Kristian K

11 November 2023 00:02

Iklan

Kristian K

11 November 2023 00:02

Pertanyaan

sebutkan 4 dampak negatif komputer dalam bidang IPTEK

sebutkan 4 dampak negatif komputer dalam bidang IPTEK

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

21

:

41

:

27

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Jenny R

11 November 2023 03:41

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Ketergantungan: Penggunaan komputer yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan yang dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan mental.</li><li>Pelanggaran hak cipta: Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terkait dengan komputer dapat memudahkan pelanggaran hak cipta.</li><li>Kejahatan siber: Penggunaan komputer dan TIK membuka peluang bagi munculnya kejahatan siber yang dapat merugikan korban secara materi, moral, dan psikologis.</li><li>Dampak fisik: Penggunaan komputer yang tidak ergonomis dapat menyebabkan masalah fisik seperti sakit kepala, sakit mata, nyeri otot, dan gangguan syaraf.</li></ol><p>&nbsp;</p>

  1. Ketergantungan: Penggunaan komputer yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan yang dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan mental.
  2. Pelanggaran hak cipta: Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terkait dengan komputer dapat memudahkan pelanggaran hak cipta.
  3. Kejahatan siber: Penggunaan komputer dan TIK membuka peluang bagi munculnya kejahatan siber yang dapat merugikan korban secara materi, moral, dan psikologis.
  4. Dampak fisik: Penggunaan komputer yang tidak ergonomis dapat menyebabkan masalah fisik seperti sakit kepala, sakit mata, nyeri otot, dan gangguan syaraf.

 


Iklan

Erwin A

Community

11 November 2023 12:45

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah 4 dampak negatif komputer dalam bidang IPTEK:</p><ol><li><strong>Kecanduan komputer</strong></li></ol><p>Komputer dapat menyebabkan kecanduan, terutama pada anak-anak dan remaja. Kecanduan komputer dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, gangguan belajar, dan gangguan sosial.</p><ol><li><strong>Pelanggaran hak cipta</strong></li></ol><p>Komputer dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta, seperti pembajakan software dan musik. Pelanggaran hak cipta dapat merugikan para pencipta karya intelektual.</p><ol><li><strong>Kejahatan siber</strong></li></ol><p>Komputer dapat digunakan untuk melakukan kejahatan siber, seperti penipuan, peretasan, dan penyebaran malware. Kejahatan siber dapat merugikan individu dan perusahaan.</p><ol><li><strong>Pemanfaatan komputer untuk propaganda</strong></li></ol><p>Komputer dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda, baik oleh pemerintah maupun oleh kelompok-kelompok tertentu. Propaganda dapat digunakan untuk mempengaruhi opini publik dan menyebarkan kebencian.</p><p>Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing dampak negatif tersebut:</p><p><strong>Kecanduan komputer</strong></p><p>Komputer dapat menjadi sarana hiburan yang menarik, terutama bagi anak-anak dan remaja. Namun, jika penggunaan komputer berlebihan, dapat menyebabkan kecanduan. Kecanduan komputer dapat ditandai dengan gejala-gejala berikut:</p><ul><li><strong>Selalu ingin menggunakan komputer</strong></li><li><strong>Merasa gelisah atau cemas jika tidak bisa menggunakan komputer</strong></li><li><strong>Menyembunyikan penggunaan komputer dari orang lain</strong></li><li><strong>Mengurangi waktu untuk kegiatan lain, seperti belajar, bekerja, atau bergaul</strong></li></ul><p>Kecanduan komputer dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, gangguan belajar, dan gangguan sosial.</p><p>Gangguan kesehatan fisik yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:</p><ul><li><strong>Gangguan mata, seperti mata lelah, mata kering, dan rabun jauh</strong></li><li><strong>Gangguan tulang belakang, seperti nyeri leher, nyeri punggung, dan nyeri bahu</strong></li><li><strong>Gangguan tidur, seperti insomnia dan hipersomnia</strong></li></ul><p>Gangguan mental yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:</p><ul><li><strong>Depresi</strong></li><li><strong>Anxiety disorder</strong></li><li><strong>Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)</strong></li></ul><p>Gangguan belajar yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:</p><ul><li><strong>Penurunan prestasi akademik</strong></li><li><strong>Kesulitan berkonsentrasi</strong></li><li><strong>Kesulitan belajar hal baru</strong></li></ul><p>Gangguan sosial yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:</p><ul><li><strong>Putus hubungan dengan teman dan keluarga</strong></li><li><strong>Masalah dalam hubungan interpersonal</strong></li><li><strong>Kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sosial</strong></li></ul><p><strong>Pelanggaran hak cipta</strong></p><p>Hak cipta adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta atas karya intelektualnya. Karya intelektual yang dilindungi hak cipta antara lain buku, software, musik, film, dan karya seni.</p><p>Komputer dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta, seperti pembajakan software dan musik. Pembajakan software adalah tindakan menginstal atau menggunakan software tanpa izin dari penciptanya. Pembajakan musik adalah tindakan mengunduh atau menyalin musik secara ilegal.</p><p>Pelanggaran hak cipta dapat merugikan para pencipta karya intelektual. Para pencipta karya intelektual kehilangan potensi pendapatan dari karya intelektualnya.</p><p><strong>Kejahatan siber</strong></p><p>Kejahatan siber adalah kejahatan yang menggunakan komputer atau jaringan komputer sebagai sarananya. Kejahatan siber dapat berupa penipuan, peretasan, dan penyebaran malware.</p><p>Penipuan siber adalah tindakan menipu orang lain dengan menggunakan komputer atau jaringan komputer. Contoh penipuan siber antara lain:</p><ul><li><strong>Pembobolan rekening bank</strong></li><li><strong>Penipuan online</strong></li><li><strong>Penipuan investasi</strong></li></ul><p>Peretasan adalah tindakan mengakses sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin. Peretas dapat menggunakan aksesnya untuk mencuri data, merusak sistem, atau menyebarkan malware.</p><p>Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak sistem komputer atau jaringan komputer. Malware dapat berupa virus, trojan horse, worm, dan ransomware.</p><p>Kejahatan siber dapat merugikan individu dan perusahaan. Individu dapat kehilangan uang, data, atau bahkan identitasnya. Perusahaan dapat kehilangan data, produktivitas, atau bahkan reputasinya.</p><p><strong>Pemanfaatan komputer untuk propaganda</strong></p><p>Komputer dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda, baik oleh pemerintah maupun oleh kelompok-kelompok tertentu. Propaganda adalah informasi yang digunakan untuk mempengaruhi opini publik.</p><p>Propaganda dapat digunakan untuk menyebarkan kebencian, memecah belah masyarakat, atau bahkan memicu konflik.</p><p>Pemanfaatan komputer untuk propaganda dapat berbahaya bagi demokrasi dan masyarakat.</p>

Berikut adalah 4 dampak negatif komputer dalam bidang IPTEK:

  1. Kecanduan komputer

Komputer dapat menyebabkan kecanduan, terutama pada anak-anak dan remaja. Kecanduan komputer dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, gangguan belajar, dan gangguan sosial.

  1. Pelanggaran hak cipta

Komputer dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta, seperti pembajakan software dan musik. Pelanggaran hak cipta dapat merugikan para pencipta karya intelektual.

  1. Kejahatan siber

Komputer dapat digunakan untuk melakukan kejahatan siber, seperti penipuan, peretasan, dan penyebaran malware. Kejahatan siber dapat merugikan individu dan perusahaan.

  1. Pemanfaatan komputer untuk propaganda

Komputer dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda, baik oleh pemerintah maupun oleh kelompok-kelompok tertentu. Propaganda dapat digunakan untuk mempengaruhi opini publik dan menyebarkan kebencian.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing dampak negatif tersebut:

Kecanduan komputer

Komputer dapat menjadi sarana hiburan yang menarik, terutama bagi anak-anak dan remaja. Namun, jika penggunaan komputer berlebihan, dapat menyebabkan kecanduan. Kecanduan komputer dapat ditandai dengan gejala-gejala berikut:

  • Selalu ingin menggunakan komputer
  • Merasa gelisah atau cemas jika tidak bisa menggunakan komputer
  • Menyembunyikan penggunaan komputer dari orang lain
  • Mengurangi waktu untuk kegiatan lain, seperti belajar, bekerja, atau bergaul

Kecanduan komputer dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, gangguan belajar, dan gangguan sosial.

Gangguan kesehatan fisik yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:

  • Gangguan mata, seperti mata lelah, mata kering, dan rabun jauh
  • Gangguan tulang belakang, seperti nyeri leher, nyeri punggung, dan nyeri bahu
  • Gangguan tidur, seperti insomnia dan hipersomnia

Gangguan mental yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:

  • Depresi
  • Anxiety disorder
  • Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)

Gangguan belajar yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:

  • Penurunan prestasi akademik
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kesulitan belajar hal baru

Gangguan sosial yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:

  • Putus hubungan dengan teman dan keluarga
  • Masalah dalam hubungan interpersonal
  • Kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sosial

Pelanggaran hak cipta

Hak cipta adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta atas karya intelektualnya. Karya intelektual yang dilindungi hak cipta antara lain buku, software, musik, film, dan karya seni.

Komputer dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta, seperti pembajakan software dan musik. Pembajakan software adalah tindakan menginstal atau menggunakan software tanpa izin dari penciptanya. Pembajakan musik adalah tindakan mengunduh atau menyalin musik secara ilegal.

Pelanggaran hak cipta dapat merugikan para pencipta karya intelektual. Para pencipta karya intelektual kehilangan potensi pendapatan dari karya intelektualnya.

Kejahatan siber

Kejahatan siber adalah kejahatan yang menggunakan komputer atau jaringan komputer sebagai sarananya. Kejahatan siber dapat berupa penipuan, peretasan, dan penyebaran malware.

Penipuan siber adalah tindakan menipu orang lain dengan menggunakan komputer atau jaringan komputer. Contoh penipuan siber antara lain:

  • Pembobolan rekening bank
  • Penipuan online
  • Penipuan investasi

Peretasan adalah tindakan mengakses sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin. Peretas dapat menggunakan aksesnya untuk mencuri data, merusak sistem, atau menyebarkan malware.

Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak sistem komputer atau jaringan komputer. Malware dapat berupa virus, trojan horse, worm, dan ransomware.

Kejahatan siber dapat merugikan individu dan perusahaan. Individu dapat kehilangan uang, data, atau bahkan identitasnya. Perusahaan dapat kehilangan data, produktivitas, atau bahkan reputasinya.

Pemanfaatan komputer untuk propaganda

Komputer dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda, baik oleh pemerintah maupun oleh kelompok-kelompok tertentu. Propaganda adalah informasi yang digunakan untuk mempengaruhi opini publik.

Propaganda dapat digunakan untuk menyebarkan kebencian, memecah belah masyarakat, atau bahkan memicu konflik.

Pemanfaatan komputer untuk propaganda dapat berbahaya bagi demokrasi dan masyarakat.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Memberikan kasih sayang penuh kepada anak (2) Menanamkan perilaku bertang gungjawab pada setiap generasi (3) Menghargai hak demokrasi setiap warga (4). Membimbing genarasi untuk menjalankan keyakinan yang dianutnya Fungsi lembaga agama terdapat pada nomor .... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4

110

0.0

Jawaban terverifikasi