Gita N

28 Januari 2023 06:12

Iklan

Iklan

Gita N

28 Januari 2023 06:12

Pertanyaan

Sebuah muatan uji positif bergerak dekat kawat lurus panjang yang dialiri listrik i. Suatu gaya yang mempunyai arah menjauh dari kawat akan terjadi pada muatan uji tersebut apabila arah gerak muatan uji ....


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Frando

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

05 Mei 2023 18:46

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah berlawanan dengan arah arus listrik pada kawat.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Konsep yang digunakan adalah gaya magnetik pada muatan listrik yang bergerak. Pada muatan listrik yang bergerak terdapat gaya magnet yang dirumuskan oleh:</p><p>&nbsp;</p><p>F = B x q x v,</p><p>&nbsp;</p><p>dimana:</p><p>F = gaya magnet (N)</p><p>B = induksi magnet (T)</p><p>q = muatan listrik (C)</p><p>v = kecepatan muatan (m/s).</p><p>&nbsp;</p><p>Arah gaya magnet ditentukan dengan kaidah tangan kanan seperti pada gambar (1) di bawah.</p><p>Sedangkan untuk sebuah kawat yang dialiri arus listrik juga akan menimbulkan kuat medan magnet disekitarnya yang arahnya memenuhi kaidah tangan kanan seperti pada gambar (2) di bawah.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk arah gerak muatan uji dianalisis pada dua kondisi, yaitu searah dengan arah arus dan berlawanan dengan arah arus. Karena muatan uji adalah muatan positif, maka arah gaya magnet sesuai dengan kaidah tangan kanan. Maka diperoleh:</p><p>(1) Dari gambar (a) di bawah terlihat bahwa jika arah arus dan arah gerak muatan uji searah, gaya magnet akan menuju kawat. Ini artinya gaya mempunyai arah yang mendekati kawat.</p><p>(2) Dari gambar (b) di bawah terlihat bahwa jika arah arus dan arah gerak muatan uji berlawanan, gaya magnet akan menjauhi kawat. Ini artinya gaya mempunyai arah yang menjauh dari kawat.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, suatu gaya yang mempunyai arah menjauh dari kawat akan terjadi pada muatan uji tersebut apabila arah gerak muatan uji berlawanan dengan arah arus listrik pada kawat.</p>

Jawaban yang benar adalah berlawanan dengan arah arus listrik pada kawat.

 

Pembahasan:

Konsep yang digunakan adalah gaya magnetik pada muatan listrik yang bergerak. Pada muatan listrik yang bergerak terdapat gaya magnet yang dirumuskan oleh:

 

F = B x q x v,

 

dimana:

F = gaya magnet (N)

B = induksi magnet (T)

q = muatan listrik (C)

v = kecepatan muatan (m/s).

 

Arah gaya magnet ditentukan dengan kaidah tangan kanan seperti pada gambar (1) di bawah.

Sedangkan untuk sebuah kawat yang dialiri arus listrik juga akan menimbulkan kuat medan magnet disekitarnya yang arahnya memenuhi kaidah tangan kanan seperti pada gambar (2) di bawah.

 

Untuk arah gerak muatan uji dianalisis pada dua kondisi, yaitu searah dengan arah arus dan berlawanan dengan arah arus. Karena muatan uji adalah muatan positif, maka arah gaya magnet sesuai dengan kaidah tangan kanan. Maka diperoleh:

(1) Dari gambar (a) di bawah terlihat bahwa jika arah arus dan arah gerak muatan uji searah, gaya magnet akan menuju kawat. Ini artinya gaya mempunyai arah yang mendekati kawat.

(2) Dari gambar (b) di bawah terlihat bahwa jika arah arus dan arah gerak muatan uji berlawanan, gaya magnet akan menjauhi kawat. Ini artinya gaya mempunyai arah yang menjauh dari kawat.

 

Jadi, suatu gaya yang mempunyai arah menjauh dari kawat akan terjadi pada muatan uji tersebut apabila arah gerak muatan uji berlawanan dengan arah arus listrik pada kawat.

alt
alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

roda a, b dan c dihubungkan dengan tali (ra= 2 cm, rb = 4 cm, rc = 6 cm) seperti gambar. jika kecepatan sudut roda c sebesar 60 rad.s-1, maka kecepatan linier roda b adalah....m/s a. 720,0 b. 72,0 c. 10,8 d. 7,2 e. 3,6

70

3.5

Jawaban terverifikasi