Aliya F

23 Agustus 2023 03:01

Iklan

Iklan

Aliya F

23 Agustus 2023 03:01

Pertanyaan

sebut dan jelaskan 4 faktor eksternal karena pengaruh kebudayaan

sebut dan jelaskan 4 faktor eksternal karena pengaruh kebudayaan


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Agustus 2023 08:14

Jawaban terverifikasi

Berikut adalah empat faktor eksternal yang mempengaruhi kebudayaan: 1. Kontak dengan Budaya Lain: Interaksi dengan budaya-budaya lain merupakan faktor eksternal yang penting dalam membentuk dan mengubah kebudayaan suatu masyarakat. Melalui kontak dengan kelompok-kelompok budaya yang berbeda, ide-ide, tradisi, dan gaya hidup baru dapat diperkenalkan ke dalam masyarakat. Apakah melalui perdagangan, migrasi, atau perjalanan, interaksi budaya ini dapat memengaruhi aspek-aspek seperti bahasa, pakaian, makanan, musik, seni, dan agama dalam kebudayaan setempat. 2. Perubahan Teknologi: Perkembangan teknologi memiliki dampak besar pada kebudayaan. Perubahan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet, media sosial, dan telepon seluler, telah mempercepat penyebaran informasi, memungkinkan komunikasi yang lebih mudah antarbudaya, dan mengubah cara orang berinteraksi dan mengkonsumsi konten budaya. Selain itu, kemajuan teknologi juga dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, dengan adanya penemuan baru yang memengaruhi pekerjaan, transportasi, dan alat-alat rumah tangga. 3. Perubahan Sosial dan Politik: Perubahan sosial dan politik memiliki dampak yang signifikan pada kebudayaan. Perubahan dalam struktur sosial, nilai-nilai, norma, dan sistem kekuasaan dapat mempengaruhi cara hidup dan berinteraksi dalam masyarakat. Misalnya, perubahan dalam peran gender, hak asasi manusia, gerakan sosial, dan kebijakan publik dapat mempengaruhi dinamika budaya serta mengubah tata nilai dan norma yang berlaku. 4. Geografi dan Lingkungan Fisik: Faktor geografis dan lingkungan fisik juga dapat mempengaruhi kebudayaan suatu masyarakat. Geografi seperti iklim, jenis tanah, dan sumber daya alam dapat mempengaruhi keseluruhan gaya hidup dan mata pencaharian masyarakat. Misalnya, di daerah dengan iklim yang keras, masyarakat cenderung mengembangkan budaya yang sesuai dengan kondisi tersebut, seperti pakaian dan makanan tradisional yang cocok untuk iklim tersebut. Selain itu, lokasi geografis juga dapat mempengaruhi interaksi dengan budaya lain melalui perdagangan, migrasi, dan pengaruh sejarah. Faktor-faktor ini saling berkaitan dan berdampak pada kebudayaan, baik secara individual maupun kolektif. Perubahan dalam satu faktor eksternal dapat merangsang perubahan dalam faktor lainnya, menciptakan dinamika budaya yang terus berubah.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 10:31

Jawaban terverifikasi

<p>Pengaruh kebudayaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal yang memainkan peran penting dalam membentuk dan mengubah kebudayaan suatu masyarakat. Berikut adalah empat faktor eksternal yang mempengaruhi kebudayaan:</p><p><strong>Globalisasi</strong>: Globalisasi merujuk pada integrasi ekonomi, politik, sosial, dan budaya antara berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia. Globalisasi telah membawa pengaruh kebudayaan yang signifikan melalui aliran informasi, teknologi, produk, dan ide dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat menghasilkan penyebaran elemen budaya seperti makanan, mode, musik, dan bahasa, yang secara bertahap mempengaruhi cara pandang dan perilaku masyarakat.</p><p><strong>Migrasi dan Mobilitas Penduduk</strong>: Migrasi manusia dari satu wilayah ke wilayah lain dapat membawa perubahan kebudayaan. Orang-orang yang berpindah membawa tradisi, nilai-nilai, dan praktik budaya mereka ke tempat baru, yang kemudian dapat berbaur dengan budaya lokal atau bahkan membentuk subkultur baru. Selain itu, migrasi juga dapat membawa budaya asing ke komunitas yang ada, menghasilkan pertukaran dan campuran budaya.</p><p><strong>Teknologi Komunikasi dan Media</strong>: Perkembangan teknologi komunikasi, seperti internet, media sosial, televisi, dan radio, telah membuka akses yang lebih mudah ke berbagai aspek kebudayaan dari seluruh dunia. Ini menghasilkan pertukaran informasi dan ide yang lebih cepat dan luas, memungkinkan masyarakat untuk terhubung dengan budaya-budaya lain tanpa harus secara fisik berada di tempat tersebut.</p><p><strong>Interaksi Antarbudaya</strong>: Interaksi langsung antara berbagai kelompok etnis, agama, atau budaya yang berbeda dapat menciptakan pengaruh saling mempengaruhi. Proses ini bisa berupa kolaborasi seni, aktivitas bisnis, interaksi sosial, atau bahkan pertukaran ide. Melalui interaksi semacam ini, masyarakat dapat memahami dan mengadopsi elemen budaya lain, menghasilkan penggabungan atau akulturasi.</p><p>Faktor-faktor eksternal ini secara bersama-sama membentuk "mosaik" kebudayaan suatu masyarakat, yang menggambarkan kompleksitas dan dinamika dalam perubahan budaya. Perubahan budaya bisa berupa adopsi baru, adaptasi, atau penggabungan dari berbagai pengaruh eksternal ini, yang mengakibatkan keragaman budaya yang lebih kaya dan beragam.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Pengaruh kebudayaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal yang memainkan peran penting dalam membentuk dan mengubah kebudayaan suatu masyarakat. Berikut adalah empat faktor eksternal yang mempengaruhi kebudayaan:

Globalisasi: Globalisasi merujuk pada integrasi ekonomi, politik, sosial, dan budaya antara berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia. Globalisasi telah membawa pengaruh kebudayaan yang signifikan melalui aliran informasi, teknologi, produk, dan ide dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat menghasilkan penyebaran elemen budaya seperti makanan, mode, musik, dan bahasa, yang secara bertahap mempengaruhi cara pandang dan perilaku masyarakat.

Migrasi dan Mobilitas Penduduk: Migrasi manusia dari satu wilayah ke wilayah lain dapat membawa perubahan kebudayaan. Orang-orang yang berpindah membawa tradisi, nilai-nilai, dan praktik budaya mereka ke tempat baru, yang kemudian dapat berbaur dengan budaya lokal atau bahkan membentuk subkultur baru. Selain itu, migrasi juga dapat membawa budaya asing ke komunitas yang ada, menghasilkan pertukaran dan campuran budaya.

Teknologi Komunikasi dan Media: Perkembangan teknologi komunikasi, seperti internet, media sosial, televisi, dan radio, telah membuka akses yang lebih mudah ke berbagai aspek kebudayaan dari seluruh dunia. Ini menghasilkan pertukaran informasi dan ide yang lebih cepat dan luas, memungkinkan masyarakat untuk terhubung dengan budaya-budaya lain tanpa harus secara fisik berada di tempat tersebut.

Interaksi Antarbudaya: Interaksi langsung antara berbagai kelompok etnis, agama, atau budaya yang berbeda dapat menciptakan pengaruh saling mempengaruhi. Proses ini bisa berupa kolaborasi seni, aktivitas bisnis, interaksi sosial, atau bahkan pertukaran ide. Melalui interaksi semacam ini, masyarakat dapat memahami dan mengadopsi elemen budaya lain, menghasilkan penggabungan atau akulturasi.

Faktor-faktor eksternal ini secara bersama-sama membentuk "mosaik" kebudayaan suatu masyarakat, yang menggambarkan kompleksitas dan dinamika dalam perubahan budaya. Perubahan budaya bisa berupa adopsi baru, adaptasi, atau penggabungan dari berbagai pengaruh eksternal ini, yang mengakibatkan keragaman budaya yang lebih kaya dan beragam.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

480

5.0

Jawaban terverifikasi