Iklan

Iklan

Marcello A

02 September 2021 12:29

Pertanyaan

sebutkan 4ciri ciri kalimat petunjuk menggunakan sesuatu


463

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

03 September 2021 03:59

Jawaban terverifikasi

Hai Meikah E. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kalimat petunjuk adalah kalimat yang digunakan untuk memberi arahan dan bimbingan terhadap sesuatu yang akan dilakukan ataupun digunakan. Ciri-ciri kalimat petunjuk adalah (1) menggunakan kalimat perintah yang halus; (2) mengandung makna yang lugas; (3) tidak menimbulkan keraguan; (4) disusun secara singkat dan padat. Dengan demikian, ciri-ciri kalimat petunjuk menggunakan sesuatu adalah terdapat kalimat perintah yang halus, menggunakan bahasa yang lugas, tidak ada keraguan, disusun secara singkat dan padat.


Iklan

Iklan

Haniah F

02 September 2021 12:31

-Menggunakan kalimat perintah halus. Jenis kalimat yang digunakan pada bahasa petunjuk adalah kalimat perintah namun kalimat perintah halus. -Menggunakan kata dengan makna lugas. -Tidak menimbulkan keraguan. -Menggunakan kalimat yang singkat, padat, namun jelas.


Marcello A

02 September 2021 12:32

Terima kasih kak haniah


Haniah F

02 September 2021 12:32

sama sama

Nur A

08 September 2021 10:21

Hai semua


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ada sekitar 20.000 jenis belalang di dunia. Mereka dapat hidup di belahan bumi mana pun. Mereka adalah hewan pemakan tumbuhan atau herbivora. Namun, tak jarang ada jenis belalang yang memakan *bangkai hewan atau pun serangga Iainnya. Belalang juga merupakan hewan yang kerap diburu oleh kumbang, burung, kadal, tikus, ular, dan laba-laba. Oleh sebab itu, mereka harus pandai melindungi diri dari musuh dengan melompat atau terbang jauh. Terkadang, mereka menyembunyikan diri dengan menyamarkan warna tubuh dengan keadaan sekitar. Misalnya, belalang hijau akan bersembunyi pada daun yang mirip dengan warna tubuhnya. (Sumber: Bravo! Majalah Edutainment Terbaik Vol. 3/No. 41/ Juli 2010, dengan penyesuaian.) 5. Apa kesimpulan dari teks tersebut?

51

0.0

Jawaban terverifikasi

Anak Gembala dan Serigala Narator: Seorang anak gembala selalu menggembalakan domba milik tuannya di dekat hutan yang gelap dan tidak jauh dari kampungnya. Suatu hari dia menggembalakan domba di dekat hutan. Dia merasa terhibur dengan memikirkan berbagai macam rencana apabila dia melihat serigala. Dia teringat ucapan tuannya. Tuan Anak Gembala: “Apabila kamu melihat serigala datang dan menyerang domba, kamu harus berteriak memanggil bantuan. Orang sekampung akan datang membantumu.” Narator: Anak gembala itu berpikir bahwa akan terasa lucu apabila dia pura-pura melihat serigala dan berteriak memanggil orang-orang. Anak gembala itu berlari ke arah kampungnya dan berteriak sekeras-kerasnya. Anak Gembala: “Ada serigala, serigala. Toloooong!” Narator: Seperti yang dia duga, orang-orang kampung yang mendengarnya berteriak, cepat-cepat meninggalkan pekerjaan mereka dan berlari ke arah anak gembala tersebut untuk membantunya. Orang kampung 1: “Di mana....serigalanya? Di mana.........? Orang kampung 2: “Apa serigala itu melukaimu? Di mana serigala itu sekarang?” Anak Gembala: “Ha......ha......ha...... kalian semua tertipu. Tidak ada serigala di sini. Orang kampung 3: “Rupanya kamu telah menipu kami semua. Huh....! Narator: Beberapa hari kemudian, anak gembala itu kembali berteriak meminta tolong. Anak Gembala: “Tolong...... tolong ada serigala! Tolong......serigala memakan domba!” Orang kampung 1: “Mana serigalanya? Tidak terlihat serigala di sini?” Anak Gembala: “Ha......ha......ha......memang tidak ada serigala. Aku iseng saja berteriak minta tolong!” Orang kampung 2: “Hei......keberadaan serigala bukan untuk main-main. Kalau kamu berbohong terus, tidak ada yang percaya lagi padamu! Narator: Pada suatu sore ketika Matahari mulai terbenam, seekor serigala benar-benar datang dan menyambar domba yang digembalakan oleh anak gembala tersebut. Anak Gembala: “Serigala......! Serigala ......! Tolong......ada serigala! Tolong....tolong.........!” Orang kampung 1: “Anak gembala itu pasti bermain-main lagi!” Orang kampung 2: “Dia tidak akan bisa menipu kita lagi.” Narator: Serigala itu akhirnya berhasil menerkam dan memakan banyak domba yang digembalakan oleh sang anak gembala, lalu berlari masuk ke dalam hutan kembali. Sumber: www.rumahdongeng.com Susunlah kata-kata di bawah ini sehingga menjadi sebuah pesan moral yang terdapat pada dongeng Anak Gembala dan Serigala! lagi-tidak-Pembohong-dipercayai-akan-pernah-mereka-berkata-walaupun-benar

650

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan