Kristian K
11 November 2023 00:02
Iklan
Kristian K
11 November 2023 00:02
Pertanyaan
sebutkan 4 dampak negatif komputer dalam bidang IPTEK
Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb
Habis dalam
01
:
21
:
41
:
27
1
2
Iklan
Jenny R
11 November 2023 03:41
· 0.0 (0)
Iklan
Erwin A
Community
11 November 2023 12:45
Berikut adalah 4 dampak negatif komputer dalam bidang IPTEK:
Komputer dapat menyebabkan kecanduan, terutama pada anak-anak dan remaja. Kecanduan komputer dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, gangguan belajar, dan gangguan sosial.
Komputer dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta, seperti pembajakan software dan musik. Pelanggaran hak cipta dapat merugikan para pencipta karya intelektual.
Komputer dapat digunakan untuk melakukan kejahatan siber, seperti penipuan, peretasan, dan penyebaran malware. Kejahatan siber dapat merugikan individu dan perusahaan.
Komputer dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda, baik oleh pemerintah maupun oleh kelompok-kelompok tertentu. Propaganda dapat digunakan untuk mempengaruhi opini publik dan menyebarkan kebencian.
Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing dampak negatif tersebut:
Kecanduan komputer
Komputer dapat menjadi sarana hiburan yang menarik, terutama bagi anak-anak dan remaja. Namun, jika penggunaan komputer berlebihan, dapat menyebabkan kecanduan. Kecanduan komputer dapat ditandai dengan gejala-gejala berikut:
Kecanduan komputer dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, gangguan belajar, dan gangguan sosial.
Gangguan kesehatan fisik yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:
Gangguan mental yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:
Gangguan belajar yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:
Gangguan sosial yang dapat disebabkan oleh kecanduan komputer antara lain:
Pelanggaran hak cipta
Hak cipta adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta atas karya intelektualnya. Karya intelektual yang dilindungi hak cipta antara lain buku, software, musik, film, dan karya seni.
Komputer dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta, seperti pembajakan software dan musik. Pembajakan software adalah tindakan menginstal atau menggunakan software tanpa izin dari penciptanya. Pembajakan musik adalah tindakan mengunduh atau menyalin musik secara ilegal.
Pelanggaran hak cipta dapat merugikan para pencipta karya intelektual. Para pencipta karya intelektual kehilangan potensi pendapatan dari karya intelektualnya.
Kejahatan siber
Kejahatan siber adalah kejahatan yang menggunakan komputer atau jaringan komputer sebagai sarananya. Kejahatan siber dapat berupa penipuan, peretasan, dan penyebaran malware.
Penipuan siber adalah tindakan menipu orang lain dengan menggunakan komputer atau jaringan komputer. Contoh penipuan siber antara lain:
Peretasan adalah tindakan mengakses sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin. Peretas dapat menggunakan aksesnya untuk mencuri data, merusak sistem, atau menyebarkan malware.
Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak sistem komputer atau jaringan komputer. Malware dapat berupa virus, trojan horse, worm, dan ransomware.
Kejahatan siber dapat merugikan individu dan perusahaan. Individu dapat kehilangan uang, data, atau bahkan identitasnya. Perusahaan dapat kehilangan data, produktivitas, atau bahkan reputasinya.
Pemanfaatan komputer untuk propaganda
Komputer dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda, baik oleh pemerintah maupun oleh kelompok-kelompok tertentu. Propaganda adalah informasi yang digunakan untuk mempengaruhi opini publik.
Propaganda dapat digunakan untuk menyebarkan kebencian, memecah belah masyarakat, atau bahkan memicu konflik.
Pemanfaatan komputer untuk propaganda dapat berbahaya bagi demokrasi dan masyarakat.
· 0.0 (0)
Tanya ke Forum
Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu
LATIHAN SOAL GRATIS!
Drill Soal
Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian
Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!