Taffynura T

01 Maret 2024 09:06

Iklan

Iklan

Taffynura T

01 Maret 2024 09:06

Pertanyaan

sebuah mobil dan truk bergerak dari kota a ke kota b truk tersebut bergerak kecepatan rata-rata 120 km/jam selama 4jam mobil tersebut bergerak dengan kecepatan rata-rata 2 kali kecepatan truk berapakah lama waktu yang diperlukan mobil tersebut

sebuah mobil dan truk bergerak dari kota a ke kota b truk tersebut bergerak kecepatan rata-rata 120 km/jam selama 4jam mobil tersebut bergerak dengan kecepatan rata-rata 2 kali kecepatan truk berapakah lama waktu yang diperlukan mobil tersebut


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

01 Maret 2024 09:42

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: 2 jam 【Penjelasan】: Pertama-tama, kita perlu menentukan jarak total yang ditempuh oleh truk. Dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam selama 4 jam, truk tersebut telah menempuh jarak sejauh 480 km. Kemudian, kita tahu bahwa mobil bergerak dengan kecepatan rata-rata 2 kali kecepatan truk, yaitu 240 km/jam. Dengan jarak yang sama (480 km), waktu yang diperlukan oleh mobil untuk menempuh jarak tersebut adalah 2 jam.


Iklan

Iklan

N. A

Community

01 Maret 2024 10:40

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban tepat soal tersebut ialah <strong>2 jam</strong>.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><p>Diketahui bahwa sebuah truk bergerak dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam. Lama waktu yang dibutuhkan truk untuk sampai ke kota b adalah 4 jam. Artinya, ingat-ingat relasi antara jarak, kecepatan (rata), dan waktu yaitu Jarak = kecepatan (rata) × waktu.</p><p>Maka:</p><p>Jarak = 120 km/jam × 4 jam</p><p>Jarak = 480 km.</p><p>Sekarang karena jaraknya sudah diketahui, kita sudah bisa tuh cari tahu lamanya mobil akan sampai dengan membagi 480 km dengan 120 km/jam yang dikali 2 yaitu 240 km/jam. Maka:</p><p>Waktu = 480 km ÷ 240 km/jam = 2 jam.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, lamanya waktu yang dibutuhkan mobil tersebut untuk sampai adalah 2 jam.</p><p>&nbsp;</p><p>Sebenarnya nih, kita bisa melakukan cara yang lebih cepat. Secara intuisi, jika sesuatu bergerak 2 kali lebih cepat, maka dia akan menempuh jarak 2 kali lebih jauh dalam waktu yang sama. Ini artinya, jika dia menempuh jarak yang sama, maka dia akan sampai 2 kali lebih cepat. Maka kita tinggal bagi 4 jam dengan 2 menghasilkan 2 jam. Untuk pembuktian, kita bisa melakukan beberapa pemisalan.</p><p>Misalkan K<sub>¹</sub> adalah kecepatan rata-rata truk, dan K<sub>²</sub> adalah kecepatan rata-rata mobil. Jika J adalah jaraknya, maka:</p><p>J = K<sub>¹</sub>W<sub>¹</sub></p><p>Jika kita kalikan K<sub>¹</sub> dengan 2, maka kita harus bagi yang lain dengan 2 agar tidak mengubah nilai. Dalam kasus ini, kita bisa bagi W dengan 2. Menghasilkan:</p><p>J = (2K<sub>¹</sub>)(W<sub>¹</sub>/2)</p><p>Kita tinggal substitusi 2K<sub>¹</sub> dengan K<sub>²</sub>.</p><p>J = K<sub>²</sub>(W<sub>¹</sub>/2)</p><p>Jika kita ingin mengubahnya ke bentuk J = KW, artinya jika K-nya adalah K<sub>²</sub>, maka W-nya harus W<sub>¹</sub>/2. Sehingga diperolehlah nilai waktu W<sub>²</sub> adalah 4 jam ÷ 2 = 2 jam. Dengan cara praktis ini, kita tidak perlu menghitung jarak antara kota a ke kota b. Bahkan kita tidak perlu mengetahui nilai kecepatannya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Bagaimanapun caranya asal benar, waktu yang diperlukan mobil tersebut untuk mencapai kota b adalah <u>2 jam</u>.</strong></p>

Jawaban tepat soal tersebut ialah 2 jam

 

Penjelasan:

Diketahui bahwa sebuah truk bergerak dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam. Lama waktu yang dibutuhkan truk untuk sampai ke kota b adalah 4 jam. Artinya, ingat-ingat relasi antara jarak, kecepatan (rata), dan waktu yaitu Jarak = kecepatan (rata) × waktu.

Maka:

Jarak = 120 km/jam × 4 jam

Jarak = 480 km.

Sekarang karena jaraknya sudah diketahui, kita sudah bisa tuh cari tahu lamanya mobil akan sampai dengan membagi 480 km dengan 120 km/jam yang dikali 2 yaitu 240 km/jam. Maka:

Waktu = 480 km ÷ 240 km/jam = 2 jam.

 

Jadi, lamanya waktu yang dibutuhkan mobil tersebut untuk sampai adalah 2 jam.

 

Sebenarnya nih, kita bisa melakukan cara yang lebih cepat. Secara intuisi, jika sesuatu bergerak 2 kali lebih cepat, maka dia akan menempuh jarak 2 kali lebih jauh dalam waktu yang sama. Ini artinya, jika dia menempuh jarak yang sama, maka dia akan sampai 2 kali lebih cepat. Maka kita tinggal bagi 4 jam dengan 2 menghasilkan 2 jam. Untuk pembuktian, kita bisa melakukan beberapa pemisalan.

Misalkan K¹ adalah kecepatan rata-rata truk, dan K² adalah kecepatan rata-rata mobil. Jika J adalah jaraknya, maka:

J = K¹W¹

Jika kita kalikan K¹ dengan 2, maka kita harus bagi yang lain dengan 2 agar tidak mengubah nilai. Dalam kasus ini, kita bisa bagi W dengan 2. Menghasilkan:

J = (2K¹)(W¹/2)

Kita tinggal substitusi 2K¹ dengan K².

J = K²(W¹/2)

Jika kita ingin mengubahnya ke bentuk J = KW, artinya jika K-nya adalah K², maka W-nya harus W¹/2. Sehingga diperolehlah nilai waktu W² adalah 4 jam ÷ 2 = 2 jam. Dengan cara praktis ini, kita tidak perlu menghitung jarak antara kota a ke kota b. Bahkan kita tidak perlu mengetahui nilai kecepatannya.

 

Bagaimanapun caranya asal benar, waktu yang diperlukan mobil tersebut untuk mencapai kota b adalah 2 jam.


Azmar N

03 Maret 2024 12:25

eeeeeeeeee

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jarak kota A ke kota B adalah 480 km. Seorang pengendara bus menempuh jarak tersebut dengan kecepatan 60 km/jam. Jika bus tersebut berangkat dari kota A pukul 09.30, maka bus akan tiba di kota B pada pukul …. 17.30 17.00 16.30 16.00

38

4.0

Jawaban terverifikasi