Ann A

12 Februari 2024 12:34

Iklan

Iklan

Ann A

12 Februari 2024 12:34

Pertanyaan

Sebelum melakukan kudeta pada tanggal 18 September 1948, PKI sudah melakukan pemanasan dengan membuat situasi politik di Surakarta kacau/chaos. Kekacauan politik di Surakarta sebelum meletusnya pemberontakan PKI Madiun ditandai dengan peristiwa ... a. Mogok buruh. b. Penyerobotan tanah pemerintah oleh Barisan Tani Indonesia (BTI). c. Penculikan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII) d. Bentrok antara aktivis Gerakan Revolusi Rakyat (GRR) melawan Fron Demokrasi Rakyat (FDR), sehingga dr. Muwardi (aktivis GRR) gugur. e. Hijrahnya tentara Devisi Siliwangi ke Surakarta.

Sebelum melakukan kudeta pada tanggal 18 September 1948, PKI sudah melakukan pemanasan dengan membuat situasi politik di Surakarta kacau/chaos. Kekacauan politik di Surakarta sebelum meletusnya pemberontakan PKI Madiun ditandai dengan peristiwa ...
a. Mogok buruh.
b. Penyerobotan tanah pemerintah oleh Barisan Tani Indonesia (BTI).
c. Penculikan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII)
d. Bentrok antara aktivis Gerakan Revolusi Rakyat (GRR) melawan Fron Demokrasi Rakyat (FDR), sehingga dr. Muwardi (aktivis GRR) gugur.
e. Hijrahnya tentara Devisi Siliwangi ke Surakarta.

 


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 22:59

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Sebelum meletusnya pemberontakan PKI Madiun pada tanggal 18 September 1948, PKI diketahui melakukan pemanasan dengan menciptakan kekacauan politik di beberapa daerah, termasuk Surakarta. Salah satu tindakan yang mencirikan kekacauan politik di Surakarta adalah penyerobotan tanah pemerintah oleh Barisan Tani Indonesia (BTI). Tindakan ini mencerminkan upaya kelompok tertentu untuk menggalang dukungan atau memperoleh keuntungan di tengah ketidakstabilan politik yang sedang berkembang pada waktu itu.</p>

jawabannya adalah B.

 

Sebelum meletusnya pemberontakan PKI Madiun pada tanggal 18 September 1948, PKI diketahui melakukan pemanasan dengan menciptakan kekacauan politik di beberapa daerah, termasuk Surakarta. Salah satu tindakan yang mencirikan kekacauan politik di Surakarta adalah penyerobotan tanah pemerintah oleh Barisan Tani Indonesia (BTI). Tindakan ini mencerminkan upaya kelompok tertentu untuk menggalang dukungan atau memperoleh keuntungan di tengah ketidakstabilan politik yang sedang berkembang pada waktu itu.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

10 Maret 2024 02:03

Jawaban terverifikasi

<p>Sebelum meletusnya pemberontakan PKI Madiun pada tanggal 18 September 1948, terjadi serangkaian peristiwa yang menciptakan kekacauan politik di Surakarta. Salah satu peristiwa tersebut adalah penyerobotan tanah pemerintah oleh Barisan Tani Indonesia (BTI).</p><p><strong>Penyerobotan tanah pemerintah oleh BTI</strong> menjadi salah satu langkah aksi dari kelompok ini dalam rangka mengekspresikan aspirasi dan tuntutan agraria, khususnya terkait dengan kepemilikan dan penggunaan tanah. Pada umumnya, BTI terlibat dalam aksi-aksi redistribusi tanah yang dianggap sebagai langkah untuk memberdayakan petani dan buruh tani serta mengurangi disparitas sosial.</p><p>Tindakan penyerobotan tanah pemerintah oleh BTI di Surakarta merupakan bagian dari agenda sosial-politik yang dilakukan oleh kelompok tersebut. Langkah ini mungkin dimaksudkan untuk menciptakan ketegangan sosial dan politik di daerah tersebut, sebagai upaya persiapan atau "pemanasan" sebelum pemberontakan PKI di Madiun.</p><p>Penting untuk dicatat bahwa serangkaian peristiwa ini, termasuk penyerobotan tanah oleh BTI, menciptakan ketidakstabilan politik dan sosial yang kemudian berkontribusi pada konteks yang memungkinkan terjadinya pemberontakan PKI di Madiun. Dalam konteks ini, pemberontakan PKI Madiun menjadi salah satu episode bersejarah yang mencerminkan dinamika dan ketegangan politik di Indonesia pada periode pasca-kemerdekaan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Sebelum meletusnya pemberontakan PKI Madiun pada tanggal 18 September 1948, terjadi serangkaian peristiwa yang menciptakan kekacauan politik di Surakarta. Salah satu peristiwa tersebut adalah penyerobotan tanah pemerintah oleh Barisan Tani Indonesia (BTI).

Penyerobotan tanah pemerintah oleh BTI menjadi salah satu langkah aksi dari kelompok ini dalam rangka mengekspresikan aspirasi dan tuntutan agraria, khususnya terkait dengan kepemilikan dan penggunaan tanah. Pada umumnya, BTI terlibat dalam aksi-aksi redistribusi tanah yang dianggap sebagai langkah untuk memberdayakan petani dan buruh tani serta mengurangi disparitas sosial.

Tindakan penyerobotan tanah pemerintah oleh BTI di Surakarta merupakan bagian dari agenda sosial-politik yang dilakukan oleh kelompok tersebut. Langkah ini mungkin dimaksudkan untuk menciptakan ketegangan sosial dan politik di daerah tersebut, sebagai upaya persiapan atau "pemanasan" sebelum pemberontakan PKI di Madiun.

Penting untuk dicatat bahwa serangkaian peristiwa ini, termasuk penyerobotan tanah oleh BTI, menciptakan ketidakstabilan politik dan sosial yang kemudian berkontribusi pada konteks yang memungkinkan terjadinya pemberontakan PKI di Madiun. Dalam konteks ini, pemberontakan PKI Madiun menjadi salah satu episode bersejarah yang mencerminkan dinamika dan ketegangan politik di Indonesia pada periode pasca-kemerdekaan.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) fdr berusaha menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah dengan cara melakukan pemogokan umum. 2) fdr menarik pasukan pro-fdr dari medan tempur untuk memperkuat pemerintah. 3) fdr menjadikan mariun sebagai besi pemerintahan dan surakarta sebagai daerah kacau. 4) didalam parlemen, fdr mengusahakan terbentuknya front nasional yang mempersatuan berbagai kekuatan sosial politik untuk menggulingkan kabinet hatta. strategi yang diterapkan oleh fdr ditunjukkan pada nomor .... a. 1,2 b. 1,3 c. 2,3 d. 2,4 e. 3,4

2

0.0

Jawaban terverifikasi