Fadia R

25 Januari 2023 11:18

Iklan

Iklan

Fadia R

25 Januari 2023 11:18

Pertanyaan

Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika titik fokus cermin adalah 8 cm. Gambarlah dan tuliskan sifat bayangan yang terbentuk!


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Frando

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

23 Juni 2023 20:32

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah maya, tegak, dan diperbesar seperti ditunjukkan pada foto terlampir.</p><p>&nbsp;</p><p>Diketahui:</p><p>f = 8 cm</p><p>s = 4 cm</p><p>Cermin cekung</p><p>&nbsp;</p><p>Ditanya:</p><p>Gambar pembentukan bayangan dan sifat bayangan ?</p><p>&nbsp;</p><p>Jawab:</p><p>Konsep yang kita gunakan adalah pemantulan cahaya pada cermin. Salah satu cermin lengkung adalah cermin cekung yaitu cermin positif yang bersifat mengumpulkan cahaya. Adapun sifat bayangan yang dihasilkan pada cermin cekung bergantung pada posisi bendanya. Berikut sifat-sifat bayangan berdasarkan letaknya.</p><p>(a). Jika benda berada pada ruang I (antara pusat cermin dan jarak fokus), maka sifatnya maya, tegak, dan diperbesar.</p><p>(b). Jika benda berada pada ruang II (antara jarak fokus dan jari-jari kelengkungan cermin), maka sifatnya nyata, terbalik, dan diperbesar.</p><p>(c). Jika benda berada pada ruang III (lebih besar dari jari-jari kelengkungan), maka sifatnya nyata, terbalik, dan diperkecil.</p><p>(d). Jika benda berada pada ruang IV (di belakang cermin), maka sifatnya nyata, terbalik, dan diperkecil.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan sifat di atas dan informasi pada soal, benda terletak pada ruang I karena s &lt; f yaitu 4 cm &lt; 8 cm, sehingga disimpulkan:</p><p>1. Bayangan benda akan berada di ruang IV (di belakang cermin).</p><p>2. Sifat bayangannya adalah maya, tegak, dan diperbesar.</p><p>&nbsp;</p><p>Adapun gambar pembentukan bayangan disajikan pada foto terlampir di bawah.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, sifat bayangan yang terbentuk adalah maya, tegak, dan diperbesar seperti ditunjukkan pada foto terlampir.</p>

Jawaban yang benar adalah maya, tegak, dan diperbesar seperti ditunjukkan pada foto terlampir.

 

Diketahui:

f = 8 cm

s = 4 cm

Cermin cekung

 

Ditanya:

Gambar pembentukan bayangan dan sifat bayangan ?

 

Jawab:

Konsep yang kita gunakan adalah pemantulan cahaya pada cermin. Salah satu cermin lengkung adalah cermin cekung yaitu cermin positif yang bersifat mengumpulkan cahaya. Adapun sifat bayangan yang dihasilkan pada cermin cekung bergantung pada posisi bendanya. Berikut sifat-sifat bayangan berdasarkan letaknya.

(a). Jika benda berada pada ruang I (antara pusat cermin dan jarak fokus), maka sifatnya maya, tegak, dan diperbesar.

(b). Jika benda berada pada ruang II (antara jarak fokus dan jari-jari kelengkungan cermin), maka sifatnya nyata, terbalik, dan diperbesar.

(c). Jika benda berada pada ruang III (lebih besar dari jari-jari kelengkungan), maka sifatnya nyata, terbalik, dan diperkecil.

(d). Jika benda berada pada ruang IV (di belakang cermin), maka sifatnya nyata, terbalik, dan diperkecil.

 

Berdasarkan sifat di atas dan informasi pada soal, benda terletak pada ruang I karena s < f yaitu 4 cm < 8 cm, sehingga disimpulkan:

1. Bayangan benda akan berada di ruang IV (di belakang cermin).

2. Sifat bayangannya adalah maya, tegak, dan diperbesar.

 

Adapun gambar pembentukan bayangan disajikan pada foto terlampir di bawah.

 

Jadi, sifat bayangan yang terbentuk adalah maya, tegak, dan diperbesar seperti ditunjukkan pada foto terlampir.

alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berapa kalor yang dilepaskan 40 g besi jika suhunya turun dari 90°C menjadi 60°C? (kalor jenis besi 450 J/kg °C)

15

5.0

Jawaban terverifikasi