CH.PKI C

29 April 2024 03:08

Iklan

CH.PKI C

29 April 2024 03:08

Pertanyaan

sebutkan 2 kegiatan manusia yang mempengaruhi siklus air mohon bantuannya ya

sebutkan 2 kegiatan manusia yang mempengaruhi siklus air mohon bantuannya ya

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

02

:

06

:

26

:

20

Klaim

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

29 April 2024 04:04

Jawaban terverifikasi

<p>Dua kegiatan manusia yang mempengaruhi siklus air adalah:</p><p>Deforestasi: Penebangan hutan secara besar-besaran mengurangi kemampuan hutan dalam menyerap air hujan melalui proses evapotranspirasi. Ini dapat mengganggu pola presipitasi dan aliran air permukaan, serta meningkatkan risiko banjir dan longsor.</p><p>Polusi Air: Pelepasan limbah industri, domestik, dan pertanian ke dalam sungai dan danau dapat mencemari sumber air. Pencemaran air ini dapat mengganggu kualitas air dan mengancam kehidupan akuatik serta kesehatan manusia yang menggunakan air tersebut.</p>

Dua kegiatan manusia yang mempengaruhi siklus air adalah:

Deforestasi: Penebangan hutan secara besar-besaran mengurangi kemampuan hutan dalam menyerap air hujan melalui proses evapotranspirasi. Ini dapat mengganggu pola presipitasi dan aliran air permukaan, serta meningkatkan risiko banjir dan longsor.

Polusi Air: Pelepasan limbah industri, domestik, dan pertanian ke dalam sungai dan danau dapat mencemari sumber air. Pencemaran air ini dapat mengganggu kualitas air dan mengancam kehidupan akuatik serta kesehatan manusia yang menggunakan air tersebut.


Iklan

Sumber W

Community

29 April 2024 08:07

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Kegiatan Manusia yang Dapat Memengaruhi Siklus Air</strong> :</p><p>&nbsp;</p><p>1. <strong>Penebangan Hutan</strong></p><p>Jika manusia menebang hutan secara liar, maka siklus air dapat terganggu.&nbsp; Sebab, hutan menjadi gundul dan tidak bisa menyerap air. Ini membuat air hujan akan langsung turun ke tanah. &nbsp;Tanah pun tidak mampu menahan air sehingga banjir bisa melanda wilayah tanpa pepohonan itu. Untuk mencegahnya, manusia harus melakukan reboisasi atau penghijauan kembali hutan yang gundul.</p><p>&nbsp;</p><p>2. <strong>Menggunakan Air Berlebihan</strong></p><p>Menggunakan air secara berlebihan ternyata juga bsia mengganggu siklus air. Sebab, air bersih berasal dari bawah tanah. Nah, jika diambil secara berlebihan, tentu saja penguapan air dari tanah akan berkurang. Hal inilah yang dapat mengurangi curah hujan. &nbsp;Tak hanya itu saja, penggunaan air berlebihan juga dapat memicu penurunan permukaan tanah yang kemudian bisa ditelan tinggi permukaan air laut.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;3. <strong>Pencemaran Air</strong></p><p>Pencemaran air baik dari sampah maupun limbah bisa mengakibatkan terganggunya siklus air. Contohnya, pencemaran minyak di laut yang bisa menyebabkan laut tertutup oleh minyak. &nbsp;Minyak inilah yang bisa menghambat proses terbentuknya awan sehingga hujan semakin sedikit.</p><p>&nbsp;</p><p>4. <strong>Menggunakan Pupuk Kimia dan Pestisida Berlebihan</strong></p><p>Menggunakan pupuk kimia dan pestisida berlebihan bisa menyebabkan pencemaran air. Ini karena sisa pupuk kimia dan pestisida akan terbawa ke sungai dan menyebabkan polusi perairan. Jika sudah begitu, akan ada banyak tumbuhan dan satwa yang mati karena air yang tercemar. Selain itu, kualitas air layak konsumsi juga akan menurun, teman-teman.</p><p>&nbsp;</p><p>5. <strong>Pembangunan yang Masif</strong></p><p>Lahan hijau di daerah perkotaan akan semakin sempit karena adanya pembangunan rumah, gedung, dan jalan beraspal.</p>

Kegiatan Manusia yang Dapat Memengaruhi Siklus Air :

 

1. Penebangan Hutan

Jika manusia menebang hutan secara liar, maka siklus air dapat terganggu.  Sebab, hutan menjadi gundul dan tidak bisa menyerap air. Ini membuat air hujan akan langsung turun ke tanah.  Tanah pun tidak mampu menahan air sehingga banjir bisa melanda wilayah tanpa pepohonan itu. Untuk mencegahnya, manusia harus melakukan reboisasi atau penghijauan kembali hutan yang gundul.

 

2. Menggunakan Air Berlebihan

Menggunakan air secara berlebihan ternyata juga bsia mengganggu siklus air. Sebab, air bersih berasal dari bawah tanah. Nah, jika diambil secara berlebihan, tentu saja penguapan air dari tanah akan berkurang. Hal inilah yang dapat mengurangi curah hujan.  Tak hanya itu saja, penggunaan air berlebihan juga dapat memicu penurunan permukaan tanah yang kemudian bisa ditelan tinggi permukaan air laut.

 

 3. Pencemaran Air

Pencemaran air baik dari sampah maupun limbah bisa mengakibatkan terganggunya siklus air. Contohnya, pencemaran minyak di laut yang bisa menyebabkan laut tertutup oleh minyak.  Minyak inilah yang bisa menghambat proses terbentuknya awan sehingga hujan semakin sedikit.

 

4. Menggunakan Pupuk Kimia dan Pestisida Berlebihan

Menggunakan pupuk kimia dan pestisida berlebihan bisa menyebabkan pencemaran air. Ini karena sisa pupuk kimia dan pestisida akan terbawa ke sungai dan menyebabkan polusi perairan. Jika sudah begitu, akan ada banyak tumbuhan dan satwa yang mati karena air yang tercemar. Selain itu, kualitas air layak konsumsi juga akan menurun, teman-teman.

 

5. Pembangunan yang Masif

Lahan hijau di daerah perkotaan akan semakin sempit karena adanya pembangunan rumah, gedung, dan jalan beraspal.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan