LINTANG G

15 Februari 2024 07:54

Iklan

Iklan

LINTANG G

15 Februari 2024 07:54

Pertanyaan

Sebutkan bagian-bagian sel saraf (neuron) beserta fungsinya !

Sebutkan bagian-bagian sel saraf (neuron) beserta fungsinya !


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Suchi S

15 Februari 2024 15:40

Jawaban terverifikasi

<p>Sel saraf, atau neuron, terdiri dari beberapa bagian utama yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu:</p><ol><li><strong>Dendrit</strong>: Bagian sel saraf yang menerima sinyal-sinyal listrik dari sel-sel saraf atau sel-sel sensorik lainnya. Dendrit berperan dalam mentransmisikan sinyal-sinyal ini ke badan sel.</li><li><strong>Badan sel (soma</strong>): Bagian sel saraf yang mengandung inti sel dan sebagian besar organel sel. Soma berperan dalam mengintegrasikan sinyal-sinyal yang diterima dari dendrit dan mentransmisikannya ke ujung-ujung akson.</li><li><strong>Akson</strong>: Bagian sel saraf yang mengirimkan sinyal-sinyal listrik ke sel-sel lain. Akson umumnya dilapisi oleh mielin, yang membantu dalam transmisi sinyal-sinyal listrik dengan cepat.</li><li><strong>Ujung akson (terminal akson)</strong>: Bagian sel saraf yang berhubungan dengan sel-sel lain dan mengirimkan sinyal-sinyal listrik ke sel-sel tersebut melalui sinaps.</li></ol><p>Setiap bagian sel saraf memiliki peran penting dalam fungsi keseluruhan sistem saraf, yang meliputi penerimaan, integrasi, dan transmisi informasi di dalam tubuh.</p>

Sel saraf, atau neuron, terdiri dari beberapa bagian utama yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu:

  1. Dendrit: Bagian sel saraf yang menerima sinyal-sinyal listrik dari sel-sel saraf atau sel-sel sensorik lainnya. Dendrit berperan dalam mentransmisikan sinyal-sinyal ini ke badan sel.
  2. Badan sel (soma): Bagian sel saraf yang mengandung inti sel dan sebagian besar organel sel. Soma berperan dalam mengintegrasikan sinyal-sinyal yang diterima dari dendrit dan mentransmisikannya ke ujung-ujung akson.
  3. Akson: Bagian sel saraf yang mengirimkan sinyal-sinyal listrik ke sel-sel lain. Akson umumnya dilapisi oleh mielin, yang membantu dalam transmisi sinyal-sinyal listrik dengan cepat.
  4. Ujung akson (terminal akson): Bagian sel saraf yang berhubungan dengan sel-sel lain dan mengirimkan sinyal-sinyal listrik ke sel-sel tersebut melalui sinaps.

Setiap bagian sel saraf memiliki peran penting dalam fungsi keseluruhan sistem saraf, yang meliputi penerimaan, integrasi, dan transmisi informasi di dalam tubuh.


LINTANG G

18 Februari 2024 09:36

Terimakasih kasih

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa pada saat udara berawan, udara disekitar kita menjadi terasa panas dan garah?

0

5.0

Jawaban terverifikasi