Era E

27 September 2023 09:18

Iklan

Era E

27 September 2023 09:18

Pertanyaan

sebutkan bagian bagian saluran pernapasan pada manusia secara urut

sebutkan bagian bagian saluran pernapasan pada manusia secara urut

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

02

:

31

:

23

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

27 September 2023 09:21

Jawaban terverifikasi

Saluran pernapasan manusia terdiri dari beberapa bagian yang membantu dalam proses pernapasan. Berikut adalah bagian-bagian saluran pernapasan manusia secara berurut dari atas ke bawah: 1. **Hidung (Nasus)**: Udara pertama kali masuk melalui hidung. Di dalam hidung, udara disaring, dipanaskan, dan diletakkan sebelum masuk ke saluran pernapasan lebih dalam. 2. **Rongga Mulut (Mulut)**: Selain hidung, udara juga dapat masuk melalui rongga mulut. Ini adalah alternatif ketika hidung tidak cukup efisien untuk mengambil udara, atau saat kita bernafas melalui mulut. 3. **Tenggorokan (Laring)**: Setelah melewati hidung atau mulut, udara masuk ke tenggorokan atau laring. Di sini, terdapat pita suara yang membantu dalam produksi suara saat berbicara atau bernyanyi. 4. **Trakea (Saluran Napas Utama)**: Tenggorokan kemudian terhubung ke trakea, yang juga dikenal sebagai saluran napas utama. Trakea adalah tabung berotot yang menghubungkan tenggorokan dengan bronkus. 5. **Bronkus**: Trakea bercabang menjadi dua bronkus, satu menuju paru-paru kanan dan satu lagi menuju paru-paru kiri. Bronkus ini mengarahkan udara ke dalam paru-paru. 6. **Bronkiolus**: Bronkus lebih lanjut bercabang menjadi bronkiolus yang lebih kecil. Ini adalah saluran pernapasan yang lebih halus yang membawa udara lebih dalam ke dalam paru-paru. 7. **Alveolus**: Akhir dari bronkiolus adalah kantung-kantung kecil yang disebut alveolus. Alveolus adalah tempat pertukaran gas terjadi. Oksigen dari udara yang masuk ke alveolus diserap oleh darah, dan karbon dioksida dari darah dikeluarkan melalui alveolus saat kita bernafas keluar. Proses ini berlangsung secara berurut setiap kali kita bernafas, memungkinkan pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang vital untuk kehidupan.


Iklan

Nanda R

Community

27 September 2023 09:22

Jawaban terverifikasi

<p>Urutan saluran pernapasan manusia yang benar adalah sebagai berikut: Rongga hidung - Faring - Laring - Trakea - Bronkus - Bronkiolus - Alveolus - Paru-paru.</p>

Urutan saluran pernapasan manusia yang benar adalah sebagai berikut: Rongga hidung - Faring - Laring - Trakea - Bronkus - Bronkiolus - Alveolus - Paru-paru.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan