Mila P

31 Maret 2022 03:28

Iklan

Iklan

Mila P

31 Maret 2022 03:28

Pertanyaan

Sebuah balok yang massanya 2 kg terletak di atas permukaan datar. Koefisien gesekan antara balok dan permukaan = 0,3 serta g = 10 m/s^2. Berapa besar gaya gesekan maksimum yang terjadi ?


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Amalia

31 Maret 2022 06:17

Jawaban terverifikasi

Hai, Mila. Jawaban untuk pertanyaan ini adalah Fs = 6 N. Diketahui: m = 2 kg 𝜇 = 0,3 g = 10 m/s^2 Ditanya: Fges maks..? Pembahasan: Gaya gesek adalah gaya yang timbul akibat persentuhan antara 2 permukaan. Gaya gesek selalu berkerja berlawanan dengan arah gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Jika benda masih diam, maka yang berkerja adalah gaya gesek statis, jika benda sudah bergerak yang berkerja adalah gaya gesek kinetis. Besarnya gaya gesek statis dituliskan sebagai: Fs ≤ 𝜇N .. (1) dengan, Fs : gaya gesek statis (N) 𝜇 : koefisien gesek statis N : gaya normal benda (N) Persamaan (1) menunjukkan bahwa gaya gesek statis maksimum bernilai 𝜇N, dan ini terjadi pada saat benda akan mulai bergerak. Selain nilai tersebut, nilai gaya gesek statis bernilai lebih kecil dari 𝜇N dan besarnya dipengaruhi oleh gaya yang diberikan ke benda. Untuk soal ini gaya gesek maksimum benda: Fs = 𝜇N Fs = 0,3(mg) Fs = 0,3(2 kg)(10 m/s^2) Fs = 6 N Jadi, gaya gesek maksimum yang terjadi adalah 6 N.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 15°C kecepatan merambat bunyi di udara 328 m/det. Jika setiap kenaikan 1°C kecepatan merambat bunyi bertambah 0,6 m/det. Tentukan kecepatan merambat bunyi pada suhu 8°C!

180

1.0

Jawaban terverifikasi