AZZA K

06 Maret 2024 14:27

Iklan

Iklan

AZZA K

06 Maret 2024 14:27

Pertanyaan

sebutkan 4 gerak spesifik gerakan mendarat lompat jauh

sebutkan 4 gerak spesifik gerakan mendarat lompat jauh


4

2


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 07:02

<p>Gerakan mendarat dalam lompat jauh melibatkan beberapa tahapan yang mencakup teknik khusus. Berikut adalah empat gerakan spesifik dalam proses mendarat lompat jauh:</p><p><strong>Berkatup atau Foot Pop:</strong> Saat atlet mendekati titik mendarat, kaki yang paling dekat dengan papan tolak (pijakan lompat) harus "berkatup" atau "pop," yang merupakan gerakan mendalam dan cepat yang membantu mentransfer momentum ke atas.</p><p><strong>Landing Position:</strong> Atlet perlu mencapai posisi landasan yang tepat saat mendarat. Ini melibatkan peregangan kaki dan pinggul dengan posisi lutut yang sedikit ditekuk, serta punggung yang condong ke depan untuk menstabilkan tubuh.</p><p><strong>Rolling:</strong> Setelah mendarat, atlet sering melakukan gerakan rolling atau gulung untuk mengurangi dampak dan mencegah cedera. Rolling membantu menyebarkan kekuatan ke seluruh tubuh dan meredakan tekanan pada bagian tertentu.</p><p><strong>Melompat Jauh Secara Horizontal:</strong> Setelah mendarat, atlet juga harus melakukan gerakan melompat horizontal yang baik untuk meraih jarak maksimum. Ini melibatkan gerakan melompat maju dengan melibatkan langkah-langkah tambahan setelah mendarat.</p>

Gerakan mendarat dalam lompat jauh melibatkan beberapa tahapan yang mencakup teknik khusus. Berikut adalah empat gerakan spesifik dalam proses mendarat lompat jauh:

Berkatup atau Foot Pop: Saat atlet mendekati titik mendarat, kaki yang paling dekat dengan papan tolak (pijakan lompat) harus "berkatup" atau "pop," yang merupakan gerakan mendalam dan cepat yang membantu mentransfer momentum ke atas.

Landing Position: Atlet perlu mencapai posisi landasan yang tepat saat mendarat. Ini melibatkan peregangan kaki dan pinggul dengan posisi lutut yang sedikit ditekuk, serta punggung yang condong ke depan untuk menstabilkan tubuh.

Rolling: Setelah mendarat, atlet sering melakukan gerakan rolling atau gulung untuk mengurangi dampak dan mencegah cedera. Rolling membantu menyebarkan kekuatan ke seluruh tubuh dan meredakan tekanan pada bagian tertentu.

Melompat Jauh Secara Horizontal: Setelah mendarat, atlet juga harus melakukan gerakan melompat horizontal yang baik untuk meraih jarak maksimum. Ini melibatkan gerakan melompat maju dengan melibatkan langkah-langkah tambahan setelah mendarat.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 01:06

<p><br>Gerakan spesifik dalam lompat jauh mencakup serangkaian tahapan atau gerakan yang diperlukan untuk mencapai jarak maksimal. Berikut adalah empat gerakan spesifik dalam lompat jauh:</p><p><strong>Gerakan Awalan (Approach Run):</strong> Atlet melakukan lari awalan untuk mendapatkan kecepatan yang optimal sebelum melompat. Langkah-langkah awalan yang terkoordinasi dan efisien memainkan peran penting dalam keseluruhan performa.</p><p><strong>Tahapan Pemanasan (Takeoff):</strong> Saat mendekati papan lompat, atlet melakukan serangkaian tahapan pemanasan untuk mengubah kecepatan horizontal menjadi gerakan vertikal. Pada tahap ini, atlet meletakkan kaki yang akan melompat di depan dan menggunakan lengan untuk menjaga keseimbangan.</p><p><strong>Melayang di Udara (Flight):</strong> Setelah lepas dari tanah pada tahap pemanasan, atlet melanjutkan untuk melayang di udara. Gerakan ini melibatkan gerakan angkat lutut, mempertahankan posisi tubuh yang optimal, dan memaksimalkan jarak lompat.</p><p><strong>Mendarat (Landing):</strong> Atlet melakukan teknik pendaratan untuk mengoptimalkan jarak lompat dan mencegah cedera. Pendaratan melibatkan penyelesaian posisi tubuh yang baik, seperti menekuk lutut dan menekan telapak kaki untuk meredam dampak landasan.</p><p>Semua gerakan ini harus dilakukan dengan koordinasi yang baik, kekuatan, dan teknik yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal dalam lompat jauh. Pelatihan intensif dan pemahaman mendalam tentang teknik-teknik ini sangat penting bagi atlet lompat jauh.</p>


Gerakan spesifik dalam lompat jauh mencakup serangkaian tahapan atau gerakan yang diperlukan untuk mencapai jarak maksimal. Berikut adalah empat gerakan spesifik dalam lompat jauh:

Gerakan Awalan (Approach Run): Atlet melakukan lari awalan untuk mendapatkan kecepatan yang optimal sebelum melompat. Langkah-langkah awalan yang terkoordinasi dan efisien memainkan peran penting dalam keseluruhan performa.

Tahapan Pemanasan (Takeoff): Saat mendekati papan lompat, atlet melakukan serangkaian tahapan pemanasan untuk mengubah kecepatan horizontal menjadi gerakan vertikal. Pada tahap ini, atlet meletakkan kaki yang akan melompat di depan dan menggunakan lengan untuk menjaga keseimbangan.

Melayang di Udara (Flight): Setelah lepas dari tanah pada tahap pemanasan, atlet melanjutkan untuk melayang di udara. Gerakan ini melibatkan gerakan angkat lutut, mempertahankan posisi tubuh yang optimal, dan memaksimalkan jarak lompat.

Mendarat (Landing): Atlet melakukan teknik pendaratan untuk mengoptimalkan jarak lompat dan mencegah cedera. Pendaratan melibatkan penyelesaian posisi tubuh yang baik, seperti menekuk lutut dan menekan telapak kaki untuk meredam dampak landasan.

Semua gerakan ini harus dilakukan dengan koordinasi yang baik, kekuatan, dan teknik yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal dalam lompat jauh. Pelatihan intensif dan pemahaman mendalam tentang teknik-teknik ini sangat penting bagi atlet lompat jauh.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri-ciri dari kalimat majemuk

8

0.0

Jawaban terverifikasi