Muhammad N

20 Maret 2024 21:33

Iklan

Iklan

Muhammad N

20 Maret 2024 21:33

Pertanyaan

Sebutkan 5 dasar pancasila


15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rama R

21 Maret 2024 02:30

Jawaban terverifikasi

<p>Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima prinsip dasar. Berikut adalah lima dasar Pancasila:</p><p>Ketuhanan Yang Maha Esa: Prinsip ini menggarisbawahi kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun Indonesia memiliki beragam agama, prinsip ini menegaskan bahwa negara mengakui dan menghormati adanya keberadaan Tuhan.</p><p>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Prinsip ini menekankan pentingnya menjunjung tinggi martabat manusia, memperlakukan semua orang secara adil, dan membangun masyarakat yang beradab.</p><p>Persatuan Indonesia: Prinsip ini menegaskan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, mengatasi perbedaan dan konflik yang mungkin timbul, serta memperkuat rasa solidaritas di antara seluruh elemen masyarakat.</p><p>Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Prinsip ini menegaskan bahwa negara Indonesia adalah negara demokratis yang memberikan kekuasaan kepada rakyatnya dan mengutamakan musyawarah untuk mencapai konsensus dalam pengambilan keputusan.</p><p>Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Prinsip ini menekankan perlunya menciptakan masyarakat yang adil dan merata, di mana setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesejahteraan dan keadilan dalam segala aspek kehidupan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>sorry kalo salah&nbsp;</p>

Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima prinsip dasar. Berikut adalah lima dasar Pancasila:

Ketuhanan Yang Maha Esa: Prinsip ini menggarisbawahi kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun Indonesia memiliki beragam agama, prinsip ini menegaskan bahwa negara mengakui dan menghormati adanya keberadaan Tuhan.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Prinsip ini menekankan pentingnya menjunjung tinggi martabat manusia, memperlakukan semua orang secara adil, dan membangun masyarakat yang beradab.

Persatuan Indonesia: Prinsip ini menegaskan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, mengatasi perbedaan dan konflik yang mungkin timbul, serta memperkuat rasa solidaritas di antara seluruh elemen masyarakat.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Prinsip ini menegaskan bahwa negara Indonesia adalah negara demokratis yang memberikan kekuasaan kepada rakyatnya dan mengutamakan musyawarah untuk mencapai konsensus dalam pengambilan keputusan.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Prinsip ini menekankan perlunya menciptakan masyarakat yang adil dan merata, di mana setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesejahteraan dan keadilan dalam segala aspek kehidupan.

 

 

sorry kalo salah 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:25

Jawaban terverifikasi

<p>Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima prinsip utama yang menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut adalah kelima dasar Pancasila:</p><p><strong>Ketuhanan Yang Maha Esa</strong>: Prinsip ini menegaskan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai dasar dari segala-galanya. Pancasila mengakui keberadaan Tuhan dalam berbagai agama dan keyakinan, sehingga memastikan kebebasan beragama bagi seluruh rakyat Indonesia.</p><p><strong>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab</strong>: Prinsip ini menegaskan pentingnya menghormati martabat dan hak asasi manusia, serta mempromosikan sikap adil dan beradab dalam interaksi antarindividu dan antarbangsa.</p><p><strong>Persatuan Indonesia</strong>: Prinsip ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah keberagaman suku, agama, ras, dan budaya. Pancasila menegaskan pentingnya menjaga persatuan dalam keragaman sebagai landasan keutuhan negara.</p><p><strong>Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan</strong>: Prinsip ini menekankan pentingnya sistem demokrasi yang melibatkan partisipasi aktif rakyat dalam proses pengambilan keputusan, baik melalui musyawarah maupun pemilihan umum.</p><p><strong>Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia</strong>: Prinsip ini menegaskan pentingnya pemerataan keadilan sosial dan kesempatan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik.</p>

Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima prinsip utama yang menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut adalah kelima dasar Pancasila:

Ketuhanan Yang Maha Esa: Prinsip ini menegaskan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai dasar dari segala-galanya. Pancasila mengakui keberadaan Tuhan dalam berbagai agama dan keyakinan, sehingga memastikan kebebasan beragama bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Prinsip ini menegaskan pentingnya menghormati martabat dan hak asasi manusia, serta mempromosikan sikap adil dan beradab dalam interaksi antarindividu dan antarbangsa.

Persatuan Indonesia: Prinsip ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah keberagaman suku, agama, ras, dan budaya. Pancasila menegaskan pentingnya menjaga persatuan dalam keragaman sebagai landasan keutuhan negara.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Prinsip ini menekankan pentingnya sistem demokrasi yang melibatkan partisipasi aktif rakyat dalam proses pengambilan keputusan, baik melalui musyawarah maupun pemilihan umum.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Prinsip ini menegaskan pentingnya pemerataan keadilan sosial dan kesempatan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebutkan ciri-ciri patung dg singkat!

0

5.0

Jawaban terverifikasi