Siti J

02 November 2020 06:28

Iklan

Iklan

Siti J

02 November 2020 06:28

Pertanyaan

Sebelum melakukan penyuntingan teks editorial, buku-buku yang perlu disiapkan sebagai pedoman penyuntingan antara lain ….


14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

10 Februari 2022 06:55

Jawaban terverifikasi

Halo Siti J. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Sebelum melakukan penyuntingan teks editorial, buku-buku yang perlu disiapkan sebagai pedoman penyuntingan antara lain Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, Pedoman Pembentukan lstilah, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Teks editorial adalah jenis teks yang berisi fakta pendapat berdasarkan fakta yang didukung dengan data. Teks editorial ditulis oleh pimpinan majalah guna memperlihatkan posisi mengenai isu yang sedang berkembang. Tahapan dalam menulis teks editorial adalah sebagai berikut. 1. Mengamati berbagai isu, fenomena, atau peristiwa yang sedang viral, menjadi topik pemberitaan, atau menjadi pusat perhatian masyarakat. 2. Menetapkan isu yang akan diangkat sebagai topik teks editorial. 3. Mengumpulkan dan menyeleksi bahan-bahan informasi yang diperlukan sesuai topik. 4. Melakukan diskusi dengan tim redaksi untuk menyamakan persepsi dalam menyikapi suatu masalah. 5. Membuat kerangka atau draf karangan. 6. Mengembangkan pokok-pokok gagasan yang telah ditetapkan dalam kerangka karangan. 7. Mengedit dan memublikasikan. Sebelum melakukan pengeditan atau penyuntingan terhadap teks editorial, terlebih dahulu kita bisa menyiapkan beberapa buku pendamping agar naskah editorial yang diedit menjadi lebih berkualitas. Buku-buku tersebut di antaranya adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, Pedoman Pembentukan lstilah, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Dengan demikian, sebelum melakukan penyuntingan teks editorial, buku-buku yang perlu disiapkan sebagai pedoman penyuntingan antara lain Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, Pedoman Pembentukan lstilah, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Shabrina I

13 November 2020 04:13

-Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia -Pedoman Pembentukan Istilah -Kamus Besar Bahasa Indonesia -Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia -Kamus Istilah dan Kamus Bahasa Asing (jika diperlukan)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa perbedaan kalimat utama dengan gagasan utama ?

20

3.7

Jawaban terverifikasi