Mazaya M

29 Januari 2024 20:03

Iklan

Iklan

Mazaya M

29 Januari 2024 20:03

Pertanyaan

Sebutkan apa saja yang menjadi sifat hakikat sosiologi!

Sebutkan apa saja yang menjadi sifat hakikat sosiologi!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:09

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br><strong>Sifat hakikat sosiologi meliputi sebagai berikut.</strong><br>1. Sosiologi merupakan sebuah ilmu sosial, bukan ilmu alam sebab yang dipelajari adalah gejala-gejala kemasyarakatan.<br>2. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional.<br>3. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan ilmu pengetahuan konkret.<br>4. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang umum dan bukan ilmu pengetahuan khusus.<br>5. Sosiologi merupakan disiplin ilmu kategoris, bukan normatif sehingga sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi pada masa dewasa ini dan bukan pada apa yang terjadi di masa lampau atau apa yang seharusnya terjadi.<br>6. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan murni, meskipun dalam beberapa kondisi tertentu sosiologi dapat menjadi ilmu pengetahuan terapan.<br>7. Tujuan sosiologi adalah menghasilkan pengertian dan pola-pola umum sehingga sosiologi meneliti dan mencari apa uang menjadi prinsip-prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antarmanusia, sifat hakikat, bentuk, isi, serta struktur masyarakat.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Sifat hakikat sosiologi meliputi sebagai berikut.
1. Sosiologi merupakan sebuah ilmu sosial, bukan ilmu alam sebab yang dipelajari adalah gejala-gejala kemasyarakatan.
2. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional.
3. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan ilmu pengetahuan konkret.
4. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang umum dan bukan ilmu pengetahuan khusus.
5. Sosiologi merupakan disiplin ilmu kategoris, bukan normatif sehingga sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi pada masa dewasa ini dan bukan pada apa yang terjadi di masa lampau atau apa yang seharusnya terjadi.
6. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan murni, meskipun dalam beberapa kondisi tertentu sosiologi dapat menjadi ilmu pengetahuan terapan.
7. Tujuan sosiologi adalah menghasilkan pengertian dan pola-pola umum sehingga sosiologi meneliti dan mencari apa uang menjadi prinsip-prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antarmanusia, sifat hakikat, bentuk, isi, serta struktur masyarakat.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

10 Februari 2024 01:33

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan sifat dan hakikat dari ilmu sosiologi. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, termasuk pola perilaku, interaksi sosial, dan proses sosial. Sosiologi termasuk dalam rumpun ilmu-ilmu sosial dan memiliki beberapa sifat dan hakikat, antara lain: Penjelasan: 1. Sosiologi berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan. Artinya, sosiologi mempelajari berbagai fenomena atau gejala yang terjadi dalam masyarakat, seperti interaksi sosial, konflik, perubahan sosial, dan lain sebagainya. 2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris. Ini berarti bahwa sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi (das sein) dan bukan apa yang seharusnya terjadi (das sollen). Dengan kata lain, sosiologi berusaha untuk memahami dan menjelaskan realitas sosial apa adanya, bukan bagaimana seharusnya realitas sosial tersebut. Kesimpulan: Jadi, sifat dan hakikat sosiologi adalah bahwa ilmu ini berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan dan merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris, yang membatasi diri pada apa yang terjadi dan bukan apa yang seharusnya terjadi. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami lebih baik tentang sosiologi 🙂


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa perbedaan cardinal number dan ordinal number?

11

5.0

Jawaban terverifikasi