada sekitar abad ke-4 Masehi, ketika Kerajaan Kutai berdiri. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang keberadaannya diketahui dari bukti fisik berupa prasasti Yupa.</p><p><strong>Penemuan tujuh Prasasti Yupa</strong>Yupa pun menjadi bukti tertua bahwa masyarakat Indonesia sudah mengenal tulisan atau meninggalkan masa praaksara.</p><p>adanya beberapa kerajaan serta peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut membuktikan bahwa indonesia sudah pernah mengalami yang namanya masa aksara,, masa praaksara adalah masa dimana belum adanya tulisan ataupun catatan sejarah mengenai itu tetapi ada beberapa hal yang mendukung teori adanya masa praaksara seperti adanya artefak,, fosil,,&nbsp;</p><p>adanya kepercayaan dinamisme dan animisme di Indonesia juga menjadikan salah satu bahwa pada masa dahulu nenek moyang kita membenci dua agama tersebut,, masa aksara juga disebut sebagai zaman prasejarahan masa ini adalah masa dimana perkembangan mulai ada dari manusia purba hingga akhirnya menciptakan kerajaan-kerajaan kuno serta ada beberapa kesenian</p>

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pakar, bangsa Indonesia memasuki masa aksara atau sering disebut zaman sejarah sekitar abad ke-5 M (tahun 400 M), yaitu dengan ditemukannya tujuh buah prasasti yupa di tepi Sungai Mahakam, Kutai, Kalimantan Timur.

Sementara zaman sejarah di Indonesia dimulai pada sekitar abad ke-4 Masehi, ketika Kerajaan Kutai berdiri. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang keberadaannya diketahui dari bukti fisik berupa prasasti Yupa.

Penemuan tujuh Prasasti YupaYupa pun menjadi bukti tertua bahwa masyarakat Indonesia sudah mengenal tulisan atau meninggalkan masa praaksara.

adanya beberapa kerajaan serta peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut membuktikan bahwa indonesia sudah pernah mengalami yang namanya masa aksara,, masa praaksara adalah masa dimana belum adanya tulisan ataupun catatan sejarah mengenai itu tetapi ada beberapa hal yang mendukung teori adanya masa praaksara seperti adanya artefak,, fosil,, 

adanya kepercayaan dinamisme dan animisme di Indonesia juga menjadikan salah satu bahwa pada masa dahulu nenek moyang kita membenci dua agama tersebut,, masa aksara juga disebut sebagai zaman prasejarahan masa ini adalah masa dimana perkembangan mulai ada dari manusia purba hingga akhirnya menciptakan kerajaan-kerajaan kuno serta ada beberapa kesenian


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan merupakan unsur dari pendukung tari yaitu …. A. cantik atau tampan B. gerak C. busana D. ekspresi

0

0.0

Jawaban terverifikasi